Baby’s Shopping: Clodi

Ada yang baru di berihitam saya…

Selama kira-kira sebulan terakhir, perlahan tapi pasti, recent updates saya dipenuhi foto-foto berbagai baby gear dan baby products silih berganti. Ya ya ya…saya mulai terobsesi oleh pesona produk-produk bayi, dan memiliki contact BB para OL shop adalah salah satu efek sampingnya. *sigh*.

Gimana gak bisa dibilang terobsesi kalo benda-benda itu sampai menghantui mimpi-mimpi malam hari saya. Pernah saya mimpi clodi, lalu malam berikutnya mimpi stroller, malam berikutnya mimpi car seat, dan berikutnya mimpi tentang baby carrier.

Lebay? ya iya juga sih…. *ngaku* *menunduk malu*.

Gara-garanya…untuk benda-benda tertentu esensial, saya kurang sreg kalo harus beli yang berharga miring tapi kualitas nanggung. Takutnya, saya kurang puas nantinya terus malah harus beli lagi, yang akhirnya malah lebih boros uang. Saya prefer beli yang kualitasnya bagus sekalian, tapi pakenya hepi, dan daya tahannya lama, kalo bisa sampe bisa dipakai adeknya nanti. *pikir panjang*

Dan karena benda-benda tersebut harganya nggak murah, saya ngotot banget baca review sana sini sampai mabok, dan alhasil ya itu tadi…bikin sampe kebawa-bawa mimpi. Korban lainnya? Tentu saja suami saya yang setiap waktu harus mendengar ocehan soal ini itu *yang aselinya dia gak peduli-peduli amat*.

Saking muaknya, dia sampe suruh saya langsung beli aja, biar nggak dipikirin terus (dan nggak ngerecokin dia terus dengan ocehan saya).

Mau tahu benda apa sajakah itu? Tentu harus mau dong ya….Saya bakal bahas benda-benda yang menghantui saya itu satu persatu. Untuk mengawalinya, mari kita mulai dengan:

Clodi

Terjemahan langsung clodi (cloth diaper) kan sebenarnya popok kain ya… popok dengan model selembar kain bertali yang kita pakai waktu bayi juga bisa dibilang clodi. Tapi…istilah clodi sekarang ini lebih nge-refer ke jenis popok kain modern, yang bentuknya seperti popok sekali pakai.

Jadi…clodi itu terbuat dari jenis kain khusus, yang singkat cerita punya bagian dalam berdaya serap tinggi dan bagian luarnya nggak mudah tembus air. Jadi kulit bayi tetap kering, dan ompolnya juga nggak mudah nembus ke mana-mana seperti kalo pakai popok kain tradisional.

Nah, setelah dulu ngeliat pengalaman cici dan cici ipar saya dengan anak-anaknya, saya memutuskan nggak akan menggunakan popok kain tradisional. Kenapaaaa? Karena bayi itu pipisnya seriiiing banget jadi bakalan seriiiing banget harus ganti. Selain itu, kondisi yang lembap itu kadang malah bikin bayi-bayi jadi ruam (kebalikan banget ya sama anggapan kalau pakai popok sekali pakai bisa bikin ruam). Dan… karena sering pipis, si bayi juga jadi mudah merasa nggak nyaman. Apalagi kalo malam, jadi kebangun-bangun terus deh.

Dulu…keponakan-keponakan saya pakai popok sekali pakai dari bayi banget, jadi saya pikir nanti anak saya juga pakai popok sekali pakai aja deh *sambil kekepin dompet dengan mata nanar*.

Suatu hari (waktu itu saya belum hamil), saya baca postingan entah siapa *lupa* tentang clodi, yang sukses bikin saya penasaran sampe cari tahu lebih jauh tentang benda ini. Akhirnyaaaa saya menemukan solusi yang tetap cukup praktis, tapi lebih sehat buat anak saya, lebih ramah di kantong, dan lebih ramah lingkungan. Point ramah lingkungan memang selalu menjadi daya tarik istimewa buat saya.

Waktu itu saya langsung memutuskan kalo punya anak, mao pake clodi aja.

Lalu keputusan itu ya cuma sampai di situ aja. Di awal-awal kehamilan saya belum terlalu banyak cari tahu soal clodi, karena saya pikir ya belanja-belanja nanti aja laaaaah.

Etapi ternyata perkenalan saya dengan clodi harus terakselerasi karena suatu hari mendadak saya dikirimin voucher Rp 50.000,- sama www.bilna.com. Waktu itu saya kalo gak salah lagi hamil 5 bulan, dan tentunya berasa sayang banget kalo vouchernya tersia-sia.

Jadi saya langsung heboh cari-cari info soal jenis dan merk clodi yang direkomen para ibu-ibu, sambil membandingkan yang mana yang dijual di Bilna. Akhirnya, hari itu saya pun membeli clodi pertama untuk Baby-R: Rump’a’rooz warna pumpkin…yang mana setelah dateng barangnya, rada nyesel kenapa pilih warna se-gonjreng itu. Hwahahaha.

Lalu…perburuan clodi-pun berlanjut ketika Tante Yobel dengan murah hati, memberikan voucher Bilna (lagi) buat Baby-R. Kata ibu-ibu yang udah pengalaman, masalah clodi itu cocok-cocokan sama bayinya, jadi disarankan beli berbagai merk supaya bisa dicari mana yang paling cocok. OK, kali ini saya beli Enphilia dan NvMe.

Dan terakhir, waktu 1 teman dan 1 sepupu saya melahirkan, saya mau beliin mereka clodi di sebuah OL shop, dan sekalian dong saya beli clodi lagi buat Baby-R. Biar ongkirnya sekalian ceritanya *alasan*. Dan saya beli Cluebebe coveria petite dan Pempem.

clodi

Suka banget pilihan motifnya Pempem

Jadiiii Baby-R sekarang udah punya 5 clodi deh!! Udah cukup? masih kurang sih kayanya. Konon butuh sekitar 12 pieces kalau mau full pakai clodi, dengan komposisi sekitar 4-5 clodi lokal buat siang hari dan 1 clodi impor buat malam hari (karena katanya daya serap clodi impor jauh lebih besar).

Nah ke-lima clodi di atas adalah produk dari brand-brand yang banyak direkomendasikan karena kualitas dan daya serapnya dirasa cukup baik. Yaaa masing-masing punya plus minus sih, tergantung preferensi masing-masing ibu dan bayinya. Sekali lagi, cocok-cocokan aja. Dan dari semuanya, yang impor cuma Rump’a’rooz.

Jadi saya masih mau beli clodi lagi? Mmm mungkin beli 2-3 pcs clodi lokal lagi. Lalu sisanya, ngarep bakal ada yang sodara or temen yang bakal tanya: “Mau dibeliin apa?” dan saya nanti tanpa malu-malu bakal jawab: “Blueberry Minky!” #kode

LOL.

Terakhir…saya punya pertanyaan buat ibu-ibu di luar sana:

Gunanya celana pop buat apa sih? Kalau saya pengen anak saya pakai clodi, apakah saya masih butuh stock celana pop?

Terima kasih, sebelumnya!!!

31 thoughts on “Baby’s Shopping: Clodi

  1. Dina, thanks clodi nya…gw jadi punya 2 niy… :p
    Kebetulan pas dina ngasih clodi gw jg lagi mesen clodi buat gabby.. Yg gw pesen merek iconickids, baru mau nyoba 1 dl, klo berfungsi, gw bakalan nambah lagi….
    Klo uda pake clodi ga perlu celana pop, karena clodi dipakein ke bayi jadinya tebel bener! Klo pake popok kayak pampers atau mamy poko baru pake celana pop… Sejauh ini gw masih pakein gabby mamy poko, secara clodi baru 2…
    And popok kain yg uda gw beli 2 lusin…. Masi baru..sama sekali ga kepake!! Nyesel!!! Buang duit deh…

    • hehe iya bener kan ya celana pop kayanya ga guna kalo gw mao pake clodi. Tapi mungkin gw tetep sedia dikit sih. Misal conditional lagi perlu pake pospak, jadi bisa dipake tuh celana pop.
      Hehe iya, tha…zaman sekarang pake popok kain kayanya ga praktis bener ya. Gw sih punya lumayan banyak tuh lungsuran, gak nambah lagi deh kayanya.
      Tapi tuh popok kain lo bisa dipake buat insert clodi juga, tha

  2. Jadi baby nya udah ada namanya yah Din? Baby R? 😀 *Dari sekian panjang pembahasan Clodi gw cuman merhatiin kata Baby R nya :P* Maklum belum juga kewong, apalagi soal baby.. blank total..hahaha

    • Haha iya kita sebenernya udah punya 2 alternatif nama (cewe & cowo) kok bahkan sebelum hamil. Cuma ya baru di publish aja sih nih initialnya. Habis… kurang sreg dengan panggilan Mini Bendi. haha

  3. PD tinggi krn dapet voucher bilna 3x.. Tp baru ngeh itu voucher waktu dpt voucher k2..tp stelah kePDan itu voucher Bilna tak pernah lagi kunjung datang ke email auntie Yobel.. Huhuhu.. Nanti ya baby R, auntie kirimin lagii

    • Iya nih… mau lagi dong vouchernya, tante….
      Tapi tapi si Bilna kayanya emang follow up nya bagus deh. Jadi kalo yang udah pernah pake vouchernya, gak akan dikirimin lagi *hux*

  4. Hmm… Gue mau komen agak banyakan sih soal clodi ini.

    Pertama soal merek:
    1. Blueberry Minky is the best! You can’t go wrong with Bluebelly Minky + Bamboo insert. Emang top of the line banget deh!
    2. Rumparooz itu potongannya kecil, jadi agak cepet kekecilan kalo menurut gue.

    Terus gue mau share tentang pengalaman gue pake clodi ya:
    Gue tadinya berpikiran untuk full clodi-in Madeline. Pas minggu-minggu awal gue sih pake popok tali, karena Madeline mungil! Pas dipakein clodi, kok malah keliatannya kasian. Abis kegeden gitu. Jadinya pake popok tali. Seminggu pertama, siang malem pake popok tali masih bertahan. Tapi lama-lama gue nyerah juga kalo pas malem. Tiap kali harus bangun ngecek Madeline ngompol apa nggak? No way jose! Akhirnya diputuskan malem pake pospak aja, biar Madeline lebih pules juga bobonya. Siang pake popok tali. Setelah mulai lasak (kira-kira sampe sebulan), popok tali diganti sama celana pop.

    Terus kapan pake clodinya dong? Pake clodinya pas sekitar 5 bulanan deh kalo gak salah. Pas dia udah mulai mobile. Jadinya biar ngompolnya nggak kemana-mana. Pas umur segitu pake clodi baru keliatan pas dan gak aneh (sekali lagi karena Madeline mungil).

    Mulai deh kalo siang pake clodi, kalo malem sih tetep pake pospak, karena menurut gue lebih praktis.

    Terus Madeline mulai didiagnosa ISK kan. Dan setelah berkonsultasi ke 2 dsa. Mereka sebenernya nggak menyarankan clodi (nggak menyarankan pospak juga sih), karena clodi/dispo itu menampung kuman. Kita nggak akan pernah tau kapan kuman yang ada di clodi/dispo itu bakalan masuk kembali ke kelamin bayi.

    Yah… walopun akhirnya diagnosa ISK itu tidak terbukti, tapi karena Madeline punya faktor resiko ISK, akhirnya gue stop clodi-nya dan balik lagi ke celana pop. Memang resikonya adalah dia jadi ngompol dimana-mana, dan pernah juga sekali dia kepeleset sama pipisnya sendiri, but we think it’s the best for her. Dan semakin ke sini, frekwensi pipisnya nggak sesering pas bayi dulu. Gue sih berharap dia jadi bisa lebih cepet toilet training.

    Gue masih tetep pakein Madeline dispo kalo lagi pergi dan malem. Dan pengeluaran untuk dispo nggak gede-gede banget kok kalo sistemnya kayak gini. Ditambah lagi gue selalu beli diapersnya kalo lagi diskon.

    Dan kalo lo tanya celana pop perlu apa nggak? Kalo gue sih perlu banget hehehe… Gue bahkan harus nambah beli celana pop lagi, karena stok selusinan yang gue beli kurang banget.

    Looking back, gue sekarang lebih prefer dispo daripada clodi. Karena clodi itu high maintenance! Nyucinya harus dibilas 2 kali, kalo nggak tetep pesing. Dan itu pun setelah 2 bulan juga tetep pesing, dan harus di-stripping. End up-nya ya nggak terlalu green-green amat juga sih. Sekarang gue malah mau berpikiran mau menjual clodi-clodi Madeline, karena udah nggak dipake sama sekali.

    Yah itu sih pengalaman gue, just wanna share. Saran gue sih jangan nyetok clodi banyak-banyak dulu. Diliat aja dulu gimana ntar setelah baby-R lahir.

    • OOOOOH gitu ya!!!
      Gw baru denger nih kisah lo yang ini. Secara kalo baca cerita ibu-ibu lain yang pake clodi, belum ada yang negatif sih.

      Kalo tentang pospak, gw emang gak se-ambisius itu sih. Gw tetep nge-plan yang idealnya buat full clodi, tapi kalo ternyata si Baby-R pee dan poo nya heboh banget, malem gw bakal milih pospak.

      Intinya sih gw fleksibel banget lah urusan ini. Hehe.

      Soalnya ada juga kaya baby temen gw, dari new born tuh pee & poo nya pas malem dikit sekali. Palingan cuma sekali bangun aja, jadi dia sangat hepi pake clodi.

      Ya tapi kalo kasus yang nyambung ke ISK itu, gw baru denger loh. Jadi dokter tetep prefer popok kain ya?

      Iya celana pop gw pasti tetep beli sih, tapi mungkin dikit-dikit dulu ya. Kalo kurang, nanti tinggal minta tolong Mas Ben ngesot ke Suzanna. Hehe

      • Kayaknya gue harus nulis pengalaman gue ini di blog deh. Ya emang tiap bayi itu beda-beda, jadi nggak bisa disama-ratakan sih. Makanya gue sarankan diliat dulu ntar gimana Baby-R.

        And yes, being flexible is the key to staying sane in parenting (in fact, it’s my number one lesson as a mother: Be flexible).

        Yep, DSA menyarankan go natural. Kalo pipis/poop ya biarkan dia keluar, dan langsung dibersihin. Jangan pake ditampung-tampung segala, gitu katanya.

      • “Tapi, dok….kalo dibiarkan natural, nanti anaknya sehat tapi ibunya stress gimana?”

        LOL

        Iya kalo gitu gw stop beli clodi dulu deh. Coba yang 5 ini dulu aja sambil di combine dengan popok kain tradisional *hix* dan pospak.

        Thanks ya masukannya!!!!

  5. Din… Gue sampai sekarang nggak pakai clodi sama sekali. Alasannya: clodi itu cucinya lebih repot daripada popok kain. Selain itu pospak maupun clodi itu kan lebih “nampung” in terms of kita bs jadi kelamaan naro anak kita di dalam clodi, bisa jd kuman + sense of anak kita soal basah/ kering jd kurang. Lagian kalo pup, malah the whole clodi kudu dibersihin kan? Bukan cuma insert. So sama2 aja. Malah lebih cape haha.

    Jadi gue awal2 banget pakai popok kain nonstop (karena dia bakalan suka laper kalo malem, jd lu bakalann sering cek anyway), kemudian ganti jd popok kain pas siang dan pospak pas malam + berpergian, kemudian pas anaknya besaran lagi, pakai celana untuk siang, dan pospak untuk malam + berpergian. Tapi semuanya balik lagi ke pilihan elu sendiri. Menurut gue yg kudu dibanyakin malah kain2/ bisa jg ex bedongan, untuk nanti jd tatakan.

    • Iya juga ya… Ya soalnya karena di keluarga gw udah jarang yang pakai popok kain, jadi gak terpikir ke sana. Mmm… we’ll see lah gimana ntar.

      Kalo kain-kain mah udah banyak nih…lungsuran. Paling mungkin ntar gw tambahin dikit lagi aja.

  6. Pingback: the other side of cloth diapers | domesticated life

  7. Dinaaaa… sebenernya g duly jg mikir mau pakein clodi logh,makanya di baby register g banyak clodi, tp tenyata banyak yg kasihtau klo clodi trnyata ga selalu lebih hemat.
    Sepupu g bilang klo mo pake clodi, better klo dah 6 bulan, klo baru lahir bisa gempor nyucinya krn masih sangat sering pipis.

    G jg pernah baca seseorang bilang ternyata klodiitung clodi ga lebih hemat dr pospak, krn biaya nyucinya juga gede. Gagampang cuci clodi, hrs bener2 bersih dan kena direct sunlight. Klo ga kena panas matahari, bakal pesing. Dan klo udah beberapa lama, harus distripping. Bacanya aja g ngos-ngosan.

    Jadi selama ini g pakein Ken popok kain biasa. Mix sama pospak.
    Dulu karena kemalasan g, g pakein pospak all day and night,hasilnya merrraaaahhhhh merahh.. huhuhu kasian.

    Akhirnya mau ga mau back to popok kain buat siang. Abis mandi sore baru pake pospak.
    Itu juga ganti tiap 3 jam. Kering ato basah tetep ganti.

    Skrg udah mau 3 bulan jg masih pake popok kain, kadang pake celana pop. Abis sayang klo ga dipakein, popok kainnya banyak. Hahahahaha.
    Cuma klo pake popok dan pup, selamat deh anda dpt jackpot beleberan..
    Klo pake clana pop masih bisa ketampung pup nya.

    • Haha iyaaaa… dibilangin Lo, Angel, sama Lele, gw jadi ga beli clodi tambahan dulu deh. Kalo popok kain gw banyak lungsuran sih, nanti mau sedia celana pop aja deh karena katanya lebih praktis ya.
      Tapi sebenernya baby2 temen dan sodara gw, pada pake clodi sih dari umur 3 bulan-an dan mereka cocok-cocok aja, jadi emang tergantung bayinya ya. Nanti gw coba coba dulu deh.

      Kalo soal hemat…clodi itu kayanya terhitung hemat dan lebih ramah lingkungan kalo dibanding penggunaan full pospak. Tapi kalo dibanding penggunaan popok kain tradisional ya jelas kalah lah ya. Haha

  8. hihihi gue dl jg sempet pengen beli.. cm udah dikasi tau ma sepupu gue yg udah pd punya baby.. kl clodi itu ribet bener nyucinya.. apalagi kl kita ga nyuci sendiri aka nyuru BS or PRT yg nyuci.. kalo nyucinya ga bener.. malah jd sarang kuman en bau pesing.. so akhirnya gw ga beli, walau sempet dpt kado clodi 2 biji.. en sempet gue pakein setelah jaejun umur 6 bulanan :p krn agak2 bulky, ga yakin BS gue nyucinya bersih, gw malah parnoan en tetep prefer.. pagi-sore pake celana pop biasa (tiap kencing ya diganti +dipel ajah), abis mandi sore pake diaper :p

    • Wah semua yang komen pada kontra clodi nih!!! Hehe bagus sih gw jadi ga keburu beli lagi, coba yang udah terlanjur dibeli dulu aja. Gw sampe sekarang masih penasaran sih pengen nyoba, abisnya sepupu & temen gw kok pada cocok baby2nya pake clodi.

  9. Pingback: Pospak? Kirain Clodi aja? | Letters From Mother of Earth

  10. din, gue pas baca soal clodi ini langsung liat2 harga nya di bilna, gue kira harga segitu untuk sekali pake LOL sampe terbengong2, ga taunya sama kayak popok kain jg ya bisa di cuci :)) ah gue buta banget nih soal ginian *malu*

    • Hahaha… mari belajar, Pi. Gw juga baru mempelajari pas hamil dan mabok banget banyak istilah2 yang bikin gw bingung. Tapi seperti kata ibu2 yang lain, banyak pro kontra nih soal clodi, jadi monggo dipertimbangkan dulu :D.
      Kalo gw pribadi sih tetep mau coba dulu, kali aja cocok, menggantikan fungsi pospak (bukan fungsi popok kain)

  11. ikutan nimbrung yaaa..pengalaman pake clodi buat baby Max. pertama2 cuma punya 2, tambah lg dr Dina dan akhirnya nambah lg sampe skg punya 10. Mnurut gw pake clodi itu praktis dibanding popok kain yg sering bgt ganti dan klo bisa dikit2 go green, why not hehe..
    Mulai pake clodi pas baby Max 3 bulan, alesannya sih krn pas newborn pantatnya mungil bgt dibanding clodi jd agak ksian. Jd awal2 tetep pake popok kain + celana pop.

    Utk urusan cuci2 sih emang diserahin ke sus tp sampe skg no prob kya alergi ke kulit / bau pesing sih ga ada. Cuma emang krn pupie bayi itu lengket dan warnanya kuning, jd dipakelah deterjen utk org dewasa krn klo pake deterjen bayi (ex. cycles) ga ilang warnanya. Tp overall ga ada msalah ke kulit sih.

    Klo celana pop kyana mending disiapin aja klo emang pake clodi. Krn kya omanya Max ga tega ngeliat paha cucunya kemana2, kedinginan katanya. So dia always berclodi + celana pop. Dan klo clodinya lg abis berguna tuh.
    Dan mnurut gw punya clodi ga cukup deh klo cuma belasan, mgkin 20 cukup kali ya. Abis kadang2 baru diganti, trus tiba2 *broot* ganti lg deh. Aplg bayi sehari bisa pupnya >3x. So banyakin deh din klo emang nanti jadi berclodi.

    Yg mao gw sharing soal tumbuh kembang, ada yg suka komen mgkin gr2 pake clodi jd susah tengkurepnya krn kegedean pantat. Tp gw baca di @milispopokkain klo tumbuh kembang itu berbeda2 kok bayi 1 ke bayi lain. So no prob deh 🙂 dan akhirnya baby Max jg bisa tengkurep sendiri di 3.5 bulan.

    Tp ya jalanin dulu aja Din nanti klo baby R uda lahir pasti lebih yakin mau dipakein apa #nalurimommy

    • asiiik akhirnya dikomen panjang haha.
      Iya gw sih tetep sedia empat2nya (clodi, celana pop, popok kain, pospak), dan nanti dicoba dulu aja gimana kombinasi yang cocoknya.

      Ada lagi tips biar clodinya ngirit gak ganti2 terus, plus ini juga udah dipraktekkin temen gw, di dalam clodi dipakein selembar liner lagi. Bisa pokok kain aja, bisa beli liner beneran juga. Jadi kalo dia cuma pupu tapi gak pipis, liner nya aja yang diganti, clodinya bisa dipake lagi.

      • Krn diurusinnya ama mama gw, kyana gw bakal diocehin Din klo dipakein liner lg dalemnya. Pake clodi aja uda diblg lembab2 gitchuu hehehe..Jadi ya tetep ganti aja deh klo pupie.

  12. Wah ramee.. Mau ikut nimbrung ah 🙂

    Gw pengguna clodi sampe sekarang anak gw 17bulan. Udah 2 minggu ini gw ngerasain sendiri nyuci clodi sendiri karena udah full di rumah. Dan ga repot kok. Nyucinya sehari sekali. Jadi tiap abis pake, dibilas pake shower/keran sampe pesingnya ilang, trus simpen di ember. Sehari bisa 4-5 clodi, kalo malem pake dispo soalnya males ganti clodi malem2. Dicuci pagi2, jadi hemat air karena sekali cuci langsung banyak. Deterjennya ga perlu yang mahal2, pake at*ack easy aja 🙂 dulu gw pake deterjen khusus clodi sih, cuman lama2 males dan mahal.

    Yang gw rasain sih hemat banget ya, karena dengan hanya pake dispo di malam hari dan saat pergi, sebulan paling abis buat belanja dispo 100rb-an. Oia dan cuma punya clodi 10 cukup kok 🙂

    Anw, bukan duta clodi sik, just share aja. Dan yang pasti, semua balik ke kondisi emak dan bayinya. Gutlak 🙂

    • Hai mbak. Akhirnya bayiku lahir & skrg usia 2,5 bulan. Pake clodi mulai sejak keluar RS. Sebulan pertama, anakku pake Cluebebe coveria petite dgn insert alas ompol Baby OZ + liner. Awalnya cover bisa dipakai 2 kali;!jadi klo pipis cm ganti insert doang. Masuk minggu ke-2 apa ke-3 usianya, pipisnya udah mulai banyak jadi 1 cover ya buat sekali pipis.

      Berikutnya, menjelang usia 2 bulan, AO BabyOZ dipensiunkan krn daya serap berkurang & blm sempet stripping. So, ganti insert dengan litty-nya Pempem (aku beli insertnya doank, clodi Pempem nya cm punya 1). Dipadukan masih dgn Cluebebe coveria petit.

      Ditambah dgn pocket clodi-nya Ecobum (yg PUL & minky). Insert microfiber dan hemp. Total anakku punya 10 Cluebebe coveria petit dan 10 Ecobum. Ganti tiap 2 jam sekali, insert dan cover lgsg masuk ember cucian krn semua basahhhh…. Anakku heavywetter , hehehe.

      Aku ngga tau nih bisa berclodi sampe dia usia brp bulan. Krn both Cluebebe coveria petit & Ecobum, kadang rembes bagian depan. Mungkin aku yg ada salah makeinnya apa gimana ya…. Ya pokoknya mauku berclodi selama mungkin lah 🙂

  13. Sharingnya rame ya…
    Salam kenal,sy jg pengguna clodi. Singkat crita pas anak k-2 lahir sy tnya2 ttg clodi k tmn n akhirnya memutuskan coba Minikinizz ,awal dipke mmg kliatan bulky d body baby,jd cm sskli pake aja (krn bru pnya 1 cover+2 insert+1liner). Slanjutnya sy pke popok kain,celana pop,n pospak jg kyk kebnyakn org. Tp lama2 kok risih jg sm sampah pospak bekas sndiri,scra rmh dkt ama bak smpah yg ga stiap hri diangkut. Jd mulai browsing lg ttg clodi smpai akhrnya memutuskan back to clodi again. Mulai cari d baby shop,cm dpt 1 merk clodi cover merk George+insert bamboo,insert cdgn yg djual cm ada bhan mikrofiber. Akhrnya cri order lg deh di+olshop, mulai ngumpulin dr bebibum,pempem velcro/snap,enphilia crispy,nathabam cover,dll. So far sih urusan mncuci clodi msh ga ada mslh.oia,utk clodi perlu jg laundry ball (bola cuci) Ecowash ya,bs ilangin bau pesing tnpa deterjen lho.utk noda mmbandel bs pke ecostik-nya. Pke dterjen klo drasa perlu aja n itupun pke yg khusus pakaian bayi. Smpe skr usia 9bln baby Hanin ber-clodi dri pagi habis mandi smpe sore abs mandi (pke 4 clodi). Bo2 mlm sngja cm sy pakein celana pop krn mmg jrg pipis,pling 1x mlh kdg ga pipis smpe bgun pagi. Skian share dr sy… Mdh2an brmanfaat

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.