Recipe: Sapi Cah Brokoli

Okeh… akhirnya saya bikin category baru: “Our Kitchen”. Ya buat apa lagi kalo bukan buat pamer share resep masakan dari dapur kami. Ya kan ya dong? :p

Ya jadi ceritanya hampir tiap hari saya emang masak buat bekal makan siang kami berdua di kantor. Kenapa mau repot? Kenapa gak beli aja? Soalnya kami berdua sama-sama bakat kolesterol tinggi, bakat cepet gemuk, plus Mas Ben ada bakat gula tinggi dan asam urat. Sip deh. Bayangin kalo tiap hari beli warteg yang kadar minyaknya sampe bikin tampilan sayurnya mengkilat? Judulnya sih makan sayur, faktanya makan minyak plus topping sayur dikit. Hehe.

Jadi itulah yang bikin saya termotivasi memaksa diri buat bangun jam 5 tiap pagi. *hiks* *waktu gadis sih bangunnya jam 7* hahahahaha

Seringnya, saya gak sempet foto-foto makanannya karena udah mepet harus jalan ke kantor. Nah hari ini mumpung saya gak ngantor, mari saya pamerkan resep saya. Haha. Hari ini…. saya masak Sapi Cah Brokoli!!! Sejauh ini kayanya ini masakan andalan deh karena gampang banget. Daaan ini tanpa minyak loh masaknya! *senyumbangga* *pake teflon ya tentunya*

………………………………………………………….

Sapi Cah Brokoli

(Untuk 2-3 porsi)

Bahannya:

  • Brokoli satu bonggol yang kecil (eh namanya apa sih bonggol bukan? hehe yah ngerti lah ya)
  • Daging sapi 100 gram
  • 2  jamur shitake, potong tipis-tipis
  • 1 siung bawang putih (cincang kecil-kecil)
  • 1 cm jahe, iris tipis-tipis (ini sesuai selera, ada yang nggak suka jahe soalnya)
  • 2 batang daun bawang, potong 2 cm

diaduk jadi satu dalam mangkok:

  • 1,5 sendok makan saos tiram
  • 0,5 sendok teh kecap ikan
  • 1 sendok makan (peres) tepung maizena
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • lada bubuk secukupnya
  • 1/3 cangkir air

Caranya:

  1. Iris-iris tipis daging sapi (tegak lurus sama arah seratnya ya, biar gak alot), kasih sedikit saos tiram dan taburkan sedikit tepung maizena, aduk-aduk, sisihkan.
  2. Brokoli dipotong-potong *sampe ke batang ya… batangnya enak!!!* (Tapi buang bagian ‘kulit’ terluar batangnya)
  3. Rendam brokoli dalam air yang udah dikasih garam (ini buat mengeluarkan ulat-ulat yang mungkin ada), kurang lebih 5-10 menit lalu tiriskan.
  4. Didihkan air dalam panci, setelah mendidih, masukkan brokoli, 1 menit aja, lalu angkat, tiriskan, dan guyur air dingin (untuk menghentikan proses pematangan).
  5. Di teflon, tanpa minyak, ‘tumis’ bawang putih, sampai harumnya keluar, lalu masukkan jahe dan daun bawang.
  6. Masukkan campuran saos tiram, aduk-aduk, lalu masukkan daging sapi dan jamur shitake, masak sampai matang.
  7. Tata brokoli di atas piring cantik *eh* , siram daging sapi di atasnya.
  8. Sajikan! *ya iya lah*

Maapkeun kualitas foto yang jelek

 

Tadi Mas Ben udah ketelatan ke kantor, jadi cuma bisa sekali take photo pake iphone. Aslinya look nicer kok…. (dan Mas Ben suka banget ini) Hehe… lain kali kalo niat posting resep lagi, saya sedia DSLR deh ya… Hehe.

 

 

 

8 thoughts on “Recipe: Sapi Cah Brokoli

  1. Baru tau #1 soal air garem itu, biasanya gue masak brokoli cuma direndem aer biasa aja dulu.

    Baru tau #2 soal diguyur air dingin untuk proses pematangan.

    • #2 air dingin buat menghentikan proses pematangan. Soalnya kalo gak kan sayurnya tetep panas dan jadi layu.
      Btw iya dua-duanya tuh tips yang gw dapet dari majalah wanita punya Mami eke yang suka eke bacain sejak kelas 5 SD *dewasa sebelum waktunya*

  2. Pingback: 2012: Roller Coaster Year « Cerita Bendi

  3. Pingback: Liebster Award | Cerita Bendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s