Recipe: Buncis Ala Szechuan

Okeh… saya mulai ketagihan posting resep. Kenapa? Soalnya saya sadar kalo kemampuan memasak saya lumayan pas-pas-an, yang berarti masakan saya termasuk gampang dibikin, dan saya berharap ada yang merasa berguna dan bisa mempraktekkan resep cemen sederhana ini. Semacam pembenaran supaya nggak dibilang narsis.

Pagi ini sebenernya saya bikin buncis ala szechuan dan pu yung hai. Tapi karena pu yung hai nya berantakan pas digoreng, tentunya ia harus disensor  karena gak layak tayang. Jadi, posting resep cemen pu yung hai nya lain kali ya… kalo gorengnya sukses.

……………………………………………………………..

Buncis Ala Szechuan

(Porsi untuk 2-3 orang)

Bahan:

  • 100 gram daging sapi, cincang kasar (atau minta digiling di supermarket)
  • 1 pak buncis (beli di supermarket, jadi ada dalam pak), buang ujungnya, potong-potong jadi 3 bagian
  • 1 cabai merah besar, buang bijinya, potong kecil-kecil
  • 1 sendok teh bawang putih cincang

Bumbu (aduk jadi satu dalam mangkok):

  • 1/3 cangkir air
  • 1 sendok makan saos tiram
  • 1/2 sendok teh kecap ikan
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh sambal botol (saya pakai sambal cap jempol) –> kalau suka pedas, boleh lebih banyak
  • 1/2 sendok makan tepung maizena

Cara membuat:

  1. Didihkan air, rebus buncis 1 menit, angkat, guyur air dingin untuk menghentikan proses pematangan. Tiriskan
  2. Di teflon, ‘tumis’ (tanpa minyak) bawang putih cincang dan cabai merah
  3. Setelah harum, masukkan campuran bumbu dan daging sapi cincang
  4. Masak sampai mengental dan ‘kuah’nya tinggal sedikit, lalu kecilkan api
  5. Masukkan buncis, aduk-aduk sebentar
  6. Sajikan

Pernah makan buncis ala szechuan di restoran-restoran? Kalo mau hasilnya seperti yang di restoran, buncisnya harus digoreng dalam minyak panas (bukannya direbus seperti di resep saya). Rasanya mungkin lebih gurih, tapi tentunya kurang sehat dong ya… Jadi, selama masih memungkinkan, sedapat mungkin saya menghindari menggoreng waktu mengolah masakan saya.  Selain karena saya juga parno kecipratan minyak.

Enjoy!

8 thoughts on “Recipe: Buncis Ala Szechuan

  1. iyaaa di, coba dhe digoreng! beda rasanya!! terus loe coba pake baby buncis .. abis masak mendadak berasa kayak master chef geto! HAHA🙂 gw salut sama loe, rajin bener taro resep! haha gw cuma mamer poto doank🙂

  2. wah mayan nih buat ide masak buncis, buncis nganggur di kulkas ga tau mo dimasak apa, itu daging sapi nya kl diganti ayam aneh gak ya wkwkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s