Hongkong City Tour (D3/6)

Cerita D1 dan D2 bisa dibaca di sini dan di sini

Setelah selingan mengenai KTB Cantik di posting lalu, mari kita lanjutkan cerita jalan-jalan Hongkong. Eniwei, saya udah update foto tengkurep di Disney ya. Bisa di cek di sini.

Hari ini kita city tour keliling Hongkong. Tempat yang pertama dikunjungi adalah Avenue of Stars. Lokasinya ada di Tsim Sha Tsui Promenade, di tepi laut. Konsepnya ngikutin Hollywood Walk Of Fame di USA sana, tapi tentunya di Avenue of Star, cetakan tangan dan tandatangannya milik bintang-bintang Hongkong semua.

Karena saya nyaris buta total tentang bintang film Hongkong, buat saya sih tempat ini jadi nggak menarik ya. Nama-nama di situ yang saya kenal, palingan cuma Bruce Lee (itupun cuma ada patungnya) sama Jacky Chan. Lumayan nggak gaul ye. Tapi karena lokasi Avenue of Stars ada di pinggir laut, di mana keliatan pemandangan kota Hongkong di kejauhan, lokasi ini jadi spot wajib foto buat para turis….termasuk saya. Sayang hari itu entah kenapa kayak agak berkabut, padahal panas banget.

Pemandangan Hongkong dari Avenue of Stars

Foto bareng ‘Bruce Lee’

Si Mas lagi nge-shoot Gadis Manis berpayung Piglet *ditimpuk TV*

Dari Avenue of Stars, kita sempet dimampirin ke toko perhiasan. Perhiasan adalah salah satu barang ekspor Hongkong yang utama. Gak heran sih, kalo kita ke toko perhiasan di Jakarta juga suka ada sebutan ‘rangka Hongkong’ kan, dan rangka Hongkong ini emang biasanya lebih modis dan halus. Dan di Hongkong ini, kayaknya sih harganya memang jauh lebih murah dan bisa ditawar gila-gilaan.

FYI, kalo kita ikut tour di Cina dan Hongkong, pasti bakal dibawa ke berbagai toko souvenir. Yang standar sih toko perhiasan, toko giok, toko sutra, dan toko obat! Kenapa? Karena konon tour-tour diwajibkan pemerintah buat mampir ke toko-toko itu *ada semacam absennya* dan kalo turisnya belanja di sana, si tour guide dapet komisi yang lumayan banget. Sejujurnya, saya yang nggak suka belanja ini, sebel kalo dibawa ke toko beginian, soalnya kan jadi buang waktu! Mendingan spending time lamaan di objek wisata lain kan.

Akhirnya kunjungan toko souvenir berakhir, dan kita langsung lanjut ke stasiun tram buat menuju The Peak. The Peak adalah puncak tertinggi di pulau Hongkong. Buat menuju ke sana, bisa naik mobil/bus. Tapi turis-turis biasanya naik tram, karena lebih cepat dan sensasinya beda dong ya.

Tram-nya beneran keliatan jadul, dan rutenya cuma naik-turun The Peak aja. Karena tinggi, konon sudut kemiringan tanjakannya sampai mendekati 45 derajat. Dan buat saya, ini lumayan serem sih, takut over capacity terus malah meluncur ke bawah macam roller coaster *oke saya emang parno*.

Kalo liat di website The Peak, sebenernya ada banyak hal yang bisa dilakukan di sana, kayak sightseeing dan dinner di atas situ. Tapi kita cuma dibawa ke Museum Lilin Madame Tussauds.

Tram menuju The Peak *photo by Charli*

Sebenernya saya excited banget mau ke Madame Tussauds, soalnya sama sekali belum pernah. Tapi kok pas udah masuk, kayak biasa aja ya? Haha. Mungkin karena saya tipe yang nggak pernah mengidolakan sosok tertentu, jadi nggak terlalu excited buat foto-foto sama ‘mereka’.

Cuma ya tetap bolehlah sekali seumur hidup setidaknya ngintip ke museum ini, supaya bisa foto-foto rada gokil sama ‘orang-orang terkenal’.

Maen basket sama Yao Ming *saya udah lompat kok tetep nggak nyampe ya*

Mejeng sama Beckham *itu si Mas Ben ngapain sih?!*

Busted!!!

“Nakal ya kamu!!!!”

dan finally… kasih uang jajan buat Mr. President >>> ini idenya Mas Ben, jangan tangkap saya!!!!

Pemandangan dari The Peak

Dari Madame Tussauds, kita balik pake bus, menuju ke Jumbo Floating Restaurant buat makan siang.

Rasanya sih semua turis yang ikut tour, bakal dibawa ke restaurant ini karena keunikannya. Uniknya, karena restaurantnya dibangun di tengah laut (atau danau?) dan buat menuju ke sana, kita diangkut pake kapal-kapal kecil dari dermaga khusus.

Tapi ya…di dalemnya sama sekali nggak ada sensasi kalo kita lagi ada di tengah perairan sih. Rasanya kayak lagi di dalam restaurant chinese food biasa aja. Etapi makanannya emang enak kok.

Dermaga menuju Jumbo dan kapal yang ngangkut para pengunjung *photo by Charli*

penampakan Jumbo Floating Restaurant *photo by Charli*

Setelah makan siang, kita langsung menuju ke Shenzen lewat jalan darat. Kita harus ngelewatin imigrasi yang antriannya mengular. Bused deh itu yang mau masuk Shenzen kok banyak amat yak. Dan seketika itu juga, langsung berasa suasana kota Shenzen yang ‘lebih rame’ daripada Hongkong.

Kita sampe Shenzen udah sore. Kota Shenzen usianya masih ‘muda’, jadi katanya sih lebih modern daripada kota-kota di Cina lainnya. Penduduknya pun banyakan yang berusia produktif. Memang kotanya rapih sekali sih, dengan jalan-jalan besar yang masih terawat, juga kendaraan yang nggak terlalu banyak, plus gedung-gedung dan mall modern.

Kita nginep di Best Western Hotel, cuma cek in sebentar di hotel, lalu langsung dibawa dinner ke salah satu resto chinese food…yang mana saya nggak suka makanannya *hiks*. Nggak tahu deh apa yang salah, tapi rasanya kurang enyak. Buat lidah saya, makanan di Hongkong jauh lebih enak.

Abis dinner, free time buat kita. Peserta tour diajak ke Luohu, pusat perbelanjaan barang-barang KW yang bentuknya macam ITC di Jakarta (Dulu saya udah pernah ke sana 2x). Ironisnya, mengenai barang-barang KW ini, dipromosikan terang-terangan oleh tour guide lokal kami. Dia bahkan kasih tahu gimana cara bedain KW 1 dan KW 2, dan di mana tempat buat dapetin barang KW Super (yang konon adalah barang asli yang diambil langsung dari pabriknya – *nyolong dong?!*). Eh jujur ya, denger ini, hati saya rada ‘perih’ *halah drama*. Bingung aja sih, kok mendukung pemalsuan banget ya. Sedih deh.

Dan…karena saya dan Mas Ben nggak ada niatan belanja, plus kaki kami udah meraung-raung minta dimanja, kita milih buat foot massage aja di hotel lalu tidur. Bye, Luohu!

To be continued ke D-4: Keliling Shenzen

11 thoughts on “Hongkong City Tour (D3/6)

  1. Pingback: Hongkong-Shenzen-Macao: DISNEYLAND (D2/6) « Cerita Bendi

  2. kalo kata tour guide gua dulu, orang hongkong kalo mau ke shenzhen cukup kasih liat ktp, sementara org cina kalo mau ke hongkong kudu pake paspor… dan org cina kan kebanyakan ga bisa huruf abjad gitu, jadi diliatin satu2…makanya bikin lama…

    makanan di hongkong emang jauh lebih enak ya daripada di shenzhen… hahahaha… gua pikir waktu itu uda terlalu bosen ama chinese food, ternyata lu juga merasakan hal yg sama… chinese food di indo uda paling enak dah… hahahaha…

    kalo di louhu yg bikin males tuh nawarnya… bisa setengah jem sendiri cuma buat nawar doang… ITC kayaknya masih lebih manusiawi deh… hahahaha…

  3. haha.. gw juga merasa avenue of stars ga menarik tapi tetep kesana tiap kali ke HK.. abisnya udah nyampe sono pan ga mau rugi :p

    lucu deh foto2nya di madame tussauds.. gw blom pernah ngunjungin museum itu..

    waktu ke shenzhen gw dah cari2 di inet, resto mana yg makanannya enak jadi ga sempet ngalamin yg aneh2 rasanya..

  4. Haha, ternyata balada orang ikut tour kalo ke China/ Korea/ Taiwan dll itu selalu aja dibawa ke toko2 yang sebenernya kita ga napsu! Jualan mutiara lah, jualan perhiasan lah, jualan sutera lah, jualan teh, jualan jamur, jualan royal jelly, yak.. sebutin lah hahahah. *mpe apal*. Next time ke HK-nya capcus sendiri aja ya buuuu…

    Kayaknya elu dan suamilu kalo ketemu gue dan suami gue, bakalan pose2 foto extreme deh… rasanya urat malunya agak putus hahahaha…

  5. restoran jumbo itu is a must kayaknya ya.🙂
    gua ke hk 10 th yang lalu juga makan disana. gua inget, makan berdua doang ama temen gua, mesen peking duck. ya ampun gede banget porsinya sampe dibungkus bawa pulang hotel. hauahahhaa

  6. Gue belom pernah makan di restoran Jumbo! Pengen banget, next time kalo ke HK deh. Btw, gue juga sebel tuh kalo ikutan tour diajak ke pabrik segala macem itu. Nggak beli cuma buang waktu doang.

  7. hahaha….foto di madam tussaudnya lucu2 euy….yahh udah nambah si Beckham dan Obama yah, dulu mah pas kesana belom ada perasaan.,,..makanya enakan pergi sendiri yah daripada pake tour

  8. Pingback: Shenzen City Tour (D4/6) « Cerita Bendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s