Cegukan

Setelah tahu hamil, masa yang paling saya nanti-nanti (selain kelahiran tentunya yah) adalah masa-masa bisa merasakan gerakan si penghuni mungil dalam rahim saya. Saya pengen merasakan keberadaannya, pengen bisa ‘berkomunikasi’ dengan dia (walau bentuknya antara obrolan dan elusan dengan tendangan :p), dan tentunya memastikan kalau dia baik-baik saja di dalam sana.

Waktu mulai merasakan gerakan-gerakan pertamanya, saya makin rajin Googling, buat memastikan gimana pengalaman ibu-ibu lain. Yaaaa saya cuma mau memastikan yang saya rasakan itu memang gerakan si bayi, bukan cuma gas lewat. Haha.

Dan ada beberapa ibu-ibu di berbagai forum (dan blog) yang bilang kalau mereka bisa ngerasain bayinya cegukan. Dan rasanya lucu banget.

Saya tentu saja mengernyitkan dahi ya. Soalnya yang saya rasain kan cuma semacam seperti tendangan atau senggolan (yang rasanya mirip kedutan). Saya nggak tahu pasti apa yang dilakukan si baby di dalam sana sampai bisa menghasilkan gerakan-gerakan yang saya rasakan (apakah dia sebenernya lagi muterin badan, lagi bener-bener nendang, nyikut, atau nyundul). Nah kalo kaya gitu, gimana saya bisa tahu kalo dia lagi cegukan?

Lalu suatu hari…saya lagi duduk anteng-anteng nunggu giliran di tempat digital printing. Hari itu memang sejak pagi si penghuni mungil agak lebih aktif dibanding biasanya.

Tiba-tiba terasa gerakan di bagian atas perut saya. Lumayan keras. Dan saya pun senyum-senyum senang.

Dan kemudian disusul gerakan berikutnya, yang lalu saya sadari….loh ini kok gerakannya barengan ya, ‘nendang’ ke arah bagian atas dan bawah perut. Lalu saya sadar juga kalo gerakan nendang atas-bawah ini terjadi berkali-kali dengan frekuensi tertentu dalam durasi sekitar 1-2 menit.

Hwahahahahahaha.

Kayaknya si mungil lagi cegukan deh ya? Senyum saya pun makin lebar. Antara geli sama kasian *mau dikasih minum buat ilangin cegukannya kan gak bisa ya*

Sampe hari ini, saya belom pernah ngerasain model gerakan yang kayak gitu lagi. Dan sampe hari ini juga saya nggak bener-bener yakin waktu itu dia beneran cegukan atau nggak. Ibu-ibu yang lebih senior, gimana pendapatnya?

 

25 thoughts on “Cegukan

  1. Din, gw waktu ‘curiga’ baby cegukan, otomatis pergi ambil minum (seolah2 nolong) hehehe… :p padahal sama, gw juga masih belum bisa bedain cegukan/bukan..

    • Haha gue sih malah ketawa-ketawa jadinya *mommy jahat* abis lucuu kan. Gue juga ga bisa bedain sih. Yang waktu itu sih kayanya bener, tapi abis itu ga pernah ngerasain lagi

  2. direkam din pas perutnya lg naik turun lucu deh hehehe trus di foto dari samping pas perutnya nonjol, itu perut berasa kaya jalanan kagak rata berbatu2 hahaha…gw demen pas lg ada nongol perutnya gw pencet2 wakakaka..berasa kaya mainan

    tar kalo udah gedean di pancing aja pake music, wkt clarissa pas musik klasik agak heboh dibuka dia lgs goyang2 hahaha smp gw berasa geli di perut tapi kl kasiknya kalem dia anteng

    pas clarissa gw berasa tendangan dia pas 5 bulanan gitu, pas conrad gw berasa kaya gw kesetrum pas 3 bulan gitu😀 cara menyapa yg beda hehehe

    • Tiap kali dia lagi gerak heboh, terus gue mau rekam, eh dianya diem. Jaim mungkin? Tapi perut gerak2 sendiri gitu masih agak jarang sih, mungkin karena gue baru 5 bulan-an ya

  3. Gue baru tau kalo baby bisa cegukan boookk!! Akhirnyaa Di, ada sesuatu yang gue pelajari dari postingan lo! Hahahaha!
    Eh kalo lo minum, bakal membantu nggak, atau nggak lo tahan nafas gih! :p

    • Hwahahahaha rese lo, May!!!! Kesannya selama ini baca blog gue ga ada gunanya banget ya :p *salah fokus*
      Nanti kalo dia cegukan lagi, gue coba tahan nafas ya hahahaha

  4. iyaaa!! sptnya itu cegukan deh hahahha.. kata obgyn gue dl, kalo cegukan itu gerakannya mirip kaya kita kalo lagi cegukan,ritme nya teratur dan terjadi dlm periode tertentu aja misalnya 1-2 menit, abis itu ilang (gw sendiri ga bs yakin 100% babynya beneran cegukan, secara si baby ga bs diinterview walau udah lahir skrg hahaha).. kl dl gw baca2.. baby itu belajar bernafas dan menelan air ketuban juga waktu di dlm kandungan, makanya kdg2 dia cegukan hahhaha

  5. Kalo cegukan itu ritmenya teratur. Kalo tendangan kan random. Dulu Madeline sering banget cegukan lama banget. Nanti direkam deh pergerakanperut. Lucu!

    • Iya ya? Gue belom ngerasain lagi nih cegukannya. Banyakan dia nendang-nendang atao muter-muter ato geser-geser badan aja. Tapi tiap mau gue rekam, mendadak dia diem. Jaim sepertinya :p

  6. Nona! salam kenel!
    Aku melampir kemarih dr blog si nona saguine..dan ternyata dikau pun juga lagi preggie..lalu aku kepo kepo bacain cerita mu sambil nungguin giliran kapan baby gw cegukan..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s