Berburu Maternity Wear

Sebenernya saya masih ‘utang’ 1 postingan tentang hari terakhir babymoon yang kesalib sama postingan anniversary. Tapi karena saya lagi males ngapa-ngapain (termasuk males milih-milih foto buat postingan itu), dan baru kelar browsing-browsing lalu ‘gatel’ sendiri, saya nulis ini dulu aja.

Dulu ‘cita-cita’ saya sih…kalo hamil mah pake baju biasa yang gombrong aja, plus legging buat bottom nya. Saya ogah pake baju hamil model daster…. Sebaliknya kalo mau beli baju-baju hamil trendy, kok perasan harganya mahal-mahal bener, sementara pakenya cuma sebentar. Apalagi maternity jeans yaaaa… Bikin pengen garuk-garuk tembok deh.

Salah seorang sahabat yang hamil sebelum saya, sukses tuh selama 9 bulan pake kaos/baju gombron plus legging. Dia ga pernah beli baju hamil. Nah! Saya makin termotivasi dong ya…

Trimester pertama, tentunya masih aman dong ya, semua baju masih muat. Cuma jeans aja yang mulai harus cuti sementara, diganti legging di bulan ketiga (kalo nggak salah). Kostum saya waktu itu berkisar antara kaos Big-Jill, tank top gombrong, kemeja gombrong, dengan akesoris macam-macam shawl dan kalung, biar nggak keliatan kalo saya pake baju itu-itu mulu.

Tapi di bulan ke-4, waktu bumps mulai nongol, tank top dan kaos saya mulai ikutan ‘naik’ bagian depannya. Dipakenya jadi kurang bagus.

Beruntunglah saya, karena nggak seperti Mami dan Cici, bagian tubuh saya yang ‘bengkak’ signifikan cuma bagian perut. Maksudnya bagian lain sih udah bengkak dari sananya. Bagian lain dari badan saya nggak banyak berubah, skinny jeans saya pun masih muat bagian pahanya.

Jadi..saya pun pede berburu baju-baju gombrong (baju biasa/bukan baju hamil tapi berpotongan oversized). Waktu itu saya ngajak Mami saya buat hunting ke salah satu dept store.

Saya lalu milih beberapa baju dan nunjukkin ke Mami saya, yang cuma ditanggapi dengan gelengan sambil ngomong: “nggak bakal muat deh, percaya sama Mami.”

Ya sebagai anak yang baik, saya tentunya NGGAK PERCAYA dong ya… Wong rasanya bodi ini masih seksi kok ah. *ditimpukkin orang sekampung*. Jadi tetep aja saya bawa tuh ke fitting room buat dicoba. Dan bener aja nggak muat. Bukan pinggang/perut sodara-sodara yang nggak muat. Tapi…. bagian…dada. *trims*.

Maklum ya belom pernah hamil, saya mana tahu kalo gitu amat perubahannya siy. Saya pikir perut doang gitu yang blendung.

Dan kalo saya pilih ukuran lebih gede yang bagian dadanya muat, jatohnya kaya tenggelam dalam baju, karena bagian bahunya turun buanget.

Jadilah nurut sama si Mami, melipir ke section maternity wear. Dan sejak hari itu, dimulailah perburuan saya akan maternity wear.

Di mall-mall, harga baju hamil itu muahal luar biasa buat ukuran saya. Untuk tops aja, harganya berkisar antara Rp 300.000 – 400.000. Untuk jeans, harganya sekitar Rp 600.000 ke atas. Dan untuk dress, sekitar Rp 400.000 ke atas. Untuk urusan model, jujur aja sampe saat ini belum nemu yang pas di hati. Pada akhirnya saya banyakan beli model-model tank top atau sleeveless top, yang kemudian saya kombinasikan sama jaket atau cardigan.

Sejauh ini yang pernah saya beli merk Chantily (modelnya standar, ya bisa dipake ngantor atau ketemu klien deh) dan Le Bloomingchic (ini brand yang paling lumayan, tapi harganya gak asik. Jadi waktu itu saya cuma ngubek-ngubek barang yang lagi sale)

Di dunia maya, banyak online shop yang jual baju-baju hamil dengan harga sangat terjangkau (di bawah Rp 200.000). Tapi modelnya… banyakan sama sekali nggak fashionable. Ya… gak jauh-jauh dari model-model daster *yang sangat saya hindari* itu. Kalo pun ada yang modelnya keliatan lumayan, bahannya terlihat kurang OK. Atau pernah sekali saya nekad beli celana pendek, rasanya kurang pas di saya. Bagian pinggang kegedean, bagian paha kekecilan. Hehe.

Saya pernah nyoba beli di Mama Hamil Boutique (tank top nya bahannya bagus, tapi fitting celana pendek terlalu kecil buat paha gede saya) dan Moms To Be Shop (modelnya sangat-sangat lumayan dibanding OL shop lain, tapi barang saya belum dateng jadi belum bisa review)

Thanks God, cici ipar saya yang fashionable itu masih menyimpan baju-baju hamilnya dengan rapih, termasuk 2 maternity jeans yang ukurannya pas banget di saya.*horray* Ini ngebantu saya banget, jadi nggak perlu beli banyak baju hamil. *Tuh..pesan buat para bumil, baju hamilnya mendingan dilungsurin deh*.

Permasalahannya adalah… bulan Juli nanti, ada wedding day sahabat saya, yang mana berarti saya butuh baju pesta. Saya pun mulai browsing dress hamil. Lalu saya nemu link ini: http://www.pregnantfashionista.com/.

Duh…bikin ngiler banget ya.

Apalagi pas ngebahas baju-baju hamilnya Kate Middleton, cakep-cakep bener. Saya suka style-nya. Baju-bajunya selalu simple, tapi keliatan kalo bahan dan potongannya rapih. Oiya, dan dia seringnya pakai baju/dress dengan potongan empire line. Saya suka!

Menurut saya, sekalipun lagi bongsor, bumil tetep perlu pake baju yang memperlihatkan lekuk tubuh, dan nggak cuma model A-line yang malah ‘ngumpetin’ baby bumps nya dan bikin ukuran badan jadi keliatan ekstra guede daripada aslinya.

Nih bandingin deh foto Kate Middleton dengan Lady Di, saya rasa aslinya ukuran badan mereka di sini nggak jauh beda. Tapi karena potongan bajunya, keliatan beda banget kan?

cn_image.size.kate-middleton-princess-diana-six-month-pregnant

Kiri-nunjukkin bumps. Kanan-ngumpetin bumps.
Sumber gambar: http://www.hellomagazine.com/fashion/2013032511702/princess-diana-maternity-dresses/

OK, setelah browsing, saya udah tahu model dress yang saya pengen, yaitu yang model empire-line. Iyeee saya mah nggak sampe pede pake model body-con kayak yang dipake Mbak Kate di foto di atas yaaaa, wong badan saya aslinya juga udah rada bengkak kan. Bisa-bisa saya jadi kayak lontong. Haha.

Contoh dress empire line *ada potongan di bawah dada*

Contoh dress empire line *ada potongan di bawah dada*

Tapi ya balik lagi, saya kok belom nemu ya baju hamil yang simple tapi cakep-cakep di Jakarta? Sedangkan kalo browsing di online store luar, dress-dress hamil yang modern dan cakep-cakep itu, kalo di-kurs harganya ada yang Rp 300-400ribu loh… Dan baju pestanya Rp 600-700ribu.  Nggak murah juga sih, tapi masih reasonable menurut saya kalo ngeliat model dan bahannya yang emang OK.

Jujur aja… ini menggelitik minat bisnis saya. Abis hamil apa buka online shop baju hamil aja yak? hwahahahahahahaha *mikirin duit terus*.

Buat sekarang, ada yang bisa kasih pencerahan…di mana saya bisa dapet dress-dress simple dan cakep dengan harga terjangkau di Jakarta?

*sebelum saya menyerah dan kembali ke line baju bridesmaid ITC model empire line yang ukuran pinggangnya bisa di adjust pake tali-temali itu*

Sekian ocehan kurang penting saya.

34 thoughts on “Berburu Maternity Wear

  1. emang bener kok baju hamil itu mahal2. kayaknya mereka aji mumpung ya jadi dimahalin…😛

    pas dulu hamil Andrew sih si esther ada beberapa beli baju hamil. tapi pas hamil emma kagak, bisa pake baju biasa aja soalnya dia malah berat badannya turun dari sebelum hamil. hahaha.

    • Ha beratnya turun terus gitu? Temen gue juga ada yang trimester awal turun 10 kg! Tapi pas udah trimester 3 terpaksa beli baju juga yang gombrong, karena perutnya kan guede

  2. Yah Di… kalo mbak Kate sih (sksd puoooll!!) emang dia pake apa aja bagus yah. Foto dong baju2nya. Ntar kalo giliran gw yang hamil, lo udah ga pake bajunya kan Di?? hahahaha^^

    • Wah jangan dong… abis hamil ini, kan nanti-nanti mau hamil lagi…terus….kan mau dilungsurin ke adeknya benny… lalu…lalu… *banyak alesan* haha

  3. Gue pas hamil cuma beli celana hamil 1, yg model ada kantong perutnya itu. Itu juga udah gak rela ngeliat harganya yg mahal. Sisanya gue pake legging uniqlo yg emang sengaja beli ukuran lebih gede. Baju2nya pake koleksi baju gue yg emang agak gombrong. Untungnya kerja di advertising adalah ke kantor gak usah rapi jali, jadi gak usah modal beli baju kantoran. Pas ke kawinan ipar gue, lg hamil 3bulan gue beli dress biasa yg ukurannya lebih gede aja.

  4. Skrg trend nya kalo hamil perut nya malah dipamerin, iya gak sih? Kapan lagi kan bisa pamer buncit tanpa perlu malu dibilang gendut.hihihi..

  5. Pleaseeeeeee… jangan pake yang tali temaliiii…. pleasseeeeee… Menurut gue itu sumber kehancuran dunia fashion (selain tali beha transparan tentunya). Mendingan elu pake baju model plisket, terus dikasih band pas di bawah dada… jauh lebih cakep!

    • Huahahah! Ngakak gue baca komen ini. Maaf yah Din, abis kan gue kagak ngerti tuh maternity2-an tapi serius deh yah, tali beha transparan? JIJAY ABIS hahahaha

      • Loooooh ini ngomongin baju pesta dengan tali temali di punggung dan tali beha transparan tuh nggak ada urusan sama baju hamil loh! Itu baju biasa!!!

      • Hahaha iya maternity clothes yang pake tali temali itu? Gue ga ngerti jijay nya dimana? (Gue nggak pernah punya inner circle yg prego jadi seriusan gue kaga ngerti) bukannya baju hamil yg pake tali temali malah bisa dipake lama?
        Yang jijay itu tali beha transparan, nonnn jangan emosi dl dong lo *kipas kipas* hahahah

      • Bukan May… yang tali temali yang kita bahas tuh baju bridesmaid keluaran Mangdu loh…yang bagian punggungnya either pake karet atau tali temali supaya bisa fit ke all size…
        Kalo tali beha transparan… itu tuh…dulu kan sempet tuh cewe-cewe kalo pake baju yang off shoulder, tube, atau backless, terus tali behanya diganti pake yang transparan kayak plastik. (termasuk gue sih dulu haha).
        Kan jeleeeeeeek.

        Jadi kalo topik ini,sama sekali nggak ada hubungannya sama baju hamil sebenernya hahaha

    • Hwahaha komen lo itu dari hati banget sih!!! Mendingan mana tali temali ato yang pake karet di sepanjang punggung? hahahaha.
      Btw gue sih lebih menganggap tali beha transparan lebih disaster yaaaa *walau dulu juga sempat terjebak pas jaman abege*

  6. kl gak mau rugi beli baju maternity mahal jgn cuma sekali makenya, tapi seminggu sekali.. hahaha.. btw kayaknya di matahari murmer deh celana2nya..

  7. gw ngakak bc komen leony, tapi serius yah gw juga anti tuh sama baju yg blkg kaya tali sepatu…gw bela2in dulu bikin buat penerima tamu yg bagusan ketimbang tali sepatu itu, nanti cuman dipake sekali wakakakaka…semurah2nya itu baju nggak akan gw beli hehehe..

    kl gw krn gak gemuk dari sono cuman melar perut sama dada jadi pake model baby doll gitu deh bahan kaya chiffon lemes…atas bawah bisa melar..tapi kagak tau elo bisa pake model gitu nggak…

    kl di rumah gw malah dasteran kancing depan pas brojol buat nyusuin gampang hehehe…gw gak demen pake celana hamil atau legging, nggak tau kenapa kayanya ganggu di perut geli2 sama gatel2, jd kl gw pake gitu dibawah perut hahahah trus model atasan gw kan biasa transparan kudu pake tank top keankat jd perut gw keliatan transparan hahaha…

    bukannya di MKG mall 2 itu ada toko maternity yah deket eskalator, tapi gw gak inget apa nama tokonya euy…kayanya cakep2 sih yg dipajang dan sepertinya mahal…gw liatnya waktu kaga hamil, jadinya gak masuk toko itu cm liat dr depan toko aja yg di display di manekin2…(dress buat pesta gitu deh)

    kalao mau agak modis bisa ke mothercare sama gingersnaps kayanya mrk jual maternity…dulu gw ada demen modelnya sekitar 600rb an mirip2 kate pake punya…berhub gw gak hamil jd kagak beli dah hahaha…gw bilang juga pantes2 aja buat kondangan🙂

    • Emang si Leony menghayati banget sih komennya. Haha. Lo baek banget sih memikirkan kesejahteraan para penerima tamu-lo. Gue sih mikir yang masuk budget aja dah.

      Gue ga demen pake daster sesungguhnya…. Kalo di rumah pun pengen tetep tampil rapi-rapi n cakep. Emang gue nya aja sih yang rada ngerepotin diri sendiri.

      Gue baru ngeh tuh Gingersnaps ada maternity nya. Kirain brand baju anak doang. Tadi sempet googling kayanya bagus-bagus ya, dan nggak semahal Le Bloomingchic. Eniwei, yang di MKG 2 itu Le Bloomingchic. Kalo lagi diskon sih lumayan banget harganya

  8. Dina, gw sampe skrg belum pernah beli baju hamil loh.. tp emg celana udh ga ada yg muat.. jadinya gw udah 6 bulan ini ga pernah pake celana lagi.. untungnya punya banyak dress/mini dress yang masih muat.. Kemana2 pake gituan d.. Rencana pengen beli celana gitu, tapi lum tau di mana.. sooooooo…… bukanny ngasih info ke elo, malahnya gw dapat banyak info…. thanks!!😀

    • Haha yaudah bagus lah Vin, ngirit! :p
      Gw ga punya banyak dress-dress gitu sih (dan kurang suka juga pakenya *kurang feminin).
      Kalo atasan, sebenernya banyak yang masih muat, tapi ya itu, bagian depannya ngangkat. Terpaksa deh belanja juga dikit

    • Tapi seperti gue bilang…kalo di luar malah lebih banyak pilihan dan lebih murah, Be. Contoh di Old Navy, terus di H&M. Modelnya unyu-unyu dan harga ga jauh beda sama baju biasa. Mereka nggak aji mumpung kali ya.
      Iya baju2nya jeng Kate baguuuus. Nah konon itu dia banyak beli di H&M sama Topshop :p *gw macam stalker*

  9. Di mall empo kynya ada toko baju hamil,din. Tp harga ya gitu deh ya..

    G jg ga prnah beli bju hamil model daster (dan yg bertali itu), alesan utamanya sih krn g ga suka pake bahan bgitu, g lbih suka kaos.
    Tp nyokap g yg heboh beli lagi beli lagi. Jd drpd nyak g sakit hati dah dibeliin tp ga dipake, akhirnya ada bbrp yg pernah g pake, skali doank tp. (Dan nyak g tetep ngoceh knp jarang dipake)

    G pakenya kaos oversized. Celananya baru pake yg khusus hamil, sama ky angela, yg ada ‘kntong perut’-nya itu. Mnurut gue sih ini brguna bgt, sampe abis nglahirin pun masih bisa pake. Legging jg ada, tp beli jg buat sincia tuh. Krn pake legging pas hamil rada ribet ye ceu, apalg klo dah gede perutnya.

    Klo buat kondangan sih aye tak tau deh, slama hamil, g jarang bgt kondangan. Paling kondangan sodara,itu jg pake dress yg masih muat di perut n dada aja.

    • Gw masih demen loh pake legging, Matahari punya, beli yang XL. Nyaman puol. Tapi secara paha gue gedeeee, kalo pake legging jadi ke-highlight, jadi harus ditutup pake atasan yang rada panjang *rempong*.
      Iya sampe 5 bln kemaren sih, kalo ada kondangan, gw masih ‘aman’ karena baju masih pada muat. Nah ini wedding temen gw pas gw hamil 8 bulan coba…apakabarnyo gede perut gw?!! Lama-lama pake sarung aja dah dikembenin. hahahahaha

  10. halo!
    gue biasanya passive reader nih, kali ini mau sumbang suara :p

    waktu hamil dulu gue juga pelit buat urusan belanja baju soalnya mahal dan cuma bentar dipakenya. jadi solusinya gue pinjem sana sini, plus pake existing clothes selama masih bisa. yg lumayan menolong tuh product ini nih, namanya belly belt: http://www.bellybelt.com.au/ gue beli di local shop sih, tapi ini cari imagenya aja buat ilustrasi.

    satu lagi, bisa pake belly band kayak yg dimari: http://www.fertilemind.com.au/search_results.aspx?search=bando
    jadi atasannya bisa tetep pake kaos biasa, trus pake band ini buat nutupin perut. trus karena gue resourceful *tsahh* gue wkt itu pake tube aja instead of beli belly band, haha..

    ini bukan jualan loh, cuma sharing aja🙂

    • Hai hai…
      Iya nih…gue baru tau benda-benda yang lo sebutkan itu, waktu gue udah hampir masuk bulan ke-6. Padahal pas ke Singapur kemaren, gue ketemu tuh belly band H&M lagi diskon cuma $5 dapet 2 pcs. Bodohnya gue bingung itu buat apaan, jadi gak jadi gue ambil.
      Nah kalo buat sekarang sih, soal celana gue udah gak ada masalah, karena udah dapet celana lungsuran + udah beli legging. Cari dress yang berkenan di hati itu loh yang masalah. Hehe

  11. hm kalo gw hamil ini malah berburu ke rumah mami gw, karena mami gw sangat modis dan baju2nya rata2 model loose fit, plus dia 1 size lebih besar dr gw. Jadi pass banged, tiap hamil gw pasti ke rumahnya dan nyortir pinjam baju2nya. Kebanyakan Zara tapi model dress loose fit, cucok banged bwt gw pas hamil.
    Ntar kalo dah lairan tinggal gw balikin smua baju2nya😀 hahahaha

  12. Pingback: Dress Hamil Kate Middleton - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

  13. Pingback: Dress Hamil Kancing Depan - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

  14. Pingback: Dress Hamil Kantoran - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

  15. Pingback: Model Kebaya Yasra - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

Leave a Reply

