Tips Mengatasi Rhinitis Tanpa Obat

Some content on this page was disabled on September 24, 2017 as a result of a DMCA takedown notice from Ono Bruno. You can learn more about the DMCA here:

https://en.support.wordpress.com/copyright-and-the-dmca/

Advertisements

63 thoughts on “Tips Mengatasi Rhinitis Tanpa Obat

  1. Lemon madu itu emang ampuh banget deh. Gue juga kalo mulai nggak enak badan hajar lemon madh langsung sembuh tanpa minum obat. Tapi emang kalo nggak kuat bisa jadi sakit lambung, atau kalo kasusnya si diaz karena giginya sensitif jadi ngilu2.

    • Oh gitu ya? Gw malah dengernya, lemon itu nggak bikin sakit lambung, malah yang lebih ekstrem, ada yang bilang lemon itu buat terapi nyembuhin sakit maag. Ini sih emang ekstrem banget dan gw meragukan kebenarannya. Haha

      • loh lemon buat nyembuhin sakit maag tuh bener banget. Nyokap gw kan sakit maag, tiap pagi abis bgn tidur langsung minum peresan lemon tanpa air ato gula. Asemnya si bikin merem melek tapi sakit lambungnya membaik. Bagus juga loh buat diet ๐Ÿ™‚ Gw pernah coba dan berhasil tapi terus males meres lemonnya ahhahaa.

      • Jadi bener ya? Boleh nih disaranin ke keluarga gw, pada hobi sakit maag soalnya. Haha. Kalo gw sih ngerasanya, pencernaan jadi lancar carrrr kalo minum lemon pagi-pagi

      • Air lemon murni memang biat sakit lambung, karena aku sudah mencoba nya alhasil Mag ku yg sdh parah ga kambuh lagi

    • kalo saya lebih cepet hilang jika banyak melakukan aktifitas. jika hanya diam dan tidak banyak gerak malah penyakit nya kambuh lagi.

  2. Ngebacain yg bagian latihan nafas langsung dipraktekin dan sukses ngap..hahaha.. Sama nih Din, gw juga alergi nya banyak tapi lebih ke gatal2 ke seluruh body bukan meler.. ๐Ÿ˜€

    • Ahahaha, Py…. langsung dipraktekkin loooh.
      Dulu waktu kecil juga gw kadang gatel2 kalo kedinginan banget ato kalo stress, tapi makin gede ilang tuh. Nah kalo gatel-gatel gw gatau ngilanginnya gimana. Tapi Claritin sih manjur

  3. Diiiin…
    semoga lancar kehamilannya yah…
    dan gak pake hidung hidung mampet lagi selama masa kehamilan..

    Sebenernya aku juga gitu sih, kalo pagi selalu bawaannya bersin dan langsung meler..Harus selalu pake jaket dulu sampe ada matahari, tapi kayaknya sih gak separah dirimu…
    Dan gak diapa apain juga sih, semacam pasrah aja gitu…hihihi…

  4. Hai ci dina salam kenal ๐Ÿ™‚ ak ud lm jd silent reader nih lp ud pernah komen atau blm yah hihihi makanya kenalan lg
    Umphh kayaknya ak pnya gejala yg sm dhe pas sma smpe kul tuh sering bgt pagi2 abis mandi bersin trus meler. Ud ke dktr Tht krna pp kwatir jg katanya gak napa2 gak di saranin test ini itu. Yah krna dkternya blg gak napa2 makanya ak cuek aja. Kyknya sih ak jg alergi dingin, mandi pagi tuh msti meler trus smpe siangan. Kalau kena debu dikit jg lgsung bersin n meler. Kadang aja kalau lg gak fit cuaca lg panas ak bs bersin trus meler ckckckck. Sampai sekarang kalau tdr jg posisi tdrku miring kalau terlentang susah napas. Gara2 tdr susah napas pakai idung kan jd pakai mulut tuh, jdnya bo2nya ngorok dhe dan smua temen eke tau dheee ckckckcj malu2in ๐Ÿ˜

    • Mmm coba ke dokter lain ga sih cari 2nd opinion? Kan ganggu banget kamu kaya gitu terus, gak nyaman kan? Dulu soalnya aku akhirnya diresepin Nasonex, terus pake 1 botol sampe habis, gejalanya berkurang banget, jadi gak tiap pagi srak srok gitu. Kalopun meler, cuma sebentar

  5. Pingback: 3rd Trimester-Highlights | Cerita Bendi

  6. Hello sist! Salam kenal, ikut share jg deh, smpe sya dapetin n bca tipsnya td , sya lg kumat rhinitisnya nih, meler2 dr bangun bo2 smp skg smpe buat idung merahhh tisu berserakan, kepala pening apalgi skg lg hamil jalan 5 bulan, hadeuuh rsanya kesiksaaa kalo dah kumat mata berair, idung meler, pala pusing 7 keliling ( tap alhmdulillah ga smpe demam) wmg sih dokter bilang kena rhinitis n obat yg direkomen nasal spray n cetinal 10 mg, krna tuh dua jnis obat mnurut ku priceny lumayan mahal, jd sya brhenti pke nasal spray, cuma cetinal yg aku konsumsi. Emg bner obat cetinal 10 mg dminumnya ps mau bobo mlm, alhasil tiap pagi bebas meler n bersin2 , tp prnah deh( ky skg neh) smlm lupa gga mnum tu obat, ya Gusti Allah.. lngsung kumat bersin n meler entah brhentinya pas bobo aja x! Kl dpkir2 jdi ketergantungan obat jadinya .pdhal aku dah berusaha jauhi alergan, ga mnum dingin2. Mau brobat lagi kbayang nebus obat dg hrga yg pantastis!!!! Jd stress pula. Kira2 ada ga ya hubnganya sm kehamilan yg rentan serangan penyakit?( secara kna rhinitis br bbrpa bulan ini) pengen sembuh nih..haduh.

  7. Dear Mbak Dina,

    Artikel yang bagus dan sangat membantu.
    Mohon info untuk tes alergi yang menggunakan metode seperti yang Mbak Dina ceritakan itu dimana ya?
    Karena kebanyakan tes alergi yang saya tahu itu yang cuma diambil darah.

    Thankss

  8. Awalnya sy sehat2 aja,..tp pas abis mgrb tiba2 sy pilek,bersin2 dan ky mau flu,..sy kira sy emank kena flu, tp anehnta kok badan ga demam dan layaknya kalo flu,.akhirnya sy tanya mbah gugel, dan nemu deh blog ini,.setelah sy ingat2, ternyata sy kena debu ketika beres2 rumah,..untunglah kaga flu,..dan setelah praktek yg pernafasan,..sy membaik dan bisa normal lg,.thanks ya writer dan owner blog ini,..artikel anda sangat bermanfaat,..god bless u

  9. Salm kenal,,sy menderitaalergi dingin stiap pg sy bersin” sampe hdung lecet krn slma musim hjn 1 bln lbih bersin sya gx berenti”,,,ke dokter paling jwbnya cm gx knp”,,cb buka artikel ini sy br mau praktek nie,,doa’n ya moga berhasil,,thank udh b’bgi moga qt smua bsa hdup sehat amiiin,,,

  10. Pingback: Tentang Raka – 9 Bulan | Cerita Bendi

  11. Aku lg mengalaminya nih..mudah-mudahan aq praktekin lsg sembuh..tapi aq lg batuk nih,thks bgt ya infonya..ditunggu feedback-nya ya..

  12. Haloo mba dina, aku juga mulai parah bgt sekitar kelas3 SMA. Dikasih dokter jg nasonex buat dipake pagi malem, tapi ngaruh saat pemakaian aja.
    Pas habis, kambuh parah lagi. Malah setiap pakai obatnya bikin bersin2. Entah ada salah pemakaian apa gmn ya mba?
    Sampe sekarang mau masuk kuliah jd takut ganggu produktifitas. Kira2 mba ke RS mana ya tes alerginya? Dan apakah mba msh pake nasonex, obat minum apa tdk sama sekali skrg?

    Please reply :’)

    • Rata2 RS kayanya ada tes alergi deh. Yang aku tahu sih Gading Pluit ya. RSU Bunda juga kayanya ada.
      Sekarang aku udah ga pake obat ato treatment apa2. Cuma kalo udah berasa ada reaksi alergi aja langsung minum Claritin. Tapi jaraaang banget sih puji Tuhan

      • Biaya tes alergi biasanya brp sih mba? Terus biasanya setelah diketahui macam2 alergennya yg dianjurkan dokter apa?

  13. Blum ada yg bahas rinitis sedetail ini. Kebnyakan hanya menghindari alergen dan kasih obat. Namun tips itu masih blm bsa mengatasi alergi. Saya penderita alergi sangat terbantu sama artikel ini

  14. saat ini saya punya beberapa alergi, ada alergi makanan dan obat spt antalgin, dulu sih alergi seafood, hati sapi, daging2ngan…gejalanya pusing baru keluar bentol2/ bengkak bibir/ bengkak di beberapa bagian tubuh spt bibir, dan skrg sih lagi ga kambuh ya, eh malah muncul rhinitis dan sensitif obat, tekanan darah naik berdebar kalo ga cocok sama obat..apakah penderita rhinitis kaya gitu juga punya beberapa alergi/sensitif obat?

    rhinitis ini cukup mengganggu karena membuat sesak nafas ( sampe mimpi pun sesak nafas di dalam mimpi ), banyak lendir di tenggorokan dan hidung…dan kmrn difoto xray sinus ada penebalan di hidung krn rhinitis ini.
    saat ini saya pake alat spray avamys lumayan meringankan mampet

    btw thanks infonya

    • Jadi sebenernya kemungkinan rhinitis muncul sbg reaksi alergi. Jadi bukannya yg rhinitis juga punya alergi. Tapi sebaliknya, karena alergian jadi menimbulkan reaksi salah satunya rhinitis. Coba berobat ke dokter ahli alergi supaya jelas apa aleginya dan bisa hindari penyebabnya.

  15. hy…slm knal,aku cow usia 23 thn,alergi yg biasay kambuh saat kdgnan sprti kehujanan buat hdung meler,bersin2,sampai parahy nafasku sesak dan d bdan jdi lemah…dh cpek mnum obat..tp gk smbuh2…mnum madu gk bsa..bs mnum madu lngsung sep bis mnum obt cuci perut…
    low da yg pnya cra pnyembuhan tlng infoy….trimakasih.

  16. saya jg rhitis alergi. kalo baru bgn tidur jgn cuci tgn pake air dingin bakal bersin+ meler terus. mandi air hangat. kalo tidur hidung sebelah kiri mampet tidur nya nyamping k kanan. sebaliknya kalo yg kanan mampet tidur nyamping k kiri. jgn minum air es. minum air panas bikin hidung lega. dokter nganjurin olahraga. olahtaga jenis apa aja tapi plg bgs renang. rhitis yg penting jaga kondisi bdn tetap fit. krg tidur dan kecapean membuat tambah parah. mkn vit. itu tips dr pengalaman sendiri. napas dr mulut sewkt tidur ato ngorok tdk baik buat kesehatan kita. kualitas tidur jelek jd bgn tdr masi cape dan ngantuk. gampang pelupa dan pikun. krn oksigen ke otak krg. bisa membuat darah tinggi jg. kebykan rhinitis pasti ngorok. saya jg.

  17. Terimakasih berat untuk artikel ini, akan saya coba cara pernafasannya
    saya sdh coba madu memang mengurangi bersin2, tapi tidak menghilangkan 100%, mungkin kalau dikombinasi dg lemon akan lbh berkhasiat. Sebelumnya saya mengatasai dgn jintan/habatusauda, ini bisa menyembuhkan bersin, tapi setelah bertahun bebas bersin dgn menggunakan jintan, khasiatnya mulai berkurang, bersin datang lagi. mungkin harus ganti jenis jintan yg lain, belum saya coba
    Salam

  18. Sekedar sharing. Saya sepertinya juga penderita allergic rhinitis sejak kecil (sdh pernah ke bbrp dokter umum tapi gak pernah di diagnose rhinitis). Setelah browsing, gejala rhinitis mirip dgn kondisi saya. Dari kecil sampai kerja, saya mengira alergi dingin tapi ternyata bukan setelah saya bekerja di luar negeri yg iklimnya dingin banget, rata2 dibawah 10 deg C. Justru di sana,saya tidak pernah menderita gejala rhinitis sama sekali,tapi sering upilan dan agak kemerahan karena bercampur dgn darah yg jumlahnya sangat sedikit. Tetapi sewaktu kembali ke Indo saat cuti, gejala rhinitis muncul lagi. Saya pernah tes alergi,mirip dgn yg Dina lakukan,hasilnya saya alergi Dacron (bahan bantal),tungau,debu,kacang tanah,coklat,udang. Saya curiga dengan Dacron, tungau dan debu. Kacang tanah,coklat dan udang tidak mungkin mjd penyebab krn saya bebas rhinitis di daerah dingin tempat kerja meskipun saya tidak pernah berpantang makanan2 itu. Dacron juga mungkin bukan penyebab,saya sudah menggunakan pillow protector anti allergy tapi tidak ampuh,tidur di lantai tanpa bantal guling pun tetap alergi.
    Kali ini saya akan mencoba tips dari Dina,semoga bisa meringankan gejala. Thanks buat tips nya ๐Ÿ™‚

  19. Aduuh rhinitis sy lg kmbuh nih hidung mampet trus mengeluar kn lendir. Awal mula sy terkena rhinitis ini wkt sering pake kipas angin semaleman gk berhnti2,, akhir ny jd gini deh.. Mw praktekin tips dr mba dina. Smoga berhasil y.. Trims tips ny.

  20. Saya nyoba pernafasan, nah tadi saya bersin dan akhirnya hidung kiri saya mampet, jdi pernafasan nya bisa dikeluarin dri mulut min?

  21. Waduh mba akhirnya saya menemukan tulisan ini, sama banget nih penderitaannya, sudah hampir 15 tahun yang lalu, masih aja begini pilek, gejalanya pun sama persis, waktu kuliah pagi sampai jam 10an bolak balik kamar mandi buat buang ingus sampai harus ngejelasin ke dosennya kalau saya kena rinitis, entah kenapa memang meskipun tau, saya orangnya agak males ke dokter, meskipun banyak sekali teman dari kedokteran, males dengan obat2an, cari yang alami saja ahaha alhamdulillah akhirnya ketemu solusi yang lebih baik dan akan saya coba, makasih banyak mba buat tipsnya ๐Ÿ™‚

  22. nah sama persis dengan kondisi om @Eddy Geil. Saya juga “(sdh pernah ke bbrp dokter umum tapi gak pernah di diagnose rhinitis). Setelah browsing, gejala rhinitis mirip dgn kondisi saya. selama saya berada di tempat yang dingin seperti dipegunungan, dan luar negeri yg iklimnya dingin banget, rata2 dibawah 0 der C. Justru di sana agak mendingan bahkan jarang sekali pilek. Tetapi sewaktu kembali ke Indo, gejala rhinitis muncul lagi. bahkan sepertinya lebih parah saat musim panas?

  23. thank infonya istri ane dah 4 tahun plek ga sembuh 2x,,,dah dicek LAB ga ada apa2x keder semoga tipnya ampuh ,,,amin au ane kasih tau istri biar dicoba

  24. Udah semingguan hidung bersin” gajelas . And finally aku yg beberapa menit lalu susah nafas skrg bener” lega mampet di hidung seketika hilang . Magic ! Thanks ya !

  25. Pingback: Gejala/Keluhan/Makanan (PART.2) | Time Teaches Us How to Love…

  26. Halo ka, terimakasih atas sharingnya. Saya juga baru mengetahui bahwa saya mengidap rhinitis saat semester 4 kuliah. Saya bingung dari kelas 2 SMA mengapa pilek dan bersin-bersin saya tidak kunjung sembuh. Setelah, saya lihat-lihat, saya akan bersin parah dan flu saat ada debu dan dingin. Ini sungguh tidak mengenakan, karena kemanapun saya harus membawa tissu. Saya tidak bisa menjadi paduan suara karena terhalang ‘dahak’ yang dikeluarkannya. Sampai sering dalam 1 hari bersin 50kali atau lebih dan alhasil badan lemas, kehilangan cairan. Ya, sebaiknya saya hrs berobat ke dokter untuk di tes alergi. Karena, biasanya dokter dokter hanya memperkirakan ini flu biasa. Tapi ini benar-benar tdk biasa. Saya berdoa agar rhinitis ini dapat sembuh. Amin ๐Ÿ˜ฅ

  27. Kalo pagi ada kesempatan jemur jgn lupa jemur matahari. Trus kalo kemana2 pake masker. Cukup membantu buat sy yg hamil.. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s