Tentang Evlin Decoration

Saya sangat hepi kalo bisa nambah temen baru. Dan salah satu efek samping dari blogging yang saya nggak sadari tadinya, adalah punya teman-teman baru di dunia maya. Sampe ada beberapa blogger yang rasanya kayak udah kenal beneran, padahal belom pernah ketemu di dunia nyata. Someday, beneran pengen deh kopdar sama semua yang sering komen-komenan dan kunjung-mengunjungi.

Apa kita bikin aja yuk yuk? *loh kok jadi melenceng topiknya* *tapi serius* Gimana? ada yang minaaaaat?

Balik topik… lalu…efek kerja di rumah, suka bosen di depan komputer sendirian….seneng banget rasanya kalo ada yang nyolek-nyolek di YM ato FB chat. So…feel free to contact me yaaaa. Soalnya saya aselinya pemalu *ditimpuk kaca*.

Eniwei… FB saya Dina Isyana Koeswojo, dan YM saya dinasti.isyana. Feel free to ‘colek colek’ me yaaa. *mure*

Lanjut ke permasalahan sebenernya yang mau saya bahas… Saya suka sungkan kalo hubungin orang yang saya nggak kenal duluan karena takutnya mereka merasa terganggu. Tapi sejak aktif blogging, saya banyak banget terbantu sama tulisan-tulisan para blogger di luar sana *tsah*. Dan dalam beberapa case, saya jadi memberanikan diri menghubungi sang blogger secara langsung lewat e-mail buat tanya-tanya lebih jauh.

Yang saya inget sih, saya pernah e-mail Angela buat tanya soal kontrasepsi *tepok jidat*, pernah FB an sama Dian soal kebaya (yang ini lupa dia atau malah saya yang tanya), dan e-mail Mbak Citra buat tanya soal fotografer dokumentasi kelahiran.

Dan respon mereka emang baik-baik banget. Malah lalu kadang jadi lanjut ngomongin yang lain juga. Intinya, saya jadi berasa dapet temen baru *semoga nggak bertepuk sebelah tangan ya*. Haha.

Nah…hampir 2 tahun yang lalu waktu saya lagi mempersiapkan wedding, saya pernah nulis tentang pilihan vendor dekorasi. Postingan itu emang selalu banyak di-view sampai hari ini. Kemungkinan karena vendor yang saya bahas memang vendor-vendor populer.

Tiba-tiba bulan April 2013 kemarin, ada yang komen, minta dikirimin budget Evlin Decoration ke e-mailnya.  Yang saya bingung, setelah itu, ada beberapa orang yang juga nulis komen, minta dikirimin budget Evlin Decoration ke e-mail masing-masing. Saya sampe sempet mikir apa saya dikerjain ya? Kenapa mendadak jadi banyak yang tanya hal yang sama gini? Totalnya ada 6 orang.

Sekitar 3 orang pertama (lupa tepatnya), saya balas ke e-mail masing-masing. Tentu saja saya balas dengan senang hati dong ya, dengan harapan bisa dapat teman baru juga. Tapi…respon mereka ini mengecewakan saya.

Yang dua orang nggak nge-reply apa-apa setelah saya jawab pertanyaannya. Padahal saya jawab dengan niat loh, gak cuma asal jawab gitu. Ya menurut saya sih, kalo mereka emang nggak mau berpanjang-panjang, sekedar ‘thank you’ aja boleh dong ya? Tapi ya saya nggak ambil pusing juga sih.

Sementara itu,  yang satu orang lagi nge-reply e-mail saya. Tapi itupun reply dengan pertanyaan lagi yang super aneh. Masa dia tanya kaya gini:

“wkt itu ud tanya tp tgl 6okt 2013 full yahh,,klo untuk tgl4okt 2013 dekor akad nikah drmh bs ga ya?brp decor drmh untuk memakai banyak fresh flower gtu,,thx”

*tepokjidat dulu*

Emangnya saya marketingnya Evlin? Haha.

Saya sampe mikir loh…apa dalam salah satu posting saya, tersirat kalo saya ini kerja di Evlin Decoration ya?

E-mail itupun tetep saya jawab dengan manis loh. Saya bilang dengan manis kalo sebaiknya dia tanya langsung ke pihak Evlin. Dan lalu…sekali lagi, e-mail saya nggak dibalas. Nggak ada ‘terima kasih’ atau ‘thank you’ at all.

Saya sempet mikir, apa saya nya yang sensi ya? Tapi bukankah itu etika dasar ya? Ya tapi ya udah juga sih, saya nggak memperpanjang, cuma heran aja kenapa mendadak banyak ketemu sama orang kaya gini.

Dan akhirnya saya pun males nanggepin permintaan-permintaan e-mail tentang ‘budget Evlin’ yang masuk berikutnya. Tapi karena saya tetep pengen bantuin, saya jelasin di sini aja ya. Semoga para bride-to-be bisa terbantu melalui posting ini.

Tentang Budget Evlin Decoration

Saya sebenernya udah pernah review Evlin Decor dan bisa dibaca di sini. Tapi sekarang saya bahas sedikit lebih detail ya.

Waktu itu konsep wedding reception saya adalah family dinner. Jadi yang saya nggak ambil paket standar pelaminan Evlin. Saya cuma kasih tahu ke mereka apa aja yang saya butuhin, lalu mereka hitung harganya berapa.

Jadi yang waktu itu yang saya ambil adalah:

  • Standing flower artificial (jumlahnya lupa. Sekitar 8 sepertinya)
  • Rangkaian bunga artificial buat di atas ‘akuarium’ (di venue Batavia Marina ada kotak display seperti akuarium berisi minatur kapal selam)
  • Sangkar burung, kristal-kristal, dan lampu-lampu natal (untuk digantung di pohon artificial yang memang sudah ada di venue)
  • Kristal-kristal di gazebo outdoor (gazebo juga memang sudah ada di venue)
  • Lampu natal untuk digantung di pohon-pohon di area outdoor (nggak inget jumlahnya berapa)
  • Taplak dan rangkaian bunga artificial untuk di family table
  • 2 meja angpao (yang bentuknya mirip mimbar)

Yak ini seinget saya aja ya…

Pada prakteknya, seinget saya, mereka banyak kasih bonus-bonus lagi. Yang pasti, hasil akhirnya cakep dan memuaskan.

Untuk item-item tersebut, saya berhasil deal di bawah 10 juta (nggak bisa nyebut angka pastinya, dan ini deal nya di akhir 2011 atau awal 2012, sementara wedding saya di April 2012).

FYI, untuk wedding di venue berupa gedung, paket mereka (dengan pelaminan), waktu itu (tahun 2012) harganya sekitar di 20 juta ke atas. Yang mana ini termasuk reasonable dibanding dengan apa yang didapat (mengingat kualitas mereka lumayan, dan dibanding vendor-vendor yang sekelasnya).

Menurut saya, nggak usah ragu-ragu buat tanya-tanya harga dekorasi dari vendor-vendor. Kalo memang akhirnya nggak deal juga nggak masalah kok, karena memang seperti itu prosesnya. Vendor dekorasi juga biasanya punya standar harga dan paket tertentu buat masing-masing venue (karena tiap venue kan beda treatment, ada yang mengharuskan pakai bunga fresh ada yang nggak), jadi sebaiknya pastikan dulu venue-nya.

Dan kalau memang udah set budget tertentu, jangan ragu-ragu buat kasihtau ke mereka. Saya juga gitu. Setelah mereka ajuin harga, biasanya saya tanya: “Kalau dengan budget sekian, dapatnya apa aja?”

Marketing yang baik akan tetap melayani dengan senang hati walaupun banyak ditanya. Dan setelah dia jelaskan, silahkan pertimbangkan sendiri, apakah mau stick sama budget dan mengurangi spek ini itu, atau mau nurut sama harga paketan yang mereka kasih.

Tapi harap diingat, dekorasi juga adalah bentuk dari seni. Buat saya sih…semua yang berhubungan dengan seni tuh pasti butuh mood yang baik. Kalo dari awal udah nawarnya kelewatan dan bikin mereka kesel karena terlalu perhitungan dan minta bonus ini itu atau komplen melulu, takutnya mempengaruhi mood kerja mereka.

Dan kalo saya sih…semua vendor saya jadikan ‘teman’. Percayalah, kalo mereka merasa hubungan kita baik, mereka juga akan lebih sukacita bekerjanya, bahkan memberi lebih daripada yang kita minta. Dan kita pun belajar untuk nggak terlalu demanding jadi nggak terlalu kecewa kalo nggak 100% sesuai keinginan. Hal ini terutama berlaku kalo kita contact nya langsung sama sang owner (bukan sama staff marketing).

Yaaa tapi emang kadang ada juga sih vendor yang kurangajyar dan nggak bisa di’baik’in *walaupun saya nggak ngalamin*. Yah pinter-pinter nya kita juga sih bagaimana harus bersikap.

Sekian dan terima kasih. Masih ada yang mau ditanyakan? *kayak abis ngajar*

 

 

33 thoughts on “Tentang Evlin Decoration

  1. hai din…*sok kenal* …
    diriku mengalami problem yg sama tuh, banyak yg minta tolong dkirimin pricelist, tp ada yg jawab ada yg lanjut jd ngobrol, ada jg yg bilang makasih…

    eh dirimu pake gester kan? diriku jg nanti pake gester… gmana menurut kamu hasilnya??

    • Hai hai!!! Eh lo bukannya udah foto prewed? Udah test make up juga dong berarti? *eh gw ini salah inget orang gak ya…*
      Gester gw puas kok sama service nya. Cuma… gw itu sukanya make up & hair do natural. Pas foto prewed, gw suka banget. Pas wedding day, gw pikir bakalan nge refer ke pas foto pre wed. Eh ternyata, rambut gw disasak, plus make up rada tebel. Huks huks…. mereka meyakinkan gw kalo segitu gak kehebohan *plus nyokap gw juga meyakinkan sih* tapi gw tetep kurang sreg, akhirnya pas malem baru dibenerin. Hehe. Tapi se menor2 nya mereka, tetep bagus kok, nggak norak sebenernya. Dan pas ngeliat hasil foto pun, gak keliatan seheboh itu. Tapi….tetep rasanya kurang ‘gw’ banget aja sih. So…cukup make sure, mau lo kaya gimana.

      • iyah foto prewednya g ambil paketan gester soalnya din…jadi itu bukan hasil make-up gester…jadi masih deg-deg-an …
        brarti harus di omongin ya yg kita mw kek gmana…

      • Iya… Gester bagus kok make up nya. Apalagi bagian mata, detail banget. Tapi ya emang pada dasarnya mau make up sama siapa aja, ya harusnya kita komunikatif soal mau kita. Ini salah gue aja sih yang terlalu pasrah. Hwahahahaha

  2. dulu2 g jg sk dpt email, tp bkn nanya2 budget, cm minta d krimin contoh dekor vendor yg bersangkutan gt. udah d reply pun diriku d abaikan sajah T_T no thanks at all jg.
    btw, g add yahh fb nya din🙂

    • Mari mari di add!!! Wah lebih tega lagi tuh kalo udah minta contoh foto lalu diabaikan. Hahahaha *puk puk*. Gw sih kayanya males deh kalo dimintain foto, suruh liat di WK aja

  3. hahahhaa😀 senasib.. gw jg suka ditanya2in, kebanyakan lebih ttg trip ke korea or cara hunting beasiswa kesana sih.. ada beberapa yg balas ramah, utk sekedar say thanks dan nanya lagi…tp ada juga yg ga balas, pdhl gw sama kaya lo.. selalu niat kalo balesin email org (berasa artis soalnya hahaha).. ayoo kapan mau kopdar.. tp lebih lucu kl u udah ada baby sih ya.. jd ga cuma mamanya yg kopdar.. baby nya juga.. wkwkk cm bener tuh kata angel.. at least 3 bulan baru bs kluar2 enakan..

    • Jadi jadi… kamu tak mau bertemu denganku kalo baby ku belum lahir *sedih*. hahahahaha jk.
      Ya gw jg bingung sih kalo sebelom lahiran, secara gw udah 7 bulan tapi belom nyiapin apa2! Padahal nyokap gw udah suruh gw siapin tas kalo in case lahiran. Maklum dia n cici gw pernah ngalamin lahiran sebelom jadwalnya

  4. hahahha kalo 1 ato 2 si bisa aja mereka yang salah nangkep din, kirain lo marketingnya evlin. tapi kalo sampe 6?? apa iya disini makin banyak orang2 yang ga mikir panjang? hahaha. gw baca postingan lo si ga berasa sama sekali lo marketingnya ya, makanya gw heran.

    btw, soal pekerja seni yg membutuhkan mood yg baik, itu pernah diomongin utin lo pas kt lagi prepare wedding. dan waktu dia ngomong gt gw ga kepikiran sama sekali padahal gw yg pekerja seni ‘__’

    • Haha ya kan yang pertanyaannya aneh itu sih 1 orang de. Yang 5 orang lagi, gw gatau deh kenapa tanya gw. Abis pertanyaannya benar2 cuma singkat gitu, gak ada latar belakangnya atau menjelaskan budget apa yang mereka maksud. Aneh ye….

      Soal pekerja seni? Hwahaha masa sih lo ga kepikiran? Gw sih suka menempatkan diri di posisi mereka *secara gw pekerja seni juga* dan bisa ngebayangin banget gimana setres nya mereka kalo gw keseringan komplen. Ato betapa malesnya mereka kasih yang terbaik kalo gw jutek mulu. Hehe

  5. Alooo dina🙂
    Kayaknya kejadiannya berlaku untuk semua blogger yg cerita soal wedding deh. Gue jg sering dpt email nanya soal harga vendor ini dan itu, pernah juga ada yg minta pendapat kl antara vendor ini dan itu bagusan mana… hahaa… padahal gue juga baru preparation sama kaya mereka..

    • Hai, Nichole. I don’t mind at all loh kalo ada yang tanya ini itu soal vendor or persiapan. Seperti gw bilang, gw juga suka tanya2 ini itu ke blogger lain. Tapi…cara tanya nya dan pertanyaan aneh nya itu loh yang bikin eke gerah. Hehe

  6. begitu pun dengan saya hahahaha… kadang bingung loh, koq mereka nanyanya via comment ato email ya, kenapa ga telp marketingnya langsung…

    kembali ke topik, biarpun gua belom liat hasilnya kayak apa, tapi gua seneng banget pake evlin… dibilang murah juga sih ga ya, mungkin kalo lu denger harganya bisa shock kali hahahaha…tapi dibanding vendor2 lain yang gua tanya, evlin itu paling murah plus item yang gua dapet juga lebih banyak… minta bonusnya juga ga pake pasang muka memelas, langsung dikasih aja hahahaha… cinta banget deh gua ama ci evlin hahahaha…

  7. Kalo gue banyakan ditanya soal dokter paru, sama dokter kandungan. Banyakan dokter paru sih, banyak banget malah heeheheh. Ada yang cocok, ada yang modar, ada macem2 deh…

  8. gua juga paling sebel kalo ada orang yang ngemail tanya2 tapi setelah dijawab dengan niat, tau2 menghilang aja. bukan nya bales bilang thank you gitu kek ya. gua pernah tuh ngalamain 1-2 yang model gitu. bikin males aja rasanya.😛

    • Iya kan. Sebenernya dari cara tanyanya aja udah rada kurang niat dan nggak jelas apa yang ditanyain. Dan sebenernya kalo 1-2 orang aja yang main babay gitu sih gw masih gapapa ya. Tapi ini kok banyak? Jadi malas deh jawab buat yang lain.
      BTW, selamat liburan ya!!! Menyenangkan banget pasti nih, pertama kali bawa Emma pergi rada jauh kan?

  9. Hayukkk Kopdarann😀

    Waktu itu gw malah pernah nanya seseorang soal review nikahan dia via email, dan dijawab detail bener.. Jadi seneng deh.. Yg pasti emailnya dibales kok, gw malah sampe makasih2 krn mau luangin waktu jawab email dr orang yg ga dikenal.🙂

  10. gw jd inget lo ngebahas panjang lebar ttg USSR hihihi.. *walopun akhirnya gw gak pegi sih* tapi gw makasih2 banget loh, sampe gw bacain ke laki gw.. tapi yaaaa gimana dong, katanya sekali gak boleh tetep gak boleh.. dan akhirnya gw menyesal pergi ke Sgp tanpa ke USSR :p

  11. Itu gw yang nanyaaa… hahaha… gw nanya ke elo, tapi abis itu gw ga jadi bikin😦
    Eh gw juga ada yang nanya bbrp, terus sempet tek tok email bentar, bahkan ada yang akhirnya gw kasih no HP, biar wasapan aja. Ih, terus ilang tanpa bye bye loh. Boro-boro makasih… Mending no HP gw, gw kasih ke elo aja ya din?? Mau ga?? *lebih murahan lagiiiii*

  12. halo, salam kenal😀
    gue juga ngalamin yang sama tapi bukan disini, di forum yang gue ikuti
    ga ada hi atau basa-basi, tau-tau nanya cp, harga atau minta dikirimin email foto prewed/makeup/gaun2 gue
    begitu dikasi infonya, ilang, ga ada say thank you atau apapun
    pas gue visit profile dia, ternyata dia user yang ga aktif (keliatan dari jumlah post dan tanggal join forum) yang artinya dia jarang berbagi informasi di forum dan hanya minta minta minta dan minta informasi

    gue sih ga suka orang tipe seperti itu, kayak mau pas ada butuh nya dan ilang pas uda dapat apa yang dimau

  13. permisi mbak, saya mau tanya soal evlin decoration, bisa minta price listnya?
    *lariiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii sebelom ditimpuk botol susu buat bendi junior* hihihihi
    review loe meyakinkan banget sih, di ..😉

    tuh kan! yey bikin eike keki .. bilang mau ketemuan pas maen ke sini sok malyu-malyu ..

  14. GUe ga bisa komen soal persiapan2 wedding lah ya, gue masih abege gini soalnya (siap ditimpuk) tapi gue setuju soal blogging bawa banyak temen. Gue orang yang sangaaaattt ngerasain din!!! Malah bisa berasa kayak temen yang udah kenal lama. Mungkin krn kita keseringan baca blog nya jadi berasa tau banyak tentang dia ya. =)

Leave a Reply

