Scandal

Ada 2 tipe film/serial yang saya suka.

Yang pertama adalah tipe yang fun, ringan, dan gampang aja buat dinikmati. Biasanya genre-nya nggak jauh-jauh dari romance, comedy, musical, atau cartoon sekalian. Kalau film, contohnya ya rata-rata film comedy romance. Favorit saya masih While You Were Sleeping, Definitely Maybe, dan Wall-E. Kalau serial, contohnya ya kayak Friends, How I  Met Your Mother, Glee... Ditambah yang temanya crime atau kedokteran, macam Bones, Castle, NCIS, Law & Order, CSI, Royal Pains, Private Practice, dan Grey’s Anatomy (yang season-season awal. Yang sekarang udah kayak sinetron jadi males).

Sedangkan yang kedua adalah yang bikin saya bengong terkagum-kagum. Bisa karena ide ceritanya yang menurut saya keren banget, skenario yang nggak ketebak, teknik shooting yang unik, atau alur cerita yang nggak umum. Kalo film, contohnya kayak Eternal Sunshine of The Spotless Mind, 50 Days of Summer, Buried, Looper, dan The Dark Knight.

Tapi seinget saya, rasanya nggak pernah ketemu serial yang masuk tipe kedua ini. Nggak ada tuh serial yang bikin saya amazed dan deg-deg-an sekaligus…sampai saya ‘ketemu’ Scandal.

tumblr_maq5jf6sXY1rddzyfo1_400

Sekarang sih Scandal udah kelar season-2. Kalau di Starworld, season 2-finale nya nanti malam *siap-siap pop corn*.

Waktu pertama kali liat iklannya sebelum season 1 tayang, saya nggak tertarik sama sekali. Abis nggak jelas sih tuh film tentang apa. Iklannya kurang representatif. Tapi suatu malam, lagi nggak ada kerjaan, saya nggak sengaja nyantol pas tayang episode pertama dari season 1.

Kesan pertama? Suka *tapi nggak pake banget*.

Ide ceritanya yang baru banget (buat saya), bikin penasaran. Jadi ini ceritanya tentang Olivia Pope, seorang cewe superkeren yang punya bisnis ‘crisis management’. Olivia & tim-nya bertugas mengeluarkan kliennya dari krisis yang lagi dihadapi, bukan cuma dalam aspek hukum, tapi juga sampai ke public relation-nya. Dan biasa klien-kliennya ini orang-orang penting dan petinggi yang perlu banget jaga image mereka di mata masyarakat.

Contoh pas episode pertama itu, ada seorang tentara muda yang terkenal karena berjasa buat negara, selebriti juga karena dinobatkan jadi bachelor of the year, tau-tau jadi tersangka pembunuhan pacarnya. Gara-garanya, pas dia pulang, si pacar udah tewas bersimbah darah, dan dia reflek megang jenazah nya plus megang senjata pembunuhnya juga yang ketinggalan di sono.

Kenapa dia nggak langsung ke polisi aja? Karena…waktu itu alibinya dia adalah bahwa dia lagi sama pacarnya yang sebenarnya, yang adalah seorang laki-laki juga. Nah nah…jadi ternyata dia ini gay, dan dia nggak mau ketahuan sama publik kalo dia itu gay. Sekalipun kalo dia ngaku, dia akan terbebas dari tuduhan.

Seru nggak? Haha buat saya sih seru.

Tim-nya Pope pertama-tama harus konfirmasi dulu bener nggak nih cerita si klien, jadi ada bagian investigasi juga macam di film-film crime yang lain. Tapi karena kan warga biasa ya, bukan penegak hukum, jadi proses investigasinya agak tricky, mereka harus nyamar-nyamar, deketin orang-orang yang berkepentingan, dan seterusnya. Abis itu, mereka pun harus mikirin solusi yang nggak merusak image si klien.

Saya suka idenya, saya suka ceritanya, dan saya suka dialog-dialog panjang yang isinya unik-unik-nyeleneh dan diucapkan dengan cepat. Kalo yang terakhir itu sih emang khas-nya Shonda Rhimes banget deh. Shonda Rhimes ini creator nya Scandal, yang juga creator Grey’s Anatomy  dan Private Practice. Kalo yang suka nonton serial-serial itu, pasti ngerti deh model dialog yang saya maksud.

Nah…sampe di situ aja saya udah cukup tertarik buat ngikutin serial ini. Tadinya saya pikir ini modelnya bakal kayak Bones atau Castle yang bakal kelarin 1 case per episode, dengan permasalahan yang jadi benang merah per-season yang sesekali aja diangkat.

Eh ternyata pas masuk episode 2 atau 3… iya bener sih ada benang merah nya seperti rata-rata model seri barat. Tapi bedanya….benang merah-nya Scandal ini mantep banget! Dan ternyata itu malah jadi inti ceritanya, nggak sekedar buat nyambung-nyambungin aja.

Ternyata oh ternyata… Olivia Pope adalah mistress (selingkuhan) nya Presiden Amerika!!!! *jeng jeng jeng*.

Meeen….dari sini ceritanya jadi super keren. Saya sih nggak tahu ya kondisi real politik di Amrik sono, atau kondisi di gedung putih. Tapi serial ini setidaknya memberikan gambaran yang keliatan reliable, dan seru!!! Romance-nya ada, dramanya ada, intrik-intrik dan konspirasinya ada, dan lucu-lucunya juga ada.

Kayaknya baru ini deh serial yang bisa bikin saya nonton sambil deg-deg-an saking keseruan.

Pada akhirnya, tiap kali abis nonton serial bagus, saya langsung mikir: “Kapan ya Indonesia bisa bikin seri-seri bagus kayak gini” *sambil menghela nafas*.

31 thoughts on “Scandal

  1. eh kok lo demen si din? ini kan film rempong yang complicated hahaha.
    gw juga suka benernya. kalo pas nonton gw bisa seru sendiri ga bergerak nontonnya *lebay. sampe utin suka komen, ‘km nonton apa si sampe seru gitu?’
    cuma sayangnya si utin ga suka, dan akhirnya gw ga tega kalo gw doank yg nonton, jadi belakangan gw uda ga nonton, cuma sekali2 doank.
    tapi emang si ni cerita seru banget.
    hari ini season finale gitu? nonton ah :p

  2. serial bule yg gw demen cuman CIS sama NCIS hehehe….loe suka yg mana din? kl gw sukanya CIS yg NY walaupun suka semua tapi gak ada yg ngalahin aura sama kharismanya Mac Taylor hihihi walaupun skrg udah gak pernah ntn lg, susah sabotase tv sama anak2 + papanya rebutan😀 sampe gw berandai2 kl gw punya kamar sendiri dan tv sendiri LOL

  3. Tos dulu din…
    ak ya suka serian scandal ni, jalan ceritany ndk bisa ditebak dan selalu ada kejutan
    diawal cerita keliatan semua bukti mengarah ke klien sie olivia ini tp nie cew rasanya feelingny kenceng banget yaa jadi hampir semuanya dia pake feeling.
    iya yaa gw juga kaget pas ketahuan klo kliennya di ep1 itu gay dan lbh kaget lagi pas liat presiden amerika ciuman ma olivia, gw sampai loh? loh? gmn nie? wkkwkwkw tp assistennya presiden yaa ngeh juga yaa, dan rada kasihan juga ma istri presidennya kayak org naif wkkwkwkw
    recommend banget nie serial

    • Hahahaha gak ah gak kasian sama first lady nya…Wong dia juga yang paling penuh intrik gitu kok, lebih ambisius daripada presidennya malah :p

      Eh Mir…blog kamu apa sih alamatnya? Kalo klik nama kamu, masuknya ke account gravatar dan gak ketemu link blog dari sana. Kan mau main2 juga ke blog mu

  4. Iya bener bgt Din, ciri khas Shonda Rhimes abiss itu ngomong mrepet gitu :p Gue ngikutin semua serialnya, sama Castle dan Bones juga.. Dan memang, Scandal ini top bangett.. Gue baru ngikutin dari 2 minggu terakhir ini dan lgsg ngikutin terus… Ajip bgt nih yg semalam, bisa duduk gitu Fitz nya nemenin si Olivia.. Antara seneng dia perjuangin cinta, tp itukan selingkuhan..huahaha.. Gak sabar deh nunggu tar malem.. :p

    • Haha iya bener, ngomong merepet itu Shonda Rhimes banget yak!!! Selera film kita kayaknya mirip-mirip nih.

      Ih yang kemaren itu dia nemenin Olivia, emang lumayan sweet sih…tapi gw udah terlanjur gak suka sama Fitz nya…abis penggambarannya kesannya dia cuma gila sex aja. Dikit-dikit grepe2 mulu. Trus begitu Liv nya menjauh, dia pasrah aja, balik ke istrinya.

      Tapi ini mungkin juga karena yang main kurang jago sih…haha

  5. Gue pengen nonton serial ini, karena besutannya si Shonda. Tapi belom sempet-sempet download. Baiklah ntar gue download ah… Mumpung serial-serial yang lain pada hiatus.

    Suka nonton Revenge juga gak Din? Keren menurut gue. Gue suka banget sama karakter si Emily Thorne.

    • Gw ga pernah ikutin Revenge karena kurang tertarik sama temanya sih balas dendam gitu. Tapi pas sesekali gw coba nonton juga nggak bikin gw pengen lanjutin sih. Mungkin emang gak masuk ke selera gw ya.

  6. Wah sama dong jenis serial yang disuka… yang scandal ini baru ngikutin baru-baru aja di starworld.. seru banget. Alurnya mantap…😀

  7. Eh gue belum pernah nonton nih. Ntar malem download ah.
    Anyway cuma maw cek apa selera skandal2 intrik kita sama. Gue suka banget desperate housewives, mnrt gue itu series plg keren!!!! Penuh intrik dan funny. Kalo lo juga suka mgkn selera kita sama hahaha. Gue juga suka pretty little liars dan LOST! Oh my god LOST!! Best series ever! Hahahahah jadi panjang deh

    • Wah kalo liat dari yang lo sebutin, selera lo lebih cocok sama Dea tuh kayanya.
      Gw kurang suka intrik2 yang di DH sama PLL. Abis intriknya kayak yang drama banget kan tuh. Kalo Scandal ini intriknya lebih serius, gw suka yang kayak gitu.

      Jadi kalo gw sukanya kalo yang gak ringan banget, berat banget sekalian. LOL

  8. G pernah nonton nih scandal, tapi sekelibat2 gitu, berhubung klo si kendut ngambeg kudu dipamper, jadi ga konsen nontonnya. Jadi ga gitu dpt serunya.

    Klo series us yg bikin g penasaran n seru sendiri itu 24. Aslik itu series yahud banget buat g. Terutama yg season awal, klo udah season kesekian udah rada aneh deh..

    • Ahahaha iya gw juga kayak semacam lagi ‘puas2in’ nih…Mumpung belom lahir si Baby-R, gw menggila jadi rajin nonton tipi sama bioskop. Haha.

      24 gw nggak ngikutin dari awal sih, jadi pas orang-orang bilang bagus dan gw coba nonton, udah keder deh gw ga ngerti ceritanya apaan. Tapi kayaknya kelam banget ya tuh serial.

  9. Pingback: Bicara Jokowi | Cerita Bendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s