Tentang Raka – 1 Bulan

Tentang Tidur

Sejak hari pertama, Raka udah ‘jago’ tidur miring. Kalo ditaro di ranjang tanpa dibedong, dia bisa langsung miring kiri atau kanan lalu pules. Di hari ketiga, abis disusui, saya taroh dia di box RS (yang kecil itu). Saya balik badan sebentar cuma buat ambil minum, dia udah ganti arah dan ‘mentok’ ke dinding box-nya. *tepokjidat*

Masih di RS tidurnya udah kayak gini

Masih di RS tidurnya udah kayak gini

Raka juga sangat gampang tidur. Jaraaang banget dia harus digendong-gendong sebelum tidur. Kalo pagi-siang sih dia emang moody, kadang tidur mulu, kadang seger seharian. Tapi kalo malem, jam tidurnya lumayan teratur. Kalo udah waktunya tidur, tinggal disusui, matiin lampu, taro di box, lalu tepok-tepok sampai dia pules.

Dalam semalam, Raka bakal bangun 2-3 kali buat minta susu. Tapi setelah selesai nyusu, dia bakal langsung tidur lagi dengan gampangnya *maminya seneng*.

Tapi ada kondisi-kondisi yang suka bikin saya senewen….yaitu BAB di malam hari. Bukan apa-apa…kalau udah BAB, lalu saya bersihin pantatnya, hampir selalu Raka jadi cegukan, mungkin karena kena dingin-dingin kapas basah? *entah apa hubungannya*. Dan kalo udah cegukan, matanya langsung melotot dan seger. Kalo udah seger gini, pe-er banget deh nidurinnya.

Thanks God… masa-masa itu udah berlalu. Soalnya udah 2 minggu belakangan, Raka nggak pernah BAB di malam hari lagi. *anak pinter*.

Supaya tidurnya anteng dan lama, pilihannya Raka harus dibedong atau ditengkurepin. Nah ini harus pinter-pinternya saya yang ngerti kapan dia maunya dibedong dan kapan maunya ditengkurepin aja. Tapi seringnya Raka bisa mengkomunikasikannya ke saya dengan cara tertentu, jadi saya nggak bingung.

Yang lucu, hampir tiap malam, Raka ngigo. Ngigonya pun seru kayak lagi ngobrol lalu ketawa-ketawa sendiri. Heran, padahal sampe sekarang dalam keadaan sadar, dia belum bisa ketawa. Tapi kalo lagi setengah mimpi, sering banget ketawa. Belakangan, ngigonya makin seru dengan volume membahana. Bisa tau-tau menjerit, tau-tau kayak mau nangis, lalu ketawa-ketawa. Bikin Maminya kagetan aja.

Dan seperti Papinya, Raka nggak bisa diem banget kalo tidur. Kalo tidur tengkurep, dia bisa merayap-rayap dan gonta-ganti posisi lumayan ekstrem buat bayi seusianya. Pernah suatu pagi saya mendapati posisi tidur Raka udah rotate 90 derajat. Di hari lain, saya keluar kamar sebentar dan pas balik, mukanya udah nempel ke pinggiran box. Ya ampyuuunnn belom bisa tengkurep aja udah kaya gini. *siap-siap pasang pager di mana-mana*

*tepokjidat*

*tepokjidat*

Dulu, sebelum ada Raka, kalo lagi tidur, saya sering banget dipepet Mas Ben sampe ujung ranjang, atau guling saya direbut, atau bantal saya mendadak ditarik paksa. Tentunya semua dilakukan dengan tidak sadar *ya iya lah kalo sadar mah udah saya toyor kali*. Pokoknya saya wanita yang tertindas deh di tempat tidur *kalimatnya ambigu* :p

Nah sekarang, tambah lagi penindas nya. Kadang, kalo tidur siang pas weekend, Raka suka kami ajak tidur di antara kami (nggak di box). Dan suatu hari saya pun tergeser sampe ke pojooook ranjang hampir jatoh gara-gara duo penindas ini kompakkan geser-geser mulu ke arah saya. Heran…pada demen banget sih mepet-mepet saya *huh* *kibas rambut*.

Duo penjajah saling menindas

Duo penjajah saling menindas

Lagi kompak

Lagi kompak

Tentang Jalan-Jalan

Sejak umur 1 minggu, Raka udah keluar rumah. Ya iya lah ya…kan harus kontrol ke dokter anak. Lalu juga dia harus ikut pas saya kontrol jahitan. Lalu di umur 2 minggu, Papi Maminya mulai nggak betah di rumah dan sekali-sekali ngajak Raka jalan-jalan.

Kita emang udah memutuskan mau mendisiplin Raka duduk di car seat tiap naik mobil, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat…dan membiasakan duduk stroller kalo lagi jalan-jalan.

Awal-awal trial car seat, Raka dalam keadaan ngantuk jadi dia langsung tidur dan nggak ada masalah. Tapi kemarin ini, kami sempet trial car seat lagi keliling Kelapa Gading dan Raka nggak tidur. Dia duduk ngeliatin jendela. Not sure sih udah sejelas apa penglihatannya, tapi karena itu malam, mungkin lampu-lampu jalan dan toko menarik buat dia.  Dalam perjalanan pulang, Raka nangis kejer dan mulutnya mangap-mangap kayak minta susu. Padahal dia baru nyusu, jadi sepertinya dia cuma manja-manja aja pengen digendong.

Saya mulai goyah, rasanya belum pernah liat Raka nangis seheboh itu. Tapi Papinya kekeuh nggak boleh diangkat. Mas Ben ingetin kalo bayi nangis tuh bukan karena dia sakit atau sedih seperti orang dewasa nangis. Tapi bisa jadi cuma bentuk komunikasi supaya digendong aja. Kan dia nggak bisa ngomong, jadi dia nangis.

OK saya pun meneguhkan hati. Akhirnya Raka diem. Saya pikir dia diem karena kecapean nangis dan teriak-teriak lalu ketiduran. Eh ternyata nggak tuh. Dia bener-bener diem, anteng ngeliatin jendela lagi, sampe rumah.

Dan sejak itu, tiap ditaruh di car seat, dia nggak pernah komplen lagi. Duduk diam-diam ngeliatin jendela. Semoga kayak gini terus ya.

Kalau soal stroller, kita emang nggak terlalu strict lah. Kalo dia bosen dan nangis, tetep kita gendong sebentar lalu ditaruh lagi. Tapi seringnya sih kalo stroller nya dalam keadaan jalan, Raka betah di situ sambil tengak tengok kiri-kanan. Hihi pecicilan.

Gaya jalan-jalan

Gaya jalan-jalan

Tentang Mandi

Raka sukaaaa banget mandi. Saya udah mandiin dia sejak hari pertama kami pulang ke rumah. Dan sejak itu, cuma 2 kali dia nangis pas lagi mandi. Itu pun nangisnya karena laper tapi saya ‘paksa’ mandi dulu karena nanggung. Hihi.

Saking sukanya, kalo dia lagi nangis lalu ditaro di atas meja yang saya fungsikan sebagai baby taffel, nangisnya langsung diem. Ini beneran udah dicoba berkali-kali loh…tiap kali ditaruh di situ, dia langsung diem seolah nunggu mau dimandiin. Setelah beberapa menit dan dia sadar nggak bakal dimandiin, baru deh dia nangis lagi. LOL.

IMG-20130914-WA0012

Hepi abis dimandiin

Hepi abis dimandiin

 

Tentang Sifat

Menurut pengamatan Papi Maminya, Raka ini suka keramaian dan suka difoto. Haha ini sih tebak-tebakkan aja. Lha wong baru umur 1 bulan mana jelas sih sifatnya.

Gara-garanya…tiap kali lagi ada temen-temen ke rumah atau kami lagi ke rumah saudara yang ramai, Raka selalu segar dan nggak rewel, sekalipun itu adalah jam tidurnya. Dia bakal melek terus dan diem-diem aja either dia ditaruh di atas ranjang atau digendong. Ini mah sifat Papinya banget deh.

Kalo soal foto… auntie Vira udah sempet ngomong tuh. Waktu dia foto-foto sendiri sama Raka, Raka udah ngantuk banget, tapi matanya dimelek-melekkin selama ‘sesi foto’. Begitu Vira selesai foto dan taruh HP nya, Raka langsung merem.

Kejadian lagi, pas sesi baby photo beneran hari Sabtu lalu. Saya sengaja pilih jam 8.30 pagi karena biasanya Raka tidur pules setelah mandi pagi. Jadi saya pikir enakkan foto pas dia lagi tidur supaya nggak rewel dan gampang arahin gayanya. Lah yang ada, raka segar pagi itu. Dan waktu diarahin gayanya, dia nurut-nurut aja.

Sepanjang sesi foto yang sekitar 1,5 jam, Raka melek terus, nggak cranky, dan kooperatif banget deh. Hasil fotonya jadi cakep-cakep deh soalnya bisa dapetin mata dia pas lagi melek gede. Kelar foto-foto, barulah dia tidur pules. Ih, nak…tau aja kalo mau difoto siiiiih.

"Smize!!!!"

“Smize!!!!”

Tentang Pertumbuhan Fisik

Jumat kemarin, Raka baru kontrol satu bulan. Beratnya 5,1 kg, dan tingginya 54,5 cm. WOW.

Pantesan aja… saya udah berasa kalo menyusui Raka kok jadi nggak muat di kursi yang biasa. Kakinya mentok sana sini. Udah gitu, car seat nya kok juga jadi makin sempit, senderan kepalanya sampai harus saya tarik-tarik biar agak naik.

Kiri - umur 1,5 minggu Kanan - umur 1 bulan

Kiri – umur 1,5 minggu
Kanan – umur 1 bulan

Dan…beberapa jumper newborn nya terpaksa dipensiunkan. Padahal ada beberapa yang belum pernah dipakai *hiks*.

Sekarang Raka udah pake jumper ukuran 3 months, padahal umurnya baru sebulan *tepokjidat*.

size 3 months

size 3 months

Tentang Skill

  • Matanya udah bisa ngeliat. Kalo lagi nangis manja, diputerin mainan di atas box-nya, dia bakal diem memperhatikan sampai putaran dan lagunya habis.

2013-09-11 17.28.43

  • Udah bisa gonta-ganti posisi kepala dengan mudahnya dalam posisi tengkurep
  • Udah bisa mainin ludah sampai berbusa-busa *eew
  • Udah bisa clamitan ngenyot tangan *hiks*
Enak banget ya, nak?

Enak banget ya, nak?

  • Kadang udah bisa senyam-senyum kalo digodain
  • Kalo lagi digendong ‘berdiri’ nempel pundak untuk burping, kakinya udah bisa nendang-nendang kenceng ke paha saya sampai badannya ikut naik turun *ini kok kayak anak gede banget ya?*
  • Udah kurang suka digendong ala bayi. Maunya nempel di pundak atau hadap ke depan kayak anak gede sambil clingak-clinguk kanan kiri *padahal lehernya belum kuat-kuat banget*

Btw… saya baru nemu foto saya lagi jongkok-jongkok di rumah sakit. Sini saya pamerin

Bukaan 2 dan kontraksi tiap 10 menit

Bukaan 2 dan kontraksi tiap 10 menit

16 thoughts on “Tentang Raka – 1 Bulan

  1. keliatan banget nambah gede nya cm dlm waktu bbrp minggu yah.. wah wah… Raka lucu deh Din, tiap kali liat foto nya bikin senyum2.. haha… My fave is the one titled “hepi abis dimandiin”, dia nya ngeliat ke elo dgn muka bahagia gitu.. hahaa..

  2. Buset sebulan 5,1 kg sih yahud juga din. Kenny 2 bulan baru 5,5 kg. Haha
    Dan dari list skill nya,udah kaya bayi 3 bulan ya..
    Sehat-sehat terus ya Raka…

  3. Aaaaa.. Raka lucu bangeeet.. gemesiiiin..
    Itu tidurnya rusuh yaaa, bisa muter2 gitu.. hahaha

    Soal carseat, berarti emang harus tahan2an ya Din sama anak.. tunggu siapa yang menang.. anaknya atau ortunya.. hihihi.. Tapi hebat udah anteng di carseat..

    Haaah.. baca ini jadi elus2 perut deh, ga sabar pingin main juga sama yang lagi nendang2..

  4. din, raka udah didoktrin jadi fans man-u yaaa hahahaha🙂

    btw, from what I learn in school, bayi itu masih bure – burem penglihatannya sampe 6 bulan baru mulai bisa keliatan jelas .. you can stimulate his vision using solid colour like black, red, and white😉

  5. hiahaha cepet yaa gedenya. berarti susunya cocok banget tu din😀
    eh eh berarti baju newborn gak usah beli byk2 dong ya, hedeh gw uda beli yg 7 pcs + 1. Kalo cuma sebulan doang muatnya sia2 sekaliiiiih.
    ayo cepet di pamerin fotonya raka😀

  6. Pingback: Si Model Cilik | Cerita Bendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s