Tentang Raka – 2 Bulan

Tentang Fisik

Berat badan 6,4 kg
Panjang badan 60 cm

Pantesan aja saya udah gempor bener kalo harus gendong Raka lama-lama. Bukan karena beratnya tapi lebih karena panjang badannya yang bikin rempong kalo harus gendong dalam posisi tiduran. Apalagi tenaganya kuat bener. Kalo lagi ngamuk, Raka bakal kakuin badannya dan nendang-nendang kenceng. Abis itu, dijamin yang gendong langsung ngerentek.

Head support car seat nya pun akhirnya dilepas. Soalnya seat belt Raka udah harus dinaikkin satu lubang karena udah kekecilan… dan menurut manualnya, head support udah ga boleh dipake kalo seat belt nya bukan di lubang paling bawah.

Memang lebih enak dilihat sih. Keliatan lebih lega dan nyaman buat dia.

Sesak, mamiiii!!!!

Sesak, mamiiii!!!!

Naaah ini baru enak

Naaah ini baru enak

Raka juga udah disunat tanggal 11 Oktober yang lalu. Mas Ben malah sebenernya pengen Raka disunat langsung setelah lahir. Tapi dr.Tiwi anjurin setelah 1 bulan dan sebelum 2 bulan. Jadilah tanggal 10 saya bawa Raka konsultasi ke dokter bedah anak. Ternyata Raka memang fimosis dan harus disunat. Besoknya pas pula sang dokter ada jadwal operasi. Langsung deh didaftarin.

Dan bener kata orang, bayi sembuhnya lebih cepet, perawatannya gampang, rewelnya pun cuma sedikit dan sebentar.

Tentang Tidur

Selamat tinggal masa-masa Raka tidur dengan mudahnya. Sejak matanya mulai bisa ngeliat, Raka jadi sedikit lebih rewel dan perlu digendong dulu sebelum tidur.

Sebenernya menurut saya sih… itu pun Raka masih termasuk easy baby. Apalagi sejak saya menerapkan sleeping routine.

Sekali lagi… thanks to whattoexpect.com!! Saya baru tahu kalo rutinitas tidur itu bisa dikenalkan sejak bayi. Saya tadinya cuma ngikut aja kapan Raka mulai ngantuk lalu matiin lampu supaya dia lama tidurnya. Alhasil pernah dia baru pules sekitar jam 12 malam. Yang ada, maminya teler deh.

Jadi rutinitas tidur Raka dimulai sekitar jam 7 malam. Masuk kamar, diawali dengan massage ringan *lucky him…bapaknya aja jarang eke pijet haha* sambil ngobrol. Lalu ganti baju tangan panjang dan celana panjang, lalu baca buku cerita alkitab, berdoa, matiin lampu, dibedong (masuk bulan kedua dia malah balik lagi suka dibedong waktu tidur) dan gendong-gendong sambil nyanyi sampai Raka bobo sekitar jam 8 atau 8.30.

Setelah diulang-ulang beberapa hari berturut-turut, saya ngerasa makin gampang ngajak dia bobo. Bobonya lebih anteng, jam bangunnya pun teratur. Raka bakal bangun 2x, sekitar jam 1 dan jam 5 subuh buat nyusu lalu langsung bobo lagi.

Jam 6.30 Raka bakal bangun dengan mood yang happy. Timing yang pas buat ‘anter’ Papinya sampai ke pintu depan buat berangkat kerja dan langsung dilanjutkan jalan-jalan keliling komplek pake stroller.

Jadwal Raka teratur, emaknya pun hepi.

Urusan bobo malem beres…sementara bobo siang malah acak-acakan. Sekali lagi karena udah mulai ngeliat, Raka jadi sering bangun terus sepanjang pagi sampe sore. Dia sibuk liat sono sini… ngajak ngobrol, dan ogah dicuekin. Nggak rewel sih… tapi saya jadi susah kalo mau ngerjain yang lain.

Thanks God tepat sebelum Raka lahir, saya udah dapet partner baru jadi kerjaan saya nggak terlantar. Pas banget timingnya.

Tentang Jalan-Jalan

Raka semakin tertib duduk di car seat dan stroller kalo lagi jalan-jalan. BIG YEAY!!!

Raka udah hampir gak pernah nangis kalo duduk di car seat. Palingan dia cuma teriak sedikit lalu diem lagi. Raka udah ‘lulus’ perjalanan panjang PP Jakarta-San Diego Hills Karawang dan Jakarta-Bogor. Pernah juga kita pergi seharian dari pagi sampe malem ke beberapa tempat di Jakarta, dia nggak rewel sama sekali.

Most of the time, dia langsung merem lalu ketiduran begitu ditaro di car seat. Kalopun nggak, ya dia bakal diem-diem ngeliat jendela sambil sesekali jerit kecil. Entah kesenengan atau kebosanan… saya nggak ngerti. Yang penting nggak nangis atau rewel. Haha

Aaaah I love Coccoro. It makes my life easier.

Tampang nge-cool sambil memandangi jendela. Macam adegan video klip

Tampang nge-cool sambil memandangi jendela. Macam adegan video klip

Duduk di stroller pun sekarang dia udah lebih betah, asalkan dia bisa liat muka orang yang jalan bareng dia. Raka sering dongak buat ngeliat siapa yang dorong. Sebenernya handling Aprica Karoon bisa dibalik jadi bayinya menghadap kita, tapi manuvernya jadi kurang nyaman. Solusinya, Mas Ben dorong stroller sementara saya jalan di samping Raka sambil ‘ngajak ngobrol’. Dengan solusi ini, Raka hampir ga minta digendong sama sekali selama jalan-jalan.

Di stroller pun nggak komplen

Di stroller pun nggak komplen

Maminya hepi deh. Makin nyaman jalan-jalan sama Raka.

Tentang Komunikasi

Perkembangan signifikan Raka di bulan kedua adalah NGOCEH.

Ya ampun nih anak cerewet sekali sampe gemeeeeees.

Kalo kita ajak ngobrol, dia bakal nyaut dengan bahasa bayi, dengan ekspresi yang sangat antusias seolah ngerti. Kadang-kadang alis matanya naik sebelah. Dan ‘obrolan’ ini bisa berlangsung bener-bener lama sampai setengah jam sampai saya cape sendiri.

He’s so adorable!!

Tentang Karakter

Raka is such a happy baby who knows how to make people love him.

Walaupun sepertinya nggak masuk akal dan nggak disengaja, ada banyak kelakuannya yang sooo unyu…. *masih jaman gak sih ngomong unyu?*

Contohnya… suatu malam, Mas Ben pulang waktu Raka udah di dalam gendongan saya, siap tidur, dan matanya udah hampir merem. Saya ngelarang Mas Ben cium karena hari itu agak susah nidurin Raka dan saya nggak mau dia bangun… jadi Mas Ben cuma berdiri di sebelah saya sambil ngeliatin Raka.

Tau-tau Raka buka mata sedikit, ngelirik ke arah Papinya, senyum lebar, lalu merem lagi…dan nggak lama kemudian tidur pules.

Di lain waktu… Raka lagi tiduran di atas ranjang dikerumuni sodara-sodara Mas Ben. Saya lagi di luar ruangan. Begitu saya buka pintu dan masuk, mata Raka langsung fokus ngikutin ke mana saya pergi lalu jerit kecil manja, seolah minta digendong saya.

Ya ampun nak… pinter banget sih ambil hati orang….

Raka juga murah senyum. Tiap pagi waktu dia bangun, saya suka cium pipinya sambil menyapa “pagi, Raka!!!” Dan dia akan membalas dengan senyuman termanis yang pernah saya lihat sepanjang hidup.

Kedipin ah

Kedipin ah

Tentang Skill

Tadinya saya pikir Raka bakal cepet tengkurap karena sejak baru lahir udah sering tidur miring-miring.

Eh ternyata semakin gede, dia malah makin jarang tidur miring. Kalo ditengkurepin pun… dia nggak pernah angkat kepala tinggi. Paling-paling cuma gonta ganti arah kepala kiri dan kanan. *keberatan pipi kali ya? hihi*

Saya pikir ini wajar aja lah. Malah termasuk cepet. Kan setau saya bayi bisa tengkurap sendiri di umur 3-4 bulan. Tapi saya liat anak-anak temen saya udah pada bisa angkat kepala cukup tinggi di usia 3-4 minggu.

Wah saya jadi semangat nih… jangan-jangan Raka belum bisa karena saya kurang kasih kesempatan aja. Soalnya saya tengkurepin dia justru kalo dia udah ngantuk atau udah tidur dengan harapan tidurnya gak kagetan.

Saya lupa tengkurepin dia pas lagi bangun dan seger biar bisa latihan. Maklum ya, ortu baru… suka nggak kepikiran.

Dan paaaaas waktu umurnya 2 bulan, mendadak Raka bisa angkat kepala cukup tinggi dan cukup lama.

Good job, nak!

Yeay!

Yeay!

 

Detail banget ya posting ini…? Haha ya biarin deh…mumpung Maminya masih semangat. Bentar lagi juga males nih kayanya. hehe

20 thoughts on “Tentang Raka – 2 Bulan

  1. bok, kok lo bisa punya steam rambut yg gede kayak di salon itu siy??? (poto terkahir) *salah fokus banget ya*
    eh raka udah gede yaaa.. kayaknya emang bongsor tuh anaknya =) gemes liat pipinya hihhihi… ceritain dong asi-mengasinya raka + clodi yg oke *rekuest* =P

    • Nih gw copas jawaban gw ke semua yang tanya soal steamer: Huhu dasar hair steamer pencuri ketenaran!! Itu lagi di rumah nyokap, punya nyokap yang rajin nge-roll rambut 2-3 hari sekali.

      OK OK nanti kalo udah sempet kita bahas ASI mengasi dan Clodi yak

  2. Beratnyaaa *melongo* udah mau nyalip Madeline nih bentar lagi.

    Oalah ternyata emang kalo pake infant insert-nya, cuma bisa shoulder strap paling bawah toh? Pantes! Begini nih kalo manual gak dibaca hehehe…

    • Iya gw waktu baca BB nya madeline juga bingung, ini si Raka kok esktrem banget ya BB nya. Pantesan tiap malem badan gw ngerentek.

      Coccoro yang EG ini infant insert sama head support nya kepisah, jadi infant insert nya masih gw pake, kalo gak mblesek badannya si Raka

  3. Masaolo, Raka.. beratnya cuma beda sekilo sama Kenny.. montok sekali kamuuu..
    Enak ya klo baby bisa anteng klo dibawa jalan2.. g selalu degdegan klo ajak Kenny jalan. Antara bisa anteng atau ngga di stroller.. itu duluuu..sekarang??? Pasti ga betahan. Maunya diangkat ato digendong trus *lap keringet*

    Dan g jg punya pertanyaan yg sama kaya Melissa, kok ada steam-an rambuttt? Hahahahha

    • Nih gw copas jawaban gw ke semua yang tanya soal steamer: Huhu dasar hair steamer pencuri ketenaran!! Itu lagi di rumah nyokap, punya nyokap yang rajin nge-roll rambut 2-3 hari sekali.

      Yaaaa semoga Raka betah terus ya di stroller. Sekarang aja pundak gw udah sering kemeng. huhu

  4. gw juga mo komen soal steam rambut ala salon di poto terakhir ..
    btw, sehat – sehat terus ya rakaaaaaaa … cepet gede biar bisa ikutan ngeblog hahahaha .. ga penting emang komen gw!

    • Nih gw copas jawaban gw ke semua yang tanya soal steamer: Huhu dasar hair steamer pencuri ketenaran!! Itu lagi di rumah nyokap, punya nyokap yang rajin nge-roll rambut 2-3 hari sekali.

  5. Pinter bener ih Raka, gemess dehh.. Btw Din, lu agak sedikit membuat gw lega deh.. Ternyata ngurus anak bayi itu bisa tetep happy yahh.. Abisan tiap ketemu spupu2 gue semua pada ngeluh.. Emang pasti capek sih, cuma klo dah ngeluh kan bawaan jadi berat bener keknya ngurus bayi..heheh

  6. raka 2 bulan udah 6 kilo din? *melongo* mimi susu nya pinter ya raka ga di perut ga pas uda keluar hehehe soalnya ponakan gue 5 bulan baru 6Kg beratnya.

  7. wakkakakka sblom baca komen2 org, pertanyaan gw yg langsung muncul adalah “steam rambut” itu.. kok u bs punya gitu sih, asik bgt kl buat creambath2an di rmh yah hahhaa.. btw senangnya raka betah di stroller yah.. si jun dl betah.. skrg boro2.. baru ditaro udah meronta2 ga mau.. dia maunya dititah jalan or digendong.. haizzz…

    • Huhu dasar hair steamer pencuri ketenaran!! Itu lagi di rumah nyokap, punya nyokap yang rajin nge-roll rambut 2-3 hari sekali. Iya lah kalo udah mau jalan pasti ogah di stroller diem-diem

  8. Gile Din… anaklu mah ngebut banget gedeinnya! Ckckckckckck… Biasa itu di atas 3 bulan baru double berat lahir. Canggih deh!

    Soal motorik, tenang aja, nanti juga udah bakalan bisa sendiri pada waktunya. Kan ada range timenya tuh. Kalo udah lewat jauh dari rangenya, baru deh elu kawatir. Sekarang sih sante aja. Raka toh tinggi kan, jadi pasti tetep akan mudah bergerak.

  9. Pingback: Klarifikasi | Cerita Bendi

  10. Dina, saya mo berguru soal ngajarin cara tidur..ini bagemana sih? baby Ethan jadwal tidurnya gw ikutin semau dia, yang ada jam 2 pagi ngajak maen dong! gimanaaaaaa ini???

Leave a Reply

