Tentang Raka – 3 Bulan

Kok perasaan cepet amat ya udah 3 bulan aja. Perasaan belum lama deh bikin catetan 2 bulan Raka. Moga-moga saya cukup rajin ya buat terus nulis perkembangannya tiap bulan *elap keringet*.

Tentang Fisik

Berat Badan 7,2 kg
Tinggi Badan 63 cm

Tiap kali ketemu orang, pasti dikiranya umur 5-6 bulan. Haha lebay bener nih anak bongsornya. Belom lagi pahanya yang *kata papinya* kayak logo Michelin. Eh tapi pas saya bayik juga kayak gitu sih pahanya. *tutup muka*

Waktu lagi nontonin saya mandiin Raka, Omanya sampe komentar: “Mm… nanti bisa kurusan gak ya?” *dengan nada kuatir* *hiks*

Raka juga udah pake baju ukuran 6-9 bulan. Tapi ini memang ukuran merk Carter’s yang sepertinya memang standard size nya agak mungil *soalnya kalo merk-merk lain dengan size yang sama sih masih kegedean*.

Tadinya, baju-baju ini saya simpen karena pikirnya belum bisa dipake sekarang. Untungnya kemaren ini saya iseng-iseng ngeluarin dari kotaknya, dan ternyata udah muat aja dong. Ngepas pula. Yaaaa lumayan lah mungkin bisa dipake 1-2 bulan ke depan. Btw kaos kakinya (sepaket sama jumper nya) udah nggak muat aja. Langsung masuk kotak buat adenya Raka nanti.

Sensor paha akuuuuu!!!!

Sensor paha akuuuuu!!!!

Tentang Tidur

Tidur malam masih teratur. Setelah ‘ritual’ baca buku cerita Alkitab dan berdoa, nggak butuh waktu lama buat boboin Raka. Kalopun pergi-pergi dan pulang malem, sampe rumah juga langsung tidur dengan mudahnya.

Setelah ‘lulus’ bobo malam yang teratur, sejak lewat umur 2 bulan, saya mulai disiplinkan jam tidur siangnya juga. Thanks God, sepertinya Raka memang sangat adaptif dan gampang diajarin. Sekitar 3 hari, jadwal nap nya udah bisa dibilang predictable.

Sekarang, Raka bakal tidur siang 3-4x. Jam 10 pagi, Jam 1 siang, Jam 3.30 sore (yang ini optional), dan jam 4.30 sore. Masing-masing dengan durasi setengah sampai satu jam.

Kadang sih ada special case misalnya abis diajak pergi-pergi, yang bikin jadwal nap nya berantakan. Tapi ini sih jarang terjadi. Sekalipun lagi di luar rumah, dia tetep tertidur sekitar jam-jam itu.

Tentu saja ini memudahkan saya kalo mau melakukan apa-apa. Karena udah predictable, saya jadi bisa ngatur jam kerja atau beresin rumah.

Tentang Jalan-Jalan

Soal duduk di car seat, Raka udah ‘naik level’. Sekarang tiap kali didudukkin di car seat, dia langsung bobo! Nggak peduli sebelumnya dia lagi segar ceria, begitu duduk di car seat seperti tersihir.

Ini mah beneran anak Mak & Bapaknya. Tiap kali naik mobil dalam kondisi nggak nyetir, begitu nempel jok mobil, langsung pules. Zzzzzzzzz.

Yang lucu, kadang dia bisa seperti protes. Contohnya kalo nyetir masuk lubang dengan agak keras, atau kalau dia udah duduk di car seat agak lama tapi mobilnya gak jalan-jalan….dia bakal mengeluarkan suara, biasanya jeritan kecil dan pendek. Jeritannya baru berhenti kalo mobil udah jalan. Yaaaa walaupun nggak tahu juga sih sebenernya dia jerit itu kenapa ya…

Pose tidur di carseat *mirip kayak di perut*

Pose tidur di carseat *mirip kayak di perut*

Duduk di stroller juga semakin betah. Kalo sebulan lalu dia betah di stroller kalo dalam keadaan jalan (atau kalo dianya lagi tidur *ya eyalah*)…. Sekarang dia bisa anteng duduk di stroller nungguin Papi Maminya makan di mall. Emang sih awalnya karena saya gantungin mainan di strollernya. Tapi lama-lama… pernah saya lupa bawa mainannya, dan dia tetep anteng liat-liat sana sini sambil ngoceh sendiri.

Tentang Berenang

Sabtu, 2 November 2013, pertama kalinya Raka berenang, menggunakan pool dan neck ring hadiah dari Angela.

Pe-er banget ya tuh ngisi airnya. Hihi. *ngintip tagihan PAM*

Reaksinya? Raka keliatan excited.

Ga ada ekspresi takut atau bingung sama sekali, dia langsung aja meluncur dari satu sisi kolam, muter, tendang dinding kolam, lalu meluncur ke sisi lain. Astagah. Pantesan waktu di perut juga heboh bener… Kayak gini toh kelakuannya…

Cuma ada sedikit kedudulan Maminya nih… Saya pasang neck ring nya kebalik (lock nya di depan), akibatnya, mulut Raka sempet hampir kemasukan air. Hihi.

Setelah itu, Raka udah beberapa kali lagi berenang, dan setiap berenang selalu excited. Pengen rasanya saya bawa ke kolam renang beneran yang lebih gede. Tapi mungkin nanti tunggu umur setahun kali ya.

Ada yang bisa rekomendasi kolam renang mana yang relatif bersih?

Happy Face

Happy Face

Tentang Skill

Tertawa

Bisa dibilang ini highlight pencapaian tiga bulan Raka nih. Kalo ketawa dalam arti senyum-senyum dengan mulut terbuka lebar sih Raka udah sering dari umur sebulan. Sejak itu, kita nunggu-nunggu Raka bisa ketawa ‘ngekrek-ngekrek’ (baca: tertawa cekikikan yang keluar suara).

Rabu, 6 November 2013 malam. Saya baru aja mau mulai ritual tidur dengan Raka. Saya aja dia ngobrol

“Raka…kapan nih mau ketawa….”
“Ang..kuu…. Au…. Eng..gee….”
“Iya…kapan mau ketawa… ketawa yang he he he gitu…. HE…HE…HE….”

Lalu tau-tau dia ketawa beneran!

Saya langsung ngulang ngulang “HE…HE…HE…” dan dia ketawa lagi dan lagi!! Lucu deh…dia ketawa dengan ekspresi yang bingung, seolah gak kenal sama suara yang keluar dari mulutnya itu.

Setelah itu, Raka bakal ketawa untuk banyak hal yang nggak saya ngerti *ya namanya juga bayi yaaa*. Tadi malam dia ketawa-ketawa pas denger saya ngomong sambil bisik-bisik *bingung*.

Menggapai

Kalo dulu, dikasih mainan dia cuma fokus ngeliatin aja… sekarang udah ada perkembangan, tangannya udah mulai berusaha meraih mainannya. Karena itu, sekarang dia udah mulai bisa main sendirian. Cukup ditaro mainan di sampingnya, nanti dia goyang-goyangin sendiri.

Btw…mainan di bawah ini namanya apa sih? Ada yang tahu? Bentuk bagian bawahnya membulat dan ada pemberatnya (jadi bisa bergerak bolak balik dan nggak akan terjatuh). Ini mainan kesukaan Raka. Mami saya bilangnya ‘wak wak gung’ tapi kalo ke toko mainan dan tanya dengan nama itu, mbak-mbak nya nggak ada yang ngerti *ya eyalah*

#bukankuis: apakah nama mainan ini?

#bukankuis: apakah nama mainan ini?

Menggenggam

Kalo yang ini sebenernya baru mulai-mulai menjelang umur 3 bulan. Yang pertama digenggam tuh bajunya sendiri. Mendadak Raka sering banget jadi seksi pamer puser gara-gara bajunya ditarikkin terus. Tadinya saya pikir gak sengaja… tapi setelah berkali-kali kejadian, saya baru ngeh kalo dia lagi develop skill menggenggamnya.

Setelah bosan sama bajunya, dia selalu tertarik sama kain-kain lain di sekitarnya. Mulai dari baju saya, rumbai-rumbai jeans, dan sarung bantal, semua ditarikkin. Untungnya rambut saya super pendek jadi gak ikut dijambakkin.

Nah lalu naik level lagi nih… dia mulai-mulai meraih ratlle nya. Kadang bisa megang walau sebentar. Lumayan banget lah ya….

Terakhir, dia mulai bisa megang Sophie dan masukkin ke mulutnya. Walaupun pertamanya harus saya taruh di telapak tangannya, dan setelah beberapa menit dia bakal teriak-teriak karena kaki si Sophie nyangkut di pipinya nggak bisa keluar. LOL. *tetep aja maminya bangga* *namanya juga anak sendiri* *gak boleh protes*

Toloooong! Sophie nyangkut di pipi!!!

Toloooong! Sophie nyangkut di pipi!!!

Berguling/Tengkurap

Beloma bisa! Haha…. kalo komen dokternya: “Kamu endut siiii….”. Hihi iya kayanya, padahal dulu waktu masih newborn dan langsing, dia udah jago miring-miring. Sekarang malah kayaknya berat bener tuh badan. Eh tapi kemajuan kok, sekarang kalo ditengkurepin, dia udah bisa memposisikan tangannya dengan benar tanpa dibantu. HORE!

IMG_20131120_092740

Tentang Sekolah Minggu

Sekolah Minggu? Iya… sejujurnya saya juga baru tahu di gereja saya ada kelas sekolah minggu buat bayi seusia Raka. Waktu pertama diajak, saya kurang berminat karena mikir repot dan ramenya tuh kelas. Saya pikir nanti aja deh setidaknya kalo Raka udah bisa duduk jadi lebih bisa menikmati dengan duduk sendiri *padahal maminya aja males gendong*

Apalagi saya mikir…. di Sekolah Minggu kan pasti diajarin nyanyi-nyanyi aja lah ya… kan masih kecil banget. Itu mah saya aja udah nyanyiin Raka lagu Sekolah Minggu setiap hari. Dan emang nih anak seneng buanget kalo dinyanyiin. Lagi nangis dan bete pun langsung hepi lagi kalo dinyanyiin lagu.

Lucunya, ada 2 lagu yang sepertinya spesial buat dia: “Jalan Hidup Orang Benar” dan “Nabi Nuh”. Kalo lagu yang lain, paling dia cuma ngeliatin saya aja. Sambil senyum dikit tapi itu pun pelit. Tapi kalo dua lagu itu…langsung deh Raka ketawa-ketawa heboh sepanjang lagu.  Kenapa ya? Saya juga nggak ngerti tuh.

Nih buktinya *abaikan suara nyanyiannya*

Balik ke urusan Sekolah Minggu… Saya mulai minat bawa Raka ke sekolah minggu sejak kami diundang ke ulangtahun sepupunya Raka. Di tengah keramaian itu, di mana dia ngeliat banyak dekorasi warna-warni, ngeliat anak-anak kecil lain, ketemu banyak orang, banyak lagu, kayaknya Raka hepi banget sampe lupa nyusu. Ini bener-bener rekor…. Biasanya di siang hari, tiap 2 jam Raka udah teriak-teriak minta susu. Lah waktu itu, sampe hampir 4,5 jam dia anteng-anteng aja dan begitu sampe rumah baru minta susu.

Jadilah saya pikir…nothing to lose. Cobain aja siapa tau dia suka. Lagian nggak ada yang namanya terlalu dini untuk mengenalkan dia tentang iman dan Tuhan kan…

17 November 2013, Raka ikut kelas Sekolah Minggu pertama kali bareng Selena (Selena ini anaknya temen kita juga, lahirnya cuma beda 2 hari sama Raka). Raka keliatannya sih tertarik… setidaknya dia nggak ketiduran atau cranky karena bosan. Jadi saya berencana ajak dia ke Sekolah Minggu secara teratur.

2013-11-17 13.08.06

Melahirkan cuma beda 2 hari kenapa body kami bedanya begini? *sungguh dunia tak adil* LOL

Sekian kabar-kabari tentang Raka tiga bulanan. Sampai jumpa bulan depan!

Maminya numpang tenar

Maminya numpang tenar

21 thoughts on “Tentang Raka – 3 Bulan

  1. Duuuh…Raka udah pinter yah Diiin🙂
    Senengnyaaaa🙂

    Dan ituh, gak perlu khawatir kalo Raka nya terlihat bongsor atau gimana yah Din…
    Biasanya nanti kalo udah mulai merangkak atau belajar jalan, berat badannya akan turun dengan sendirinya kok🙂

  2. ci dina, nama bonekanya kalo dari komik doraemon *referensinya sungguh gak valid* punyanya nobita itu namanya daruman doll. Daruman doll ini suka glinding2 tapi ga bisa jatoh, Mainan kaya gini disebutnya roly poly toy. Silahkan di google kebenarannya, CMIIW yah! Salam kenal,🙂

  3. Jadi samaan kita Din rambutnya😀 hehe..

    Aihhh.. Lucuu benerr Raka bombom gitu.. Boleh numpang gigit pahanya gak? hehehe.. Sehat terus yah Raka (dan mama papanya juga)😀

  4. aaah raka lucu banget deh kamu, gemes banget liatnya
    btw cpt banget yaa udh 3 bulan aja
    tapi pas baby gini ndut pas gede kurus loh, anak temen gw dulu lbh ndut dari raka tp skrng kurus banget

  5. Aaaa.. fotonya Raka yang 4D udah mirip banget yaaa.. Semoga pas USG minggu depan bisa minta di print juga yang 4D.. huhuhu..

    Pas liat foto Raka lagi berenang, gw langsung tunjukin ke Bubu supaya nanti Mibe boleh berenang juga.. masa ga dikasiiiiiiih.. igh sebeeel T_T

    Btw, happy 3 month Raka.. sehat terus yaaaaaaa..

  6. ganteng yaaa si Raka. gw baca posting2an mundur2 ke belakang sampe kesini hihihi. Btw gw mau bilang, suara lu merdu bangeddd!! dan gw kok gatau lagu itu ya *jadi malu*, gw bisanya nyanyi twingkle2 doang -_-‘

    trus Sophie ama banana teether itu beli dimana ya? mungkin berguna juga nih, anak gw 3 bulan suka ngemut tangannya sendiri😀

  7. Pingback: Tentang Raka – 6 Bulan | Cerita Bendi

Leave a Reply

