Tentang Raka – 5 Bulan

Mmm perasaan dari 4 bulan ke 5 bulan tuh banyak banget deh perkembangan Raka lebih dari biasanya… Seneng banget liatnya. Mari saya rekap satu persatu

Tentang Fisik

Berat badan: 8,5 kg
Tinggi badan: 66 cm

Perubahan signifikan: saya ngerasa rambutnya mendadak jadi banyak. Saya sampe ngebandingin foto-foto di postingan 4 bulan rambutnya masih tipiiis. Eh tau-tau sekarang kok udah tebel jauh.

Ekspresi bangun tidur

Ekspresi bangun tidur

Bulan ini imunisasi PCV 2. Dan akhirnya saya menemukan dokter anak yang (sepertinya) sreg karena dikenal pro ASI, cukup sabar buat menjelaskan dan menjawab pertanyaan saya, dan yang paling penting… praktek di Kelapa Gading. Maklum ya saya udah hampir 5 bulan cari dokter anak yang pro ASI kok rekomendasinya di selatan Jakarta semua. Eniwei, namanya dr. Isabella, di RS Mitra Kelapa Gading. Yeay gausah nyetir sejam lagi ke RS Bunda!

Tentang Motorik Kasar

Bisa posisi mini push up (tangan dilurusin waktu lagi tengkurep)

satu..dua..tiga.... biar six pack

satu..dua..tiga…. biar six pack

Bisa aeroplane pose (tangan dan kaki diangkat jadi cuma bertumpu di perut)

Supermaaaaaan

Supermaaaaaan

Kadang kalo lagi excited suka tahu-tahu bisa angkat pantatnya juga (ogong-ogong kalo kata Mami saya). Apakah bentar lagi mau merangkak? Bisa jadi.

Bisa tripod position (duduk dengan dibantu tumpuan tangan)

Kadang-kadang bisa duduk tegak tanpa senderan walaupun sebentar. Kejadian pertama tuh pas lagi Sekolah Minggu. Seperti biasa dia saya pangku menghadap depan, bersandar badan saya. Lalu tau-tau Raka majuin badannya jadi nggak nyender dalam waktu cukup lama. Saya sampe ngeliatin ini tangannya numpu ke mana ya. Taunya nggak tuh, dia nahan badannya sendiri.

Seksoy

Seksoy

Karena itulah saya coba-coba dudukkin dia di booster seat dan ternyata bisa. Akhirnyaaaaa saya dan Mas Ben bisa makan bareng lagi *dan saya gak perlu nunggu Raka bobo buat makan pagi/siang*. Tinggal dudukkin Raka di situ. Kita makan, Raka ‘makan’ Sophie. *walaupun tentu saja dia celamitan ngeliat makanan saya*

PhotoGrid_1389313690957

Raka juga mulai sering megangin kakinya. Mungkin sebentar lagi masanya masukkin kaki ke mulut ya…

Ini kaki akuuuu

Ini kaki akuuuu

Dan highlight bulan ini….akhirnya di usia 5 bulan kurang 1 hari (18 Januari 2013), Raka bisa berguling ke posisi telentang. Tuh kan bener dia deadliner. Minggu lalu pas ke dokter, udah di “ultimatum” 5 bulan harus udah bisa guling bolak balik. Eh bener aja hampir deadline baru bisa.

Sekarang masih belom lancar sih, kadang smooth, kadang malah balik lagi ke posisi tengkurep. Semangat ya, Nak…namanya juga belajar. Yang jelas, ekspresinya setelah berhasil telentang tuh priceless, kayak bangga gitu *tapi ini sih kayanya perasaan emaknya aja yang sebenernya bangga*

PhotoGrid_1390190738576

Tentang Motorik Halus

Semakin canggih megang ini itu. Kalo ada benda di depan mukanya pasti langsung disamber. Paling lucu kalo lagi digendong dalam posisi tegak, lalu saya ngomong sama Papinya atau godain Raka dengan geterin bibir, dia langsung remes bibir saya, seolah mau ngomong: “Aduuuh Mami berisiiiik”.

Haha… sebenernya dia nyamber bibir saya karena gerakannya menarik matanya. *padahal beneran karena keberisikan hehe*.

Selain bibir, tentunya rambut dan kacamata saya jadi objek favorit buat ditarik.

Nah… karena makin jago megang, dia balik lagi lebih suka Sophie daripada Banana. Mungkin karena Sophie lebih banyak bagian yang bisa di-eksplor ya. Pernah saya kasih teether-teether lain yang dulu dia suka termasuk Banana, cuma dipegang sebentar lalu dilempar. Begitu saya kasih Sophie, dia anteng berusaha megang dan gigit-gigit.

Bagian favorit buat digigit? Kaki dan moncongnya! Hehe

Sekarang saya ngerti kenapa Sophie dibilang the best teether buat bayi! *btw…Sophie tuh gak boleh dicuci loh. Cuma boleh di-lap aja. Pada tahu gak?*

Kupingnya juga enak, Mami

Kupingnya juga enak, Mami

Tentang Social Skill

Raka semakin tertarik sama orang lain. Dan paling seneng sama bayi atau anak kecil. Kalo ketemu sepupunya yang kelas 2 SD, bisa ketawa cekikan padahal belom juga digodain. Dan kalo ketemu anak-anak lain di Sekolah Minggu, kalo dulunya cuek, sekarang heboh menyapa-nyapa. Lucunya yang dipegang pertama selalu tangan, jadi kayak ngajak salaman.

#eaaaaaa

#eaaaaaa

Lalu, Raka juga udah bener-bener kenal muka Papi Maminya. Setiap hari, begitu ngeliat Papinya pulang kantor, dia bakal senyam-senyum kegirangan dan ca-per banget minta diajak main. Mulai ngoceh-ngoceh sampe colak colek pokoknya sampe Mas Ben pay attention deh.

Tapi pas udah kelamaan main sama Mas Ben, dia bawel nyariin Maminya. Kalo udah lama main berduaan Papinya doang, dia suka jadi rewel dan baru diem ketawa-ketiwi lagi begitu liat muka saya. Hihi ge-er deh Maminya *tapi repot jadinya gak bisa ditinggal*

Untungnya Raka tetep nempel sama Emak-nya (Mamanya Mas Ben) soalnya saya terpaksa harus nitipin dia kalo saya ke kantor 2 kali seminggu.

Tentang Tidur

Bingung deh… seperti yang saya suka ceritakan bulan-bulan lalu, Raka itu termasuk yang nggak ngerepotin soal tidur. Malah dia sempet beberapa lama udah sleep through the night. Bener-bener tidur jam 8 malam dan bangun jam 6.30 pagi.

Tapi entah sejak kapan, sepertinya sih sejak batuk pilek bulan lalu, atau mungkin juga karena banyaknya acara jalan-jalan waktu liburan Natal-Tahun Baru (yang mengganggu rutinitasnya), Raka jadi agak susah tidurnya.

Saya bilang ‘agak’ karena saya tahu banyak yang masih lebih susah daripada Raka.

Pernah, Raka bangun terus hampir tiap jam dan minta nyusu. Memang waktu itu sih sepertinya lagi growth spurt. Lalu yang paling anyar *halah anyar*, dia cuma mau tidur kalo digendong saya. Dulu mah dia tidur-tidur aja kalo digendong Mas Ben. Sekarang, dia bakal marah-marah dan ‘buang badan’. Tapi begitu saya peluk langsung diem aja gitu. Tapi setelah itu, tiap jam dia bakal bangun dan harus digendong atau puk-puk sebentar, sampai kira-kira jam 11 malam baru pules beneran.

Lalu saya baca postingnya Aina soal sleep training, saya jujur aja baru tahu kalo ada hal beginian. Saya kuno banget ya…. saya tahunya bayi yang harus digendong buat nidurin itu wajar, sementara bayi yang cuma harus ditepuk-tepuk atau bisa tidur sendiri itu anugerah. Saya sama sekali nggak tahu kalo bisa dilatih.

Jadi, sekarang saya lagi riset deh. Niatnya nanti bikin posting tersendiri soal ini.

Aku bobo sambil terbang aja, Mami....

Aku mau bobo sambil terbang aja, Mami….

Kalo soal pertumbuhan Raka bulan ini, sepertinya udah ke-rekap semua. Sampai jumpa bulan depan.

PhotoGrid_1390129944642

24 thoughts on “Tentang Raka – 5 Bulan

  1. Makin mirip maminya nih Raka🙂
    Duh ternyata Sophie ga bole dicuci yah, pantes Sophie anak gw kok jadi polos motifnya. Abis lama2 dekil loh ga putih lagi😦

    • Emang motif dan cat nya itu lama-lama luntur kok, udah banyak yang bilang. Jangankan dicuci, di lap pake alkohol aja pasti ada yang ‘kebawa’ dikit.
      Btw ga boleh dicuci sih bukan karena cat nya, tapi karena bisa masuk ke lobangnya dan gak bisa squeeking lagi

  2. Happy 5 months Raka. Mba di raka lucu bangetttt yaaa… Udah bisa guling bolak balik sendiri gpp masih dikit2 kan masih belajar yah. Sehat2 terus raka!😀

  3. Liat fotonya Raka yang #eaaa kenapa jadi inget sule yah? kan di ovj gitu, abis salaman ma cewe tangannya dicium..huahahaha :p Seneeng deh liat tumbuh kembang Raka😀 Sehat2 yah dek..

  4. Montok dan sehat bener deh nih anakkk!! Soal motorik, serem amat dokternya pake ultimatum segala ckckck. Tp bukannya emang Raka lebih susah krn montok ya? Sehat terus ya Nak. Bagi rambutnya buat Abby.

  5. cukup sabar buat menjelaskan dan menjawab pertanyaan saya <<< emang dktr lain gak sabar din? Pertanyaannya detail n banyak nih pasti wkwkwk…

    Aeroplane nya lucu bgtt, demen ketawa ya si Raka.

    Btw kl bgn tdr gak nangis ya? Grace tiap bgn pasti nangis minta minum, apa krn masih kecil ya?

    • Haha justru gw itu ga bisa banyak tanya orangnya, makanya pengen dokter yang udah bawel dari sononya. 2 dokter yang pernah gw coba datengin…yang satu ramah dan banyak penjelasan tapi pasiennya buanyak jadi buru2. Yang satu lagi, pelit ngomong, jawab sesuai pertanyaan aja.

      Iya kalo bangun nangis juga lah. Makanya lagi mau di sleep training. Tapi Grace mah emang masih umurnya harus nyusu tiap bangun. Nanti umur 2,5 bulan baru bisa lo sleep training pelan-pelan biar ga terlalu sering bangun nyusu

  6. dina, raka montok banget bodinyaa.. cikal bakal tinggi jg nampaknya. gemassss…

    Masalah bobo, kayaknya lebih karena kebiasaan deh din. Dari NB gw menahan diri untuk gak nidurin Villia dengan cara di gendong, orang rumah pun sepakat dgn cara itu. Jadi kalo ngantuk kasih susu sambil elus2 atau tepok2, digendong hanya saat dia lg rewel ataupun sakit. Jadi kesini-sininya dia jadi terbiasa tidur tanpa digendong.

    • Iya betuuuul. Memang salah gw nya. Jadi awalnya Raka juga ga pernah digendong sampe bobo. Tapi waktu dia umur sebulanan, lagi agak rewel sementara gw buru2 mau kerja ngejar deadline jadi gw gendong. Keterusan deh. Makanya skrg mau dilatih lagi

  7. oh ce Dina di Kelapa Gading? (ato deket Gading?) aku kalo ke Jakarta maennya di kelapa Gading melulu hahahahaa
    eniho rumahnya ngga kenapa2 kan? tante aku di Gading masa garasinya udah kemasukan aer -__-
    raka + roti meme comic = the cutest thing ever wuiiiiiing❤

  8. Dulu Madeline juga suka sama kakinya Sophie! Karena udah dekil jijay akhirnya gue buang hehehe…

    Soal bobo, Madeline dulu kalo mau bobo malem ya harus nenen, terus pas disapih harus digendong, lama-lama pegel gendong akhirnya dibiarin bobo sendiri di ranjang, sambil gue juga tiduran di sebelahnya. Sekarang dia harus dipeluk dulu sama gue sampe ketiduran, dan harus sama gue lho. Kalo sama bapaknya ngamuk.

    Kalo ditanya capek, capek dan pegel banget! Cuma gue selalu mikir, nggak lama lagi dia akan grow up dan gak bakal mau bobo dikelonin sama gue. Jadi mendingan gue nikmatin dulu deh masa-masa dia mau dikelonin sama gue, dan nyariin gue kalo kebangun pas malem. Oh ya, kalo gue tidur di sebelahnya, dia bisa tuh sleep through the night, kalo gue tidur di ranjang gue (padahal kasurnya juga di sebelah gue persis), pasti kebangun, minta gue bobo di sebelahnya.

    • Gw jg tadinya mikir gitu… mau kelonin selagi dia masih mau. Akhirnya ada bnyk pertimbangan lain yg akhirnya memantapkan gw sleep training.

      Salah satunyaaaaa gw bener2 uda ga kuat gendong dia lama2. Hahahaha. Apalagi kalo lagi nidurin badannya suka di kaku in. Eh sbenernya skrg masih kuat tp mikir bbrp bulan lagi kalo beratnya nambah gimanaaaa. Plus blakangan dia kebangun2 mulu. Sejak dia umur 2 ato 3 bln tangan kanan gw keseleo dan tentu aj ga sembuh2 wong tiap hari angkat beban. Haha

  9. Dinn. Kok lama lama tk liat dr kecil ke gede raka muka nya beda ya..
    Tambah ganteng gede nya.😉

    Btw masak ama doktr d deadline 5 bulan ud harus bs bolak balik? Lah ini anakku 4 bulan br bs tengkurep sendiri. Telat kah?

    Eiya, beli si sophie dimana sih? Ak nyari susah bgt disini..

  10. eehhh.. baru tau sophie ga boleh dicuci.. pantesan punya jun lama2 ga bunyi en motifnya jd rada pudar hahha.. krn selain gw cuci, tuh sophie ikut nyemplung di sterilizer panasonic situ hahhaa😀 kaki sophie nya jun udah sobek krn itu bagian favourite utk digigitin wkwkk..
    btw rambutnya raka kluarnya rada pirang coklat ya din.. stuju makin gede makin mirip u tuh din..

    • Kalo pudar warnanya sih pasti deh. Iya cuma boleh dilap aja. Kalo mau steril boleh pake alkohol.

      Raka dari lahir emang pirang nih. Udah pake hair lotion kemiri ga ngefek

  11. Toosss raka.. beratnya 11 12 ama kenny.. kenny cuma lebih berat 300 graman..hahahaha

    Kebayang g din beratnyaaaa.. ini aja untung udah 11 bulan.klobmasih 6 bulan kaya raka bisa patah tulang guaaa..

    Soal bobo seperti yg g ceritain di whatsapp.. g jg masih no clue at all. G cuma bisa berharap bgitu setaon keatas tidurnya dah mulai bisa agak mendingan. Bbrapa tmn g bilang anak2nya baru bisa tidur lamaan pas udah setaon. Ya buat gue setaonnya kenny ga lama lagi.. mudah2an ada titik terang.. huhuhuuhu

  12. Halo Dina,

    Saya silent readernya selama ini. Skrg saya br punya baby jadi sering gunain postingan Dina untuk cari informasi sesuai umur baby saya. Soalnya bantu banget infonya🙂

    Baby saya sekarang 4bulan jalan 5bulan, dan ngalamin sama seperti yang Raka alami. Tidurnya yang tdnya sdh bisa sampai pagi skrg jd susah dan sering kebangun2. Setelah research sana sini saya menemukan informasi tentang Leap Week 19 dari TheWondersWeeks yang intinya bayi sedang mengalami perkembangan mental. Saya tulis komen ini agar mungkin berguna bagi Dian di kemudian hari (kalau punya anak kedua) hehe..

Leave a Reply

