Bikin Paspor via Online Tanpa Upload Dokumen

Setelah menunda-nunda, Pemilu presiden kemarin sukses memotivasi saya buat bikin paspor Raka.

9 Juli malam, setelah ngeliat kedua kubu deklarasi kemenangan secara implisit maupun eksplisit, saya langsung melipir ke komputer dan bikin paspor online buat Raka. Ya, saya takut kerusuhan *ketok-ketok meja* dan rasanya lebih aman aja kalo Raka udah punya paspor walaupun kalo bisa ya jangan sampe lah beneran kejadian harus ngungsi segala. *amit-amit*

Yaudah ga usah diperpanjang mengenai ketakutan saya. Intinya, saya langsung scan dokumen yang diperlukan, ikutin semua tata cara di website imigrasi, lalu…saya bingung. Setelah ikutin semua step-nya, kok nggak ada bagian di mana saya harus upload dokumen?

Tahun lalu saya pernah daftarin Cihu saya bikin paspor online dan ada kok step buat upload dokumen.

Saya baca guide dari Leony juga ada penjelasan tentang upload dokumen.

Saya googling dan baca penjelasan di website imigrasi, juga dibilang harus upload dokumen.

Sampe saya akhirnya bikin status di Facebook, berharap ada yang ngerti dan jawab. Anehnya, bahkan Felicia aja yang baru bikin seminggu sebelumnya, masih harus upload dokumen. Masa iya pas-pas-an ganti sistem?

Ternyata iya. Jadi sekarang kalo mau bikin paspor via online, gak perlu upload dokumen. Yeay! Gak perlu upload, berarti gak perlu repot scan, ngecilin file, dan terutama nggak perlu bohwat gara-gara websitenya sering gagal upload *pengalaman saya tahun lalu*

The best thing…. prosesnya tetap cepat! Jauh lebih cepat daripada kalo bikin via non-online.

Btw sepertinya perubahan sistemn ini bener-bener baru. Bahkan panduan di website imigrasi belum di-update. Tadi waktu saya di kantor imigrasi, juga ada orang yang dateng cuma buat memastikan hal ini. Dia tanya ke security dan security-nya bilang harus upload file dokumen. See… staff nya pun belum tahu. Jadi tadi saya yang menjelaskan ke kakak itu.

Ya sudah… jadi, beginilah step-step pembuatan paspor via online yang ter-update saat ini (15 Juli 2014)

Step-step di bawah ini adalah untuk pembuatan paspor anak. Untuk pribadi, mirip-mirip lah, tinggal isinya sesuai data pribadi aja ya.

1. PENGISIAN DATA ONLINE

  1. Buka link ini: http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp
  2. Pilih Pra Permohonan Personal
  3. Pilih jenis permohonan sesuai kondisi. Kalo buat Raka: Baru-Paspor biasa
  4. Pilih jenis paspor. Raka: E-passport 48H *ngincer bebas visa Jepang* Haha
  5. Pilih lokasi kantor imigrasi. Nggak harus sesuai lingkungan rumah. Bisa di mana aja. Tips dari saya, pilih kantor imigrasi yang udah terkenal service-nya OK. Ada beberapa yang kacrut soalnya. Nanti saya bahas di bawah.
  6. Isi semua data sesuai dokumen resmi (KTP dan KK).
  7. Untuk paspor anak:
  • Alamat email: Alamat email ortu yang aktif. Nanti semua dokumen yang diperlukan bakal dikirim lewat email
  • Pekerjaan: lainnya.
  • No identitas : sesuai KK
  • ID berlaku sampai: tambahkan 5 th dari tgl ID dikeluarkan

Kemudian klik lanjut

2. PEMBAYARAN

  1. Setelah pengisian data online selesai, akan dikirimkan email notifikasi ke email kita, dalam bentuk PDF. Print file PDF tersebut.
  2. Bayar sesuai jumlah tertera di bank BNI (melalui teller). Pembayaran harus dilakukan dalam jangka waktu (kalau gak salah) 3 hari kerja ralat (16 Desember 14): 5 hari kerja. Untuk paspor biasa Rp 355 ribu, epassport Rp 655 ribu. Plus ada tambahan biaya administrasi Rp 5.000.
  3. Simpan bukti bayar. Di situ ada nomor jurnal bank juga.

3. KONFIRMASI KEDATANGAN

  1. Setelah membayar, balik lagi ke email notifikasi yang kita terima. Di situ ada link untuk melanjutkan. Silahkan di-klik.
  2. Masukkan nomor jurnal bank.
  3. Pilih lokasi dan jadwal kedatangan kita ke kantor imigrasi untuk foto dan interview.
  4. Setelah proses ini selesai, kita akan menerima email notifikasi kedua. Ada attachment dalam bentuk PDF berupa undangan dan form yang harus dilengkapi.

4. FOTO DAN INTERVIEW

Yang harus dibawa:

  1. Print-out undangan dan form permohonan (dari e-mail notifikasi kedua)
  2. Bukti pembayaran dari bank BNI
  3. Surat asli dan fotocopy (note: fotocopy di kertas A4 jangan dipotong-potong):
    • Surat lahir
    • Kartu keluarga
    • Surat nikah orangtua
    • KTP kedua orangtua (difotocopy di satu halaman)
    • Paspor kedua orangtua (difotocopy di satu halaman)
  4. Meterai 1 lembar

Prosesnya:

  1. Kantor imigrasi resminya buka jam 8.00-14.00. Tapi tadi di kantor imigrasi Jakarta Utara, udah bisa ambil nomor mulai jam 7 pagi. Walaupun buka sampai siang, mereka hanya melayani 100 orang per hari (80 orang selama bulan puasa). Jadi jangan siang-siang juga ya.
  2. Di front desk, serahkan print-out undangan dan form permohonan. Nanti kita akan diberikan map resmi.
  3. Untuk pembuatan paspor anak, di map tersebut ada surat pernyataan orangtua. Isi dan tandatangan di atas meterai.
  4. Menuju loket 1, tulis nama di sana (ini semacam antrian tidak resmi karena semua proses baru akan dimulai tepat jam 8.00)
  5. Jam 8.00 para pemohon mulai dipanggil satu persatu. Di sini, kelengkapan dokumen kita akan diperiksa. Setelah itu silahkan duduk dan tunggu dipanggil lagi.
  6. Dipanggil yang kedua kali untuk menyerahkan bukti bayar BNI untuk dilegitimasi petugas.
  7. Ambil nomor antrian untuk foto dan interview. Tunggu giliran
  8. Tinggal foto dan interview deh

    Kiri- bagian foto Kanan- bagian interview Tengah- Mami cantik & bayi ganteng

    Kiri- bagian foto
    Kanan- bagian interview
    Tengah- Mami cantik & bayi ganteng

  9. Kita akan menerima form pengambilan paspor. Jangan sampe hilang ya.

Seluruh proses ini kurang lebih cuma menghabiskan 1 jam saja! Yeay!

5. PENGAMBILAN PASPOR

Paspor akan selesai dalam waktu 3 hari kerja. Karena baru bikin hari ini, saya belum tahu gimana prosesnya. Tapi dari pengalaman saya bikin paspor dulu sih cukup serahkan form pengambilan, langsung dapet paspornya. Gak pake lama deh.

……………………………………………………….

Pengalaman Saya

Mari belajar dari pengalaman *sigh* karena saya melakukan beberapa kesalahan bodoh hari ini.

Tahun lalu, waktu saya perpanjang paspor, orang-orang memang mulai antri dari jam 7 pagi, tapi cuma bisa antri di luar kantor imigrasi yang berarti di parkiran ruko. Jam 8 pintunya baru dibuka dan baru bener-bener bisa ambil nomor. Karena bawa Raka, kasian dia kepanasan *dan kasian saya repot ngurus dia sambil berdiri* saya memutuskan dateng jam 7.30 pagi.

Ternyata, seperti yang sudah saya bilang, Itu kantor imigrasi udah penuh! Dan udah bisa ambil nomor sejak jam 7. Jadi kalo mau yang bener-bener cepet kelar, silahkan datang jam 7. Tapi menurut saya nggak perlu juga sih. Soalnya saya yang dapet nomor 20 aja cepet kok prosesnya.

Kesalahan kedua, saya lupa bawa meterai! Padahal tahun lalu saya sampe bawa meterai serenceng. Harus beli deh di tempat fotocopy mereka yang mana harganya jadi Rp 8.000 aja gitu.

Kesalahan ketiga, saya nggak bawa KTP asli Mas Ben! Aduh dodolnya. Padahal saya udah cross check itu dokumen berkali-kali tapi sepertinya saya ‘lupa’ kalo KTP itu juga dokumen. Doh. Untung keburu diambil dulu.

Karena harus ambil KTP Mas Ben, saya pulang dulu sementara nunggu pegawai Mami saya ngambil ke kantor Mas Ben. Saya tenang-tenang aja karena pikirnya Raka dapet nomor 20. Pengalaman yang dulu, sekalipun online, nggak secepet itu prosesnya. Saya sempet makan indomie dulu, boboin Raka dulu. Hahaha.

Balik ke kantor imigrasi, saya diomelin mbak-mbak staff gara-gara Raka udah dipanggil berkali-kali tapi nggak nyaut. Alasan saya karena ngambil KTP asli *padahal abis makan indomie, mbak* Hehe.

Akhirnya nunggu lagi, nggak lama nama Raka dipanggil. Dan prosesnya seperti yang sudah saya sebut di atas. Saya balik ke kantor imigrasi (setelah ambil KTP ) sekitar jam 10.00. Jam 11.10 udah kelar foto dan interview.

Pembuatan Paspor Manual

Apa sih namanya kalo bikin paspor tapi nggak via online? Anggep aja manual lah namanya ya. Haha. Tadi saya sempet ngobrol dan tanya-tanya gimana prosesnya.

Jadi prosesnya adalah dateng ke kantor imigrasi, ambil form, isi, lalu submit. Data akan diverifikasi selama 3 hari kerja. Jadi kita terima undangan untuk datang lagi 3 hari kemudian. Lalu prosesnya sama dengan paspor online. Bedanya hanya pembayaran dilakukan di kantor imigrasi melalui mesin pembayaran (mirip mesin ATM). Tiga hari kemudian, paspor selesai.

Kiri- di balik kaca, mesin pembayaran Kanan - front desk dan mesin nomor antrian (di kiriny meja) Tengah: Om-om ngantuk

Kiri- di balik kaca, mesin pembayaran
Kanan – front desk dan mesin nomor antrian (di kirinya meja)
Tengah: Om-om ngantuk

Kesimpulannya, secara manual, perlu 3 kali datang dengan rentang waktu minimal 6 hari kerja. Sedangkan via online, cuma perlu 2 kali datang dengan rentang waktu 3-5 hari kerja.

Pilih mana?

Kantor Imigrasi Jakarta Utara

Kantor imigrasi Jakarta Utara ada di ruko Artha Gading blok A, sederetan sama Mall Artha Gading. Heran ni kantor pindah-pindah mulu. Tahun lalu adanya di deket KTC. Lima tahun sebelumnya, adanya di ruko depan MOI. Ngontrak kali ya? Tapi kantor yang terbaru ini sepertinya udah permanen, soalnya bagus banget dan direnov total.

Seperti yang udah saya bilang, pilih-pilih deh kantor imigrasi yang udah di-review bagus pelayanannya sama banyak orang. Soalnya, di hari yang sama, temen saya ngomel-ngomel di FB gara-gara pelayanan yang superburuk di kantor imigrasi JakBar. Mau daftar manual katanya udah nggak bisa karena full udah 50 orang, jadi disuruh online. Udah online, nunggunya dari pagi sampe sore malah lebih lama daripada yang manual. Setelah kelar, dibilang 3 hari kerja udah kelar. Seminggu kemudian dia mau ambil belum jadi dong!

Yang saya tahu OK selain Jakarta Utara adalah kantor imigrasi Soekarno-Hatta. Lainnya, ada yang mau tambahin? Biar saya update nanti.

Berikut review saya tetang Kantor Imigrasi Jakarta Utara:

Point plus:

  • Akses mudah, parkir gampang
  • Ruangan sangat nyaman, mirip bank swasta
  • Tempat duduk untuk nunggu banyak, sofa pula. Nyaman deh.
  • Proses jelas, pelayanan sangat cepat.
  • Ada mesin pembayaran (mirip mesin ATM) so udah gak mungkin ada pungli. *Sepertinya semua kantor imigrasi udah seperti ini.
  • Sepertinya bakal dibangun kantin. Sekarang sih baru jual minuman.

Point minus:

  • Tempat fotocopy di lantai 5 dan gak ada lift! Gempor saya naik tangga gendong Raka buat beli meterai! Jadi, better siapin semua dari rumah ya.
  • Staff nya…. jutek-jutek. Gak semua sih, tapi sebagian besar jutek, terutama yang di loket-loket. Yang ramah cuma bagian foto dan interview.
  • Staff kurang komunikatif dan inisiatif. Beberapa kali saya bengong dengan muka bingung dan dicuekin. Pertama pas saya mau beli meterai. Mereka udah liat saya dateng tapi sibuk aja main HP. Kedua waktu saya mau daftar di loket 1, semuanya diem aja sibuk masing-masing. Saya tanya, dioper ke sebelahnya. Di sebelahnya, baru diinfo ternyata cuma nulis nama. Hadeh.
Ruangan nyaman, sistem rapih

Ruangan nyaman, sistem rapih

Rame banget tapi tempat duduk cukup. Sofa pula.

Rame banget (di foto ini udah agak sepi, tadinya rame banget) tapi tempat duduk cukup saking banyaknya.

……………………………………………………….

Sekian pengalaman saya. Saya mau encourage temen-temen buat belajar urus semua sendiri (nggak pake calo). Pemerintah udah berusaha memperbaiki diri, yuk kita juga perbaiki diri.

Tahun lalu, saya liat sendiri antrian bikin paspor jadi lama karena suka diselak sama calo yang bawa dokumen setumpuk. Hari ini, saya nggak liat calo satupun *atau mungkin nggak sadar sih*. Tapi yang jelas, kalo tahun lalu saya harus stay di kantor imigrasi dari jam 8-13, hari ini saya cukup stay 1 jam saja. Selain karena sistemnya memang semakin baik, masyarakat juga mulai sadar dan pilih mengurus sendiri. Akhirnya, semua untung, semua senang.

#revolusimental *eh kepleset kampanye lagi* #eaaaa

Puas!

Puas!

 

 

 

 

 

 

215 thoughts on “Bikin Paspor via Online Tanpa Upload Dokumen

  1. di jakbar emang lebih rusuh sih… pengalaman waktu bokap gua ngambil paspor kemaren itu, lamanya minta ampun hahahaha… gua rencana taon depan nih mo perpanjang, kan masa berlakunya harus tinggal 6 bulan ya kalo ga salah… sekalian mo bikinin anak juga hahaha… jadi info kayak gini berguna banget buat gua hehehehe…

    • Iya mel. Kalo bisa si lo luangin satu hari nanti cari kantor imigrasi yg lebih ok. Tadi si gracia tu yg ngoceh soal kantor jakbar. Apalagi kalo bawa bayi kan maunya cepet n nyaman dong ya

      • Mau tanya dong kalau mau buat passport.aku kan. Udh prnh bikin cuma masanya sdh hbs.dan itu masa berlakunya udh lama banget. 5 thn hehehe…klu mau buat itu baru apa perpanjang?thx infonya

    • sorry nih mau nanya. aku kmrn tgl 11 des baru perpanjang paspor via online. tp kayanya ga ada step upload data. aku baru ngeh waktu temen aku ngom barusan kok u ga upload, perasaan kmrn aku isi data ga ada yang buat upload data, bener ga sih ya. mana aku udah bayar. barusan aku telp ke imigrasi jakbar, orgnya jutek banget, di depan gw mah udah gw caci maki. orang nanya malah rese. minta pencerahan donk. thx

      • Sorry nih mau jawab. Justru posting ini kan ngasih tahu kalo sekarang memang tidak perlu upload dokumen. Dari judulnya saja harusnya sih cukup jelas. Hehe. Dibaca dulu aja ya step2 selanjutnya biar gak bingung lagi

  2. lo kok sama bener pemikirannya kaya gw?? wakakaka. Baru 2 hari lalu gw bilang2in suami suru bikinin pasport buat james, takut kalo sampe abis tgl 22 nanti ada kerusuhan (amit amit tok tok tok). Tapi kan rusuh ga rusuh ga ada ruginya ngantongin passport, ya gak, sapa tau dapet rejeki ke jepang #eaaaa hahahaha

    Thank you tutorialnya, definitely ini bergunaaaa! *langsung meluncur ke web nya*

      • din, tau gak bedanya apa ni 24H Perorangan, 48H Perorangan, sama E Passport 48h? trus no Identitas itu NIK apa, ARC apa? hihihi sori ya banyak nanya

      • 24 dan 48 tuh jumlah halaman. 24h lebi murah drpd 48h. Tapi biasanya petugas bilangnya 24h buat TKI padahal boleh sih kita bikin 24H. Kalo epassport ada chip nya. Kalo sistem udah bagus, proses di imigrasi lebi cepet krn tinggal scan chip. Trus kaya bebas visa jepang itu plan nya cuma berlaku buat epassport.
        Nik itu nomor identitas. Kalo kita no ktp. Kalo anak, no kartu keluarga.
        Arc apa ya?

  3. waktu itu ak juga bikin sendiri ci, online.. dodolnya ak harus balik sampe 3x baru kelar… karena?? ada aja yg salah.. 1, gak bawa akte aslii, 2 gak bawa apa gt lupa yang asli juga, 3. hampir di batalin pas wawancara karena ud kerja tp gak bawa surat rekomendasi dr kantor keknya *scara g bolos aja blgnya sakit gtuwh* hahaha..
    gak tw ap karena muka gw udah syok karena gw udah nyerah mw pake caloo aja gtuwh, soalnya ini gw udah bayar 300rb-an, yg 2 kali kmren belum.. akhirnya di lolosin juga… Phewhh… suka duka bikin paspor sendirii.. tp jauh lebih hemat drpd pake calo!!

    Ci, tau bedanya paspor biasa sama e-paspor??

    • Loh emang kalo uda kerja harus pake rekomendasi kantor? Nggak ah, itu kayanya dikerjain aja gak sih? Ga pernah ada kok di persyaratannya.Kalo visa baru pake setau aku.

      E passport ada chip nya. Kayanya harusnya jadi lebih gampang di imigrasi karena ada mesin nya tinggal scan *kurang jelas benernya gimana*. Tapi yg aku incer sih… katanya bebas visa jepang cuma berlaku buat epassport. makanya bikinin Raka yang itu. Hehe

  4. boleh motret2 yah Din, kan ada tanda dilarang foto *pdhl gw juga motret diam2 hahaha*

    beda 2 hari dari gw daftar online harganya naik 100rb tuh tapi tetep lebih murah dari bayar calo sih hehehe

  5. Gue rencana mau perpanjang nih, nanti tanggal 4 Aug gue ke Kanim Gading buat foto.

    Websitenya sekarang lebih ok deh daripada pas dulu gue buat passportnya Madeline. Dan gue udah kena harga baru aja dong 355rb, tapi gpp lah kalo pelayanannya ok mah gue rela ngeluarin duit segitu.

  6. makasih ya infonya jeng…penjelasan yg bagus.saya jg udah sempet scan dokumen yg d perlukan tapi koq ternyata gak ada petunjuk buat upload…ternyata udah gak pake lagi ..hihihihihi kecele deh…

  7. Mau nanya dongg.. Ini harus bawa Surat nikah orangtua, KTP kedua orangtua (difotocopy di satu halaman), sama Paspor kedua orangtua (difotocopy di satu halaman) juga???😮

  8. Nanya ya jeng, itu paspor jadinya on time ga 3hari? Atau molor? Ini dadakan lg ngajuin yg di pd pinang dpt jadwal foto n intrview nya selasa dpn, jadinya mepet bgt jumat (kalo bener 3hari diitung dr selasa)sdgkan flight kita senin minggu dpn nya. Deg2an deh .trm ksh ya jwbannya

  9. Mbak… aku mau tanya
    kok barusan aku ngajuin pra permohonan via online , gak bisa-bisa , kenapa ya? katanya tidak ada tnggapan dari server -1 ? maksudnya gimana tuh mbak? kalau hari minggu emang gak bisa online gitu ya? mohon jawabannya ya mbak… terima kasih🙂

    • Saya juga sering mengalami hal serupa tetapi ternyata karena server imigrasi memang sering sibuk terutama di siang hari apalagi hari kerja. Makanya dari 2 x pengalaman saya selalu online tengah malam dan tidak pernah mengalami server sibuk dan gangguan segala macam.

  10. haiii,, ini updet bangettt infonya, gwe juga bingung tadinya ko ga pake uplot uplotan, untung nemu ni blog.

    anw, ko gwee cuma dapet imel undangan ya, tapi ga ada attachment form nyaaaaaaaa

    hikss binguunggg,,

      • haiiii
        hehehehe
        malu ih bilangnya.
        tnyata itu ada halaman selanjutnya
        bahahahhahaahah
        kmrn cuma liat halaman pertama..

        iyaaa gampil banget ih bikin via onlen,
        tengkyu infohnyaaaaaaaaaaaa

  11. Hi mba, utk daftar online, apakah di step setelah pembayaran BNI, ada pilihan utk bisa ganti LOKASI dan tanggal ga? atau harus apply dr awal lg..? kalau mmg bisa ganti, saya mau lanjut bayar nih ke BNI.. trima kasih..

  12. wahhh thanks bgt infonya ci, aku juga baru pertama kali ngurus passport via online trus tnya” orang ktnya ad upload dokumen, sdgkan aku gk ad. Jdi sempet bingung. untung nemu blog cc. hehe jdwalnya sih tgl 29 sept ini ke soetta, smoga bisa lancar bkin passportnya.

  13. perihal surat rekomendasi perusahaan, kata temen yg bikin passport ditanyain kalo yg udah kerja. kalo pelajar ya pasti ngga pake kan, cuman ngga tau ini bener ngganya…

  14. hai.. salam kenal dina… thanks for sharing ya.. ternyata sekarang jauh lebih mudah ngurus passportnya😀
    rencana pengen segera urus passport tapi masih kebentur Ektp yang masih belom kelar2 juga padahal sudah hampir 1 tahun dan ktp saya sudah mati..😦 kayanya bagian ektp yang hrs direvolusi mental deh… hehee..

  15. kak,tanya dong .. jadi aku baru bikin passport online siang ini. setelah ngikutin step2nya, aku nunggu email notifikasi buat lanjut k step selanjutnya. tapi kok aku cek d email aku, ngga ada email notif untuk permohonan passport yg masuk ya ? apa karena ini bukan hari kerja kak ? mohon infonya kak🙂

  16. mau tanya dong mbak.. kalo dari yang saya baca mengenai persyaratannya yang wajib: KTP, KK, akte kelahiran/ijasah/surat nikah. artinya boleh salah satu kan antara akte atau ijasah atau surat nikah? soalnya akte, ijasah SMA dan kuliah ikut dibawa maling.

  17. Kata temen saya yang bekerja dibidang perpajakan,, untuk membuat paspor harus sudah memiliki NPWP pribada ya Mbk,?? minta infonya dong.. bener ga tuh ya??

  18. kebetulan akte lahir, ktp dan ijazah saya ada perbedaan penulisan huruf
    hari ini (24 okt) saya melakukan pendaftaran online
    apakah hal seperti ini akan jadi kendala saat melanjutkan prosesnya pak?

    oh iya.. fotokopi ktp dibuat full 1 halaman bolak balik ya?

    terimakasih sebelumnya
    salam

    • bantu jawab ya mas , kmrn mama saya jg ada kesalahan penulisan antara akte lahir & di ktp & KK , perbedaan nya ada di tempat lahir , dan itu bener2 gk boleh kalo ada beda gtu , hrs mnt keterangan dari kelurahan kalo itu kesalahan cetak kelurahan , FYI : waktu sblm ke kelurahan lbh baik mnt surat rujukan dr RT krn kmrn pengalam kelurahan gk mw nerima mama saya yg cmn pgn mnt surat itu ktnya hrs ada pengantar dr RT , alhasil bayar RT 100ribu dan mnt dia urus semua smpe beres deh .

    • Hai mas rio, bagaimana kelanjutannya yg perbedaan hurufnya? Apa jadi kendala di pembuatan paspor? Karena anak saya jug ternyata ad perbedaan satu huruf antara akte dan kk..Terima kasih

  19. Alhamdulillah..infonya manfa’at bnget.sya mau buat paspor utk kluarga sya ( 4 buku ).ni mau daftar online,yg mau sya tnyakn utk 4 aplikasi apkh hrus 4 akun email ato ckup 1 akun sja.trma kasih buanyaak

  20. hallo mbak! salam kenal! AKu mau nanya, apakah di pembuatan paspor online di bagian pra permohonan untuk pengisian nama, yang namanya cuma ada 2 suku kata udah harus langsung ditambahkan supaya jadi 3 suku kata? atau sesuai ktp aja? thank you🙂

  21. Mba, kalau rencana th depan mau umroh tapi di Desember ini mau ke Korea dulu, waktu isi di full name paspor online langsung diinput 3 kata atau tetap 2 kata aja? Thanks

  22. Ci, stlh selesai foto dan interview gw cm dikasih Tanda Terima penyerahan SPRI. Trus ga ada info kapan pengambilan, mrk cm minta no telpon. Apa lsg ksana aja ya stlh 3 hari kerja? Mohon infonya thx

  23. Hai ci, salam kenal, sebelumnya mau bilang thank you a lot! Aku bikin paspor online buat anakku ngikutin semua petunjuk disini, semua nya akurat dan informasinya tepat banget☺, very helpful. Hr ini baru aja selesai foto n wawancara, ternyata skrg kerja instansi pemerintahan udah bagus banget ya, seneng and bangga jadinya. Aku td datang jam setengah 7 buat antri nomor, jam 8.15 udah kelar semuanya foto n wwcara, pulang dehh tonggal nunggu jadi 3 hr lagi..wuah senangnya..beda banget ama jaman dl, skrg cepet banget dan rapi teratur.pokoknya recommended banget deh urus sendiri skrg😊.
    sekali lagi thank you for your article yaa😊

  24. Mba dina, saya mau tanya. tanggal 13 kemarin saya sudah ajukan registrasi online untuk paspornya. dan saya sudah terima email notifikasinya. Besoknya tepatnya hari ini saya sudah melakukan pembayaran. Tapi kenapa setelah saya kembali ke email untuk melakukan proses selanjutnya, saya klik url yang tersedia gabisa bisa ya mba dibrowser saya? Saya sudah coba berulang-ulang tetap gabisa. Jadi gimana ya mba? Saya sudah melakukan pembayaran loh mba..

    • mbak ayu, bagaimana kelanjutnya? saya baru mau pakai online buat pengajuan. tinggal bayar besok. jadi sdikit ragu … mohon di bantu infonya. thanks

      • Maaf late respon and reply. Saya sudah difollow up karna saya berusaha jugak untuk melakukan pengaduan via online disitus web kantor imigrasinya. Sudah beres dan jadi semuah kok mba selvy.🙂

  25. mau nanya dong setelah kita bayar dan konfirmasi kan terima email yang kedua, itu form nya kan juga masih banyak yang kosong nah itu kita isi sendiri dulu pake bolpen ya ?

  26. mba maaf aku mau tanya .
    waktu di form yang email kedua yang masih kosong yang ktnya hrs isi sendiri , kalo untuk yang udah pegang KTP , apa wajib juga kah untuk isi nama ayah/ibu gitu ?
    thx

  27. mau tanya mbak pd saat proses registrasi selesai,kita kan di direct utk melakukan pembayaran via teller di BANK BNI.pertanya nya apa kah pd saat kita mau melakukan pembayaran harus mem bawa bukti bahwa kita sudah mendaftar secara online ? Jika iya bagian mana yg harus di printing utk di jadikan bukti ? Kalo bisa tolong di screen shoot dong bukti nya agar lebih jelas lg.thank you whole-heartly

  28. Permisi mbak, saya sama keluarga mau perpanjang paspor. Tapi masalahnya Akte kedua orang tua saya tidak ada, dan hanya ada ijazah kuliah aja . Itupun hanya legalisir, dan akte saya dan abang saya hanya fotocopyan aja, yang asli udah ilang, apakah itu bisa diproses membuat paspor
    Nb: sekeluarga udah bikin surat kehilangan di kantor polisi mbak, tapi belum ngurus untuk minta akte baru

  29. Misi mbak, mau tnya. Kmrin sya buat paspor online. Dstu sy buat jdwal kedtgan tgl 27-11-14, hri kamis. Cm krn sya gak bwa akte, sy di suruh pulang. Yg sy tnya kan tgl brp ya hri terakhir kedatangan jika sy dtg di tgl 27.
    Trims

  30. aku perpanjang paspor manual di kantor imigrSi jakarta pusat juga gak dipersulit loh… Malah dibantu banget ama petugas loketnya, waktu fotokopi yang harus pakai A4, ak malah pake kertas folio gt, dibantu diguntingin ama petugas loketnya…
    Terus pelayanannya juga lumayan cepat si…
    cuma skrg mau bikinin buat babyku jg neh, udah ikut yang online juga, bener ga perlu harus upload dokumen.. hehehe… semoga nanti lancar hari senin ini tgl 8 des mau serahin dokumen ama foto babyku…

  31. Just info saya berencana untuk memperpanjang pasport saya yg habis di bln januari thn depan. Saya ingin mencoba melakukan pendaftaran ulang untuk perpanjang passport via online, tapi sebelumnya saya coba telp ke cust service (1500 464) . Dan menurut cust yg mengangkat telp saya (saya lupa menyanyakan namanya tp dia perempuan) saya disarankan untuk datang langsung tidak usah daftar online karena menurtnya kl online sering terdapat masalah pas mau submit kembali pembayarannya via web gagal terus padahal sudah membayar di bni dan menurutnya malah nanti pas kita datang ke kantor imigrasi bisa di oper kesana kemari .Jatohnya lebih berbelit belit/ lama dr pada yg datang langsung (tidak via online)
    Jadi untuk sementara saya masih bingung mau daftar online atau langsung datang saja.
    Ada saran untuk hal ini ??

    • Saya dan banyaaaak teman saya sih nggak ada masalah daftar via online. Dan kalau di kanim saya malah disarankan untuk lewat online karena arahnya nanti diharapkan semua proses memang lewat online

  32. Selamat malam mba,saya baru aja isi permohonan perpanjang online, udah curiga nih kok coba 2 kali ngga ada acara upload dokumen, saya baca blog ini ternyata memang dah ganti rules ya. Mau Tanya barangkali ada yang bisa bantu, kalau orang tua saya, ayah sudah meninggal, hanya ada ibu, apakah masih diperlukan Surat Nikah? rasanya sudah ngga disimpan😦 Kalau ngga ada pengalaman saya imigrasi suka mempersulit, aduh saya sih trauma deh, berhubung tampang saya rada oriental, nama saya berbau asing. Herannya seluruh keluarga saya yang lain ngga pernah ada “diskriminasi” kayak saya yah karena penampilannya lebih “indonesah” daripada saya😦 eh jadi kepanjangan, bantuin dong kalo ada yang tau, besok saya sudah akan bayar… thx sebelumnya

    • hi. mau share nih. tgl 6 Des saya daftar via online, tanpa upload dokumen. lalu saya mengisi data dan dapat email balasan yg harus di print utk rekomendasi ke Bank. tgl 8 nya saya ke bank BNI utk transfer uang sebesar 355rb + uang administrasi gt 5rb. total 360. setelah bayar, saya kembali ke email saya dan melanjutkan proses. pokoknya semua sesuai yg admin jelasin dh. nah trs kita boleh pilih waktu kapan kita mau dtg utk foto n wawancara. dan jgn lupa print file yg dikirim oleh pihak imigrasi via email kita (3 lembar). nanti kita isi dan bawa ke Imigrasi,. saya pilih datang tgl 9 di Kanim Jakarta Timur. sy dtg jam 7.30 tapi antrian sudah lumayan. sudah diatas 30an org utk yg via Online. utk yg manual luar biasa banyak nya. nah disana kita akan dapat formulir surat pernyataan yg harus kita tandatangani diatas materai. setelah kita isi dan antri lalu berikan ke petugas dan mereka akan memberikan nomor antrian kita utk pengecekan berkas asli dan fotokopi kita. lalu sy naik ke lt 2 utk menunggu no antrian saya.. agak lama. 30 menit lebih saya nunggu nya. kebetulan saya dpt no antrian (819) sama dgn org ke 19. setelah dipanggil, berkas saya dicek KTP,KK, DAN AKTA LAHIR ASLI (BAWA IJAZAH ASLI UTK JAGA2) DAN SEMUA FOTO KOPI 1 LEMBAR. then, saya dpt no antrian baru lagi utk foto n wawancara. setelah foto n wawancara selesai, kita bs menunggu passport kita 3 hari krj. karna sy buat selasa, jd nya jumat. fyi, kanim jaktim ok juga lhoo.. selesai..

  33. mbak saya mau bikin passport tapi hanya punya KTP, KK dan Surat nikah apakah bisa ? karena Akte lahir dan ijasah saya hilang.

  34. selamat malam,
    barusan saya daftar via online
    dan sudah mendapatkan pdf tanda terima permohonan
    yang saya tanyakan di halama 2 terkait formulir surat perjalanan RI utk WNI
    padahal sebelumnya saya sudah mengisi data lengkap, akan tetapi di rom tersebut kok tidak muncul ya. mulai dari alamat rumah, alamat kantor, hingga nama orang tua jadi kosong. dan saya cari menu untuk sekadar check atau mengedit data ternyata tidak saya temukan.

    adakah solusi?
    mohon informasinya
    terimakasih sebelumnya

  35. thank you dina untuk sharingnya diatas. aku kemarin baru daftar online dan hari ini udah foto+wawancara. Aku tadi ke kanim jakarta barat. Aku datang jam 06.10 jam 08.35 udah selesai semua. yang penting jangan lupa buat wni keturunan yang memiliki ganti nama dari nama chinese ke indonesia bawa akte ganti nama yang asli + copy di A4. yang lain udah sesuai diatas. Sekali lagi thank you . Senang bisa urus sendiri dengan kemudahan persyaratan dan antrian.

  36. terimakasih banyak, infonya sangat berguna mba
    saya jalankan step by stepnya dan jadi lebih mudah dipahami ketimbang baca step by step dari web imigrasinya hehehe..
    makasih banyak ya sharingnya

    oh ya, mau tanya, saat sudah bayar kan klik link di email untuk konfirmasi kode dan menentukan waktu ke kantor imigrasi. nah di bagian akhir ada instruski donlot form permohonan. karena tadi internet ga bagus jadi belum ke donlot.
    Pas coba klik lagi, tulisanya permohonan sudah terikirim ke kantor imigrasi.

    form permohonan ini beda sama attachment tanda terima permohonan yg ada barcode nya ya mba ?
    kalo beda, download ulangnya gimana ya ? ada saran ?

    makasi banyak mba

    • bisa.. aku tadi coba lewat atm bni . pilih menu pembayaran. lalu lainnya. lainnya. sampai muncul “imigrasi” lalu masukkan kode pendaftaran mbak..

      • Sy kok gagal bayar via ATM ya? Keterangannya nomor permohonan anda tidak terdaftar😦
        Yg dimasukkan itu no billing bank ato nomer permohonan? Karna ada perbedaan di angka yg pertama. Klo di nomor billing bank, ada tambahan angka 1 di depannya.
        Sy udh coba masukkan kedua nomor itu, tp tetep gak bisa. Kira2 knapa ya? Mohon bantuannya
        Kalo bikin manual di imigrasi jakut, seharian apa sampe hrus dateng lg ya?
        Mkasih🙂

  37. lahh belum selesai ketik udah ke submit hihihi…
    ulang ya…

    hai din salam kenal… thx ya postnya membantu banget. aku juga baru submit daftar online dan rencananya tanggal 22 desember nanti mau ke imigrasi.
    sempet bingung perlu upload dokumen ga tadinya hehehe…

    eh iya terus di web imigrasi kok diminta surat baptis segala ya… masa sih harus bawa2 itu *bingung* hihihi…

  38. saya udah lama hidup di luar dan berencana perpanjang e paspor di jakarta. Tapi semua dokumen asli saya hilang. Adanya fotokopi aja. Bisa ga mendaftar?

  39. mbak orang tua sdh sepuh, apakah perlu di isi nama orangtuanya juga (berarti kakek nenek saya)

    lalu yg hrs fc bolak balik dalam 1 lembar a4 hanya ktp saja ya?
    kalau paspor yg sdh habis masa berlakunya apa harus di fc juga 1 lembar a4?

  40. Mba..
    kemarin aku buat passpor.. Jamannya masih scan-upload dan bayarnya di kantor imigrasi. Lalu beberapa bulan kemudian papa ku buat passpor, jamannya juga masih scan-upload dan bayar di BNI. Cuma disini ada sedikit miss informasi, ternyata saat datang ke kanim itu harus sudah bayar BNI. Karena pengalaman yang dulu bayar di kanim, jadilah agak bolak balik itu urus pembayaran passpor. Kanim-BNI-Kanim😐

    Sekarang, aku mau bantu buatin Mama dan adik adikku.. waaaaaah bingung aku iya ini mana upload upload nya? dan kok ujug ujug udah disuruh bayar aja😐

    Walah… googling sana sini informasi di blog blog rata rata masih pada upload dokumen😐 daaaan alhamdulillah untungnya aku nyasar juga sampe ke blog mba ini😀 senangnya.. gundah gulana ku lenyaaaap😀

    Thank You informasinya mbaa..

    Btw, di email konfirmasi yang pertama, itu 5 hari kerja mba.. bukan 3 hari
    😀

    Salam

  41. Halo, Mbak! Thank you infonya ya bermanfaat banget🙂
    Tadi sudah daftar online, tapi kenapa ya link konfirmasinya tidak bisa dibuka😦
    Saya sudah bayar namun jadi bingung ketika mau mengkonfirmasikannya, karena based on info di atas, kita akan dapat surat yg juga harus dibawa saat ke KANIM.

    Terima kasih

  42. Salam.. saya ingin bertanya.. saya mendaftar secara online pd tgl 18 des 14 dan lgs melakukan pembayaran ke bank BNI pd tgl 19 des 14. Tp sampai saat ini 20 des 14 sore hari kalau saya cek melalui email yg dikirimkan kpd saya.. ditulis status pembayaran msh dalam proses harap ulangi beberapa saat lagi. Pdhl disitu ditulis batas waktu cm 5 hari. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    • Saya pernah tanyakan hal yang hampir sama ke pengaduan imigrasi dan yang saya tanyakan adlh apakah bisa surat keterangan pengganti sementara E-KTP yang dikeluarkan kecamatan sbg pengganti KTP seperti yang terdapat dalam Surat Mendagri nomer 471.13/5184/SJ tanggal 13 Des 2012.
      Dan jawabnya adalah tidak bisa..!!! KTP, KK, dan ijasah/akte adalah syarat mutlak.
      Sepertinya kerja sama antar instansi pemerintahan kita belum benar benar berkesinambungan jadi seolah olah surat Mendagri kita seperti surat cinta biasa saja di departemen imigrasi alias gk ngefek cuy…hehehehe

  43. Mba dina mau nanya untuk buat e pasport atau paspor manual itu apakah harus daftar online terlebih dahulu ya? Atau langsung datang ke ktr imigrasi mohon info nya, trus klo dicengkareng terdekat dimana ya tks rencana senin tgl 23 mau urus tks ya

  44. ini mau bikin paspor untuk anak,katanya ortunya harus punya paspor dulu, kalo mau bautnya bareng gimana? bisa ga ya? takutnya nanti ga bisa trs hrs nunggu paspor ortunya selesai dulu? wah kalo kaya gitu jadinya bolak balik dung. mohon infonya

  45. Mbak Dina, terima kasih atas infonya, sangat membantu sekali. Ternyata kenal dengan Angela juga🙂

    Tadi baru saja mengurus paspor, ternyata di kantor imigrasi Jakut sekarang walaupun sudah daftar online tidak ambil nomor terlebih dahulu tapi mengantri sesuai urutan tempat duduk. Tadi saya datang sekitar pukul 07.30 sudah duduk di barisan agak belakang (curi-curi dengar ada yang sudah antri dari pukul 05.30). Yang datang setelah pukul 08.00 tidak kebagian tempat duduk dan harus mengantri sambil berdiri.

    Lalu setelah loket dibuka (+/- 07.45) pergerakan cukup cepat. Sekitar jam 08.30 dokumen sudah diverifikasi awal dan diberikan nomor urut antrian nomor 016, disini baru terlihat bahwa pendaftar online memang lebih cepat daripada yang langsung mendaftar di tempat. Jam 9 lewat saya sudah dipanggil foto dan jam 09.30an juga sudah wawancara. Karena mungkin sudah musim libur, paspor saya baru bisa diambil tanggal 30 Des nanti.

    Oya, saya juga bisa mengurus paspor 24 halaman tanpa kendala, alasannya ya memang bukan frequent flyer aja sih. Pihak imigrasi tidak menanyakan macam-macam namun hanya menanyakan apakah ada rencana ke Eropa/Arab Saudi karena saat ini masih belum diterima (tidak jelas alasannya apa). Info lebih lanjut bisa cek ke: https://lapor.ukp.go.id/pengaduan/1290509/reformasi-birokrasi-dan-tata-kelola/kesimpangsiuran-informasi-paspor-untuk-umroh.html.

    Membantu jawab untuk Mas Mulyadi (mungkin agak telat ya hehe):
    1. Harus daftar online dulu, bisa klik link di atas yang tersambung dengan web imigrasi, dilengkapi online dulu dan lakukan pembayaran di BNI (teller)
    2. Setelah melakukan pembayaran, pilih tanggal kedatangan. FYI, 24-25, 31 Des kantor imigrasi libur.

  46. mau tanya nih. Saya sudah daftar online tgl 27 des kemarin, nah sekarang mau lanjut ke pembayaran. Cuma baru inget, nama saya di akte lahir berbeda dgn yg di ktp. Nama yg di akter hanya nama depan “jennifer” sedangkan di ktp nama lengkap, 2 kata. Kira2 itu bakal bermasalah ga ya? Mohon bantuannya ya, thanks.

  47. Hi, Setelah klik Lanjut , jurnal bank & pilih tanggal, saya masih belum dapat email notify ke 2, Tanda terima Pra pembayaran belum juga masuk inbox, Bolak balik refresh email , mau tanya ,,, biasanya berapa lama , dapat email ke 2 ? Thanks

  48. Hi mba, salam kenal. Terbantu sekali dengan tulisan iniiii.. Walaupun datang telat berakibat tetep kudu nunggu antrian yang panjaaaang.. Izin taro link ini di blog aku ya mba. Thank u.

  49. mbak saya sudah coba daftar dan mendapatkan email no.biling pas saya pergi ke bank, katanya no.-nya tidak ditemukan dan saya harus menghubungi pihak terkait atau buat akun baru. yah saya buat akun baru dengan alamat email yang lain, tapi belum coba bayar lagi. takut nantinya jadi masalah. sarannya?

  50. haii mbak thanks info nya. kebetulan lusa mau ke imigrasi jakut.. aku tadi kaget juga ga perlu upload dokumen dan ternyata di utara cepet ya prosesnya, cuma satu jam.pdhl waktu oktober 2013 aku buat online untuk anak aku itu dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore baru selesai photo!! aku bawa bayi asi umur 6bulan.. kebayang dong repotnya dan kasian nunggu selama itu, aku buat di imigrasi jakarta timur cipinang, karena tahun sebelumnya kapok nemenin mertua ngurus di utara, ngantri dari pagi buta hehehe.. btw thanks for sharing

  51. Terima kasih untuk pos ini, saya jadi pede urus cara online dan pilih Kantor Imigrasi Kelas III Bekasi.
    Saya buka aplikasi tgl 2jan15, bayar di BNI sesuai pengantar, sampai akhirnya dpt undangan untuk datang hari ini tgl 13jan15.
    – total applicant dibatasi sampai 100, tp yg dtg kurang dari itu.
    – posisi saya ada di sekitar 10 pax terakhir (hujan, masuk antrian j06:45).
    – j07:15 pelayanan diawali ‘cust-off’ lanjut di dalam oleh officer yg melayani verifikasi, sidik jari, wawancara, foto sampai menerbitkan kupon pengambilan paspor.
    – j09:15 pelayanan selesai, cukup 2 meja saja yg dihampiri oleh setiap applicant.
    Apresiasi setinggi2nya untuk Kantor Imigrasi Kelas III Bekasi, lancar, nyaman, ramah dan tertib seperti pelayanan di bank swasta!
    Sekali lagi terima kasih untuk pembuat pos ini, saya sangat terbantu karenanya. Sekian.

    • Mas Bamang & Mbak Dina, terima kasih sebelumnya sudah mau berbagi & infonya sangat bermanfaat.
      Saya ingin tanya ttg lembar kedua pada formulir Tanda Terima Permohonan. Judul atasnya Formulir Surat Perjalanan RI Untuk WNI (sangat singkat aja). Nah, di bgn bawah ada bagian2 kosong spt nama ibu, kewarganegaraan, alamat orang tua, dstnya sampai bawah. Apakah itu harus diisi dg tulisan tangan? Atau dikosongkan aja?

      • Saya sudah ke kantor imigrasi tadi🙂 Pertanyaan saya terjawab dg sendirinya. Hahaha.. Ternyata lembar yg saya tanyakan tsb dikosongkan saja, krn kita akan mendapatkan formulir yg sama ketika sudah di imigrasi. Formulir tsb harus ditulis tangan. Sempat panik juga krn saya harus mengisi 2 formulir (satunya punya anak saya yg baru 4 thn) & kita mendapat nomor antrian awal.

    • Halo mas Bamang, tlg tny rentang waktu dr hari pembayaran ke hari interview apa ada minimum hari nya? Misalkan hari ini proses bayar biaya passport uda beres,apakah sy bs pilih keesokan hari utk melakukan foto dan interview? Trmksh..

  52. malam mbak Dina, tks ya untuk info nya .Mau tanya, kalau untuk anak dibawah 17 tahun, di kolom identitas saya isi dengan nik, tapi di tempat ID dikeluarkan,tgl berlaku ID dan tgl expire ID saya harus isi apa ya?karena kalau belum punya KTP tidak ada masa berlaku dan expire nya, sementara kalau saya kosongin sistemnya tdk mau lanjut. Mohon sarannya.Tks

  53. Sorry aku mau tanya nih, kan mau bikin paspor baru buat mama, setelah pembayaran eh link yang dikirim ke email untuk konfirmasi pembayaran kok gabisa di klik. Ada yang pernah mengalami hal yang sama?
    Thanks ya sebelumnya

  54. Hai mba, tny yaaa…
    Saya sudah daftar online tuk bikin pasport baru org tua saya…tp pas saya tau (setelah tny sama tmn2) tnyata namanya hrs sesuai KTP sdgkan d KTP hny ada 2 suku kata. Saat pendftran saya cantumkan 3 suku kata (nama belakang saya tambahkan nama kakek saya)…cara merubahnya bagaimana y mba? Karena saya taunya saat ini pasport harus 3 suku kata…mohon inponya y mba. Makasih

  55. malam mbak dina…mau tanya nih kalo lewat online…notifikasi emailnya langsung atau memang lama yah…saya punya koq ngga ada notif masuk sampai saya ulang-ulang, atau apa emang hari dan jam kerja saja ya baru bisa dapat notifikasi nya, jadi bingung juga nih.thanks

  56. hai, mau tanya, kalau kita salah isi nomer gimana ya? contohnya saya mau masukin NIK anak sesuai KK tapi yang saya masukin adalah no NIK KTP ibunya. Nah apakah masih bisa dilanjutkan? Thanks

  57. Mba, Tanya donk.. Saya mau perpanjang paspor anak saya. Utk KTP dan paspor orangtua itu hrs asli dua2nya? Mksdnya bapak dan ibu? Kl salah satu aja bisa ga ya? Suami saya soalnya ga di Indonesia sampai tahun depan. Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya

    • Ini kejadiannya spt saya deh. Bedanya, saya bikin paspor baru. Kmrn saya baru mengurus paspor, Mbak Indri. Jadi, yg diperlukan adalah surat pernyataan dari suami bahwa dia memberi kuasa pada istrinya utk pembuatan paspor anak. Kmrn saya ditegur krn suami lupa mencantumkan alamatnya disana. Jadi sebaiknya cantumkan juga alamat suami disana. Lalu surat kuasa ditandatangani kemudian di-scan, kirim ke e-mail Mbak Indri. Sertakan juga hasil scan identitas suami mbak. Mulai dari KTP, paspor, visa, & kartu pelajar jika sedang belajar. Diperbolehkan kok walau hasil scan. Bahkan surat kuasa saya ngga pakai meterei krn disana ngga ada meterei.
      Semoga membantu ya….Smoga lancar…

    • kl yg bibutuhkan paspor kedua orang tua itu syarat hanya tuk anak yg lahir di luar indonesia.
      kl situasi anda itu yg di lampirkan juga sebatas fotokopi. jadi buat tuk jaga2 aja ya di buat fotokopi nya lo? (kan biasanya kan ada simpan fotokopi nya)

  58. Mbak boleh nanya? Kan saya masih make NIK , jadi waktu daftar online saya make NIK saya yang di KK sementara, soalnyakan kalo di KK sementara sama KK asli NIK nya sama. Yaudah saya pake yg di KK sementara trus masa berlaku ID nya juga yg di KK sementara, trus ternyata pas KK baru saya selesai dibuat, masa berlakunya beda sama yg disementara. Trus itu gmna dong padahal saya udah bayar ke bank sama tinggal ke imigrasinya aja. Itu bermasalah gak ? Mohin balasannya mbak. Makasih🙂

  59. Mau tanya nih.mau perpanjangan passpor.tp dokumen fotokopian aja bisa gak?yg asli di jawa semua.cm KTP aja yg asli.kk ijazah dll cm fotokopian.boleh gak ya?

  60. Mbak, makasih banyak yah infonya.. sy udah ikutin linknya.. cuman.. aduh cuman.. krn mungkin lagging atau kenapa internet connectionnya, perasaan saya sudah klik perpanjang paspor krn habis masa berlaku. Tp ketika sudah dibayar di bank bni, saya baru baca ternyata yg saya klik itu paspor baru. Sy coba googgling siapa tahu ada yg ngalamin hal yg sama dgn saya, dan sedih banget, utk ditukar ke permohonan paspor baru itu tidak bisa.. sy pilih di imigrasi jaksel.. mohon maaf, apakah mungkin mbak ada info yg menyejukkan hati mengenai hal ini..

  61. Pingback: Bikin paspor? online ajaa | Just A Silly Thought

  62. Mba, kalau pas penyerahan dokumen, boleh gak kk nya itu fotokopian… soalnya ibu aku jauh ni, aku kuliah di jogja. Mohon bantuannya

    • Aku kurang tau. Sebenernya yg diserahin emang fc nya aja. Yg asli hanyak utk pengecekan. Tapi aku ga ngerti jg kalo kasus km boleh atau ngga. Coba tnya ke kantor imigrasinya

    • Maaf saya coba bantu jawab, untuk dokumen asli sifatnya adalah wajib di bawa sebagai pembuktian dokumen yang di foto copy. Jadi mbak Meis sebaiknya minta tolong saja kepada ibunya atau saudara yang terdekat dengan ibu agar mengirimkan KK asli via post kalau gak mau repot pulang kampung.

  63. bu mau nanya, itu di form bikin passport online, di bagian pengisian alamat kan ada dua kolom. Itu isinya gimana ya? apa kolom kedua itu buat lanjutan kolom pertama, atau kolom kedua itu berbeda dari kolom pertama (jadi buat alamat beda misalnya). Thanks

  64. mau tanya, kaka saya mau membuatkan paspor untuk anaknya yang berumur 4 tahun.. apa perlu ktp ke 2 orangtuanya? soalnya mereka sdh pisah selama 2 tahun tapi blum bercerai resmi. sedangkan untuk pembuatan paspor anaknya kaka sy cuma punya akte lahir, ktp kaka saya, kk ( masih numpang ortu).. surat nikah..apa bisa ya? mohon bantuannya dunk..makasih

  65. maaf mba.. saya sudah daftar untuk perpanjangan paspor secara online tapi waktu kedatangannya 2 minggu setelah ferifikasi. bisa gak sih datang lebih cepat dari yang dijadwalkan? butuh banget soalnya...

    • maaf mba.. saya sudah daftar untuk perpanjangan paspor secara online tapi waktu kedatangannya 2 minggu setelah ferifikasi. bisa gak sih datang lebih cepat dari yang dijadwalkan? butuh banget soalnya...

  66. mba mau tanya dong, dari mba daftar online, pilihan untuk dateng ke kanim foto dan wawancara berapa lama?

  67. infonya sangat membantu banget. makasi banyaak. aku mau buat passport scr online buat kedua ortu mau umroh, di Kanim Klas 1 medan jalan gatsu… AYOOO HINDARI CALO, skrg buat passpor malah lbh gampang drpd buat KTP hehehe.. pake online ajaah

  68. tgl 14 mei 2015, skrng saya coba ikut bikin paspor online di mataram – lombok, NTB
    memang benar sudah tidak ada upload2an dokumen. ini uda dapat email balasan (walau kmrn tgl 13 mei 2015 ga bisa website nya error), cuma ya itu besok pas di kantornya aja dilihat nanti gimana pelayanannya, uda ok atau masih banyak pungli (yg saya maksud :kasih uang biar dapat no antrian, soalnya di mataram sini 1 hari cuma bisa 40 orang, sudah ada kejadian soalnya teman kasih uang tempel ke satpam 20rb disuruh balik besok, langsung kasih 100rb eh bim salabim langsung bisa muncul no antrian…..sakti mandraguna memang)

  69. Halo mbak salam kenal. Saya mau tanya apakah buat paspor secara ONLINE ini bisa di terima di setiap kelas kantor imigrasi? mksd saya kan ada kantor imigrasi kelas 1 dan kelas 2. Saya ada rencana buat paspor anak jadi cari info biar tidak bolak balik nantinya.

    thanks

  70. Mbak, saya mau tanya kalau sudah punya KTP apakah masih perlu membawa paspor asli orangtua? atau hanya fc saja ? tq

  71. Mbak, saya mau bantu uruskan paspor sepupu yg masih SD. Ortunya belum punya paspor, tanpa paspor ortu boleh kan ya? soalnya saya yang mau ajak jalan jalan ke luar negri. Dan surat kuasa, kalau si ibu yg antar apa bisa diisi si ibunya? karena ayahnya kerja. tlg jawabannya ya. makasi

  72. ka aku mau tanya kan buka website imigrasi pas isi datanya ada kolom nomor identitaskan? untuk yang baru punya kartu pelajar pilihnya yang mana ya? kan ada KTP WNI, NIK, ARC

  73. mau nanya, saya sudah masukin no jurnal bank dan sudah keluar tulisan untuk download pdf tanda terima .Tapi tanda terima saya dan adik saya yang di download berisi data ayah saya ..ada yang bisa membantu?

  74. Shalom sis mau nanya. Saya tingal di tanggerang tapi ktp masih di jakarta. Kira2 bisa gak bikin pasportnya di daerah tanggerang.

  75. Buka ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp kok susah ya? ada saran kah biar bisa di buka? gagal mulu soalnya

  76. permisi kaka, numpang nanya dong.

    apakah semua dokumen yg dibutuhkan harus bawa aslinya? apa cuma KTP aja? soalnya dokumen saya yg aslinya ga ada cuma KK doang sih. soalnya KK terbaru yg asli lagi di proses di kecamatan, keluarnya 2 minggu lagi ( sedangkan saya butuh perbaruan paspor secepatnya) jadi sama kecamatan cuma di kasi foto copy-an buat sementara.

    thx before,
    have a nice day🙂

  77. mo tanya donk mbak,

    saya sudah melakukan pembayaran menlau bank.. saya sudah mengikuti Link nya.. tapi kenapa belum ada email konfirmasi balik dari imigrasi ya?

    mengulang link nya hanya ada notifikasi seperti ini :

    PERHATIAN! Permohonan Sudah Dikirim Ke Kantor Imigrasi yang telah dipilih
    Permohonan Penggantian hilang masih berlaku atau Permohonan Rusak masih berlaku tidak dapat diajukan melalui permohonan online namun harus datang langsung ke kantor Imigrasi
    Informasi: – Email : humas@imigrasi.go.id

    Ada kah yang bisa bantu ?

  78. Trimakasih buat infonya Mban Dina, Akhirnya saya di yakinkan dengan adanya sharing ini, mengenai masalah upload2 Data. Tapi saya mau Tanya, Untuk pembayaran di Bank BNI apakah berlaku di semua cabang BNI ?

    Thanks….

  79. hai mba..makasih infonyaa, kebetulan aku mau bikinin paspor untuk anak aku besok😀 oiya kalau surat pernyataan orang tua itu harus di ttd bapak ibu nya kah? karena kebetulan bapaknya kan ga bisa ikutan cuti buat anter ke imigrasi, jadi cuma sama aku aja nanti😀 makasih banyak🙂

  80. Pingback: Mengurus Perpanjangan Passport - BLOGFAM

  81. 1. Kalo ibu saya sudah meninggal apakah saat wawancara saya perlu membawa surat kematian?
    2. Pada saat penulisan yang untuk nama ibu, kalau misalnya ibu saya sudah meninggal, dan di dalam kk sudah tidak ada namanya, hanya nama ibu tiri (meskipun ada informasi mengenai Anak dari… ) saya harus tulis bagaimana? apakah XXXX almarhumah atau xxxx saja? karena nama lengkap ditambah almarhumah tidak cukup dalam kolomnya. saya takut ketika diperiksa, nama alamarhumah dianggap sebagai nama lengkap sehingga tidak sesuai dengan KK dan malah ditolak paspor saya. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s