Tentang Raka – 11 Bulan

Tentang Fisik

Berat badan: 8,89 kg
Tinggi Badan: 73 cm

Kali ini lumayan akurat, karena sehari sebelum ulang bulan, Raka batuk parah, jadi dibawa ke dokter dan diukur deh tinggi dan beratnya.

Sedih BB nya stuck gak nembus angka 9. Sebenernya BB Raka sempet meroket hampir 9,5 kg gara-gara makannya buanyaaaaak. Baru aja saya beli kotak makan baru yang volumenya lebih gede, eh tau-tau mendadak dia mogok makan, lalu dilanjutkan dengan sakit. Makin langsing deh.

Biasanya saya nggak langsung bawa Raka ke dokter kalo sakit. Tapi batuk kali ini bikin saya ngeri. Dia sempet bangun subuh minta nyusu. Setelah itu saya tidur di kamarnya karena kuatir. Nafasnya terdengar sesak, seperti kesulitan menghirup udara. Tidurnya juga gelisah. Betul aja, paru-parunya udah ‘bunyi’ lagi.

Baru kali ini liat Raka se-lemas ini. Biasanya dia sakit sampe ingus ijo dan batuk grok-grok juga tetep aja pecicilan. Kali ini, badannya pake demam segala selama 2 hari. Sungguh kejadian langka, di kasur atau sofa, dia bisa berbaring dengan sukarela, dan waktu digendong langsung nyender aja tanpa perlawanan.

Mama aku atiiiit

Mama aku atiiiit

Ya jadi menurut dokter, Raka kena viral virus. Dan karena bakat asma, jadi langsung parah. Jadi kalo batuk sesak sedikit saja udah boleh dikasih obat dan boleh di nebu (uap). Note: dsa Raka ini termasuk pro RUM. Kalo nggak perlu-perlu banget, dia nggak kasih resep.

Thanks God, sekitar semingguan aja, Raka udah sembuh.

Btw, gigi Raka juga udah nambah 2 lagi (gigi seri atas). Dan giginya guede banget sodara-sodara. Haha.

Ini gigikuuuu. Mana gigimuuu?

Ini gigikuuuu. Mana gigimuuu?

Tentang MPASI

Bulan ini, Raka sempet mogok makan. Mogok makan loh ya bukan GTM (gerakan tutup mulut), soalnya dia tetep mangap sih, cuma abis itu disembur ato dilepeh. Hehe. Saya sampe udah bikin berbagai macam menu supaya dia mau makan, semua ditolak.

Yang masih mendingan mau dimakan cuma biskuit sama roti tawar. Bahkan pisang, buah kesayangannya pun, cuma mau beberapa suap lalu dilepeh. *sedih*

Jadilah selama semingguan, asupan makanan Raka sedikiiiit sekali. Cuma ngemil-ngemil aja.

Belakangan, dia mau makan pepaya, dan cuma mau pepaya. Saya pun mencoba kreatif. Pertama, saya campurin oatmeal sama pepaya. Eh sukses habis tandas. Lalu… saya masak oatmeal nya pake kaldu supaya lebih banyak gizinya, plus tetap ditambahin pepaya. Eeeh tandas lagi. Lalu saya tambahin lagi tahu. Soalnya saya pikir kan tahu rasanya tawar ya, jadi dominannya tetep rasa pepaya. Eeeh abis buanyak!

*Bahagia* walaupun gak kebayang itu rasanya apa ya.

Untungnya makin ke sini, napsu makannya kembali sih. Dan saya sesekali udah kasih table food walaupun dalam jumlah kecil.

Tentang Development dan Lain-Lain

Udah bisa nunjuk. Sejak itu, kalo udah ada maunya ya main tunjuk-tunjuk aja. Bangun tidur pun langsung nunjuk.

Hey kamu! Iya kamu!

Hey kamu! Iya kamu!

Udah bisa berdiri tanpa tumpuan dengan lebih stabil.

29 Juni 2014, akhirnya mau belajar jalan sambil dititah.

11 Juli 2014, tahu-tahu dia nemuin jemuran handuk, dan bisa jalan bolak-balik keliling ruangan sambil dorong-dorong tuh jemuran *bagus ya nak, Mami gak perlu beli walker* hihi.

Bisa berdiri lalu dorong-dorong

Bisa berdiri lalu dorong-dorong

15 Juli 2014, Raka jalan selangkah tanpa dipegangin.

Manggil saya dengan “Mamah”, manggil Mas Ben dengan “Abah” atau “Babah”, manggil omanya dengan “Ema”. Dan sesekali bisa niruin kata-kata kita, seperti “gajah”, “apa”, “bapak”, “nggak” walaupun nggak yakin dia ngerti artinya.

Hobi manjat. Apa semua bayi kaya gini ya? Ngeliat benda apapun, pasti langsung dipanjat atau setidaknya usaha manjat.

Ditaro perosotan maksudnya biar meluncur. Eh malah dipanjat

Ditaro perosotan maksudnya biar meluncur. Eh malah dipanjat

Superkepo. Kalo ada celah sedikit pasti diintip. Kalo terbuka sepenuhnya malah dicuekin. Kalo ada sesuatu di atas meja pasti berusaha manjat buat ngeliat. Begitu juga kalo ketemu kolong ranjang.

Kepo

Kepo

Kepo

Kepo

Kepo lagi

Kepo lagi

Kepo Compilation

Kepo Compilation

Terlalu kepooooo. Astagah!

Terlalu kepooooo. Astagah!

Sekian dulu… Ini postingan yang terburu-buru di tengah deadline job dan kerjaan rumahtangga selama nggak ada ART. Maksa banget nulis karena sebentar lagi udah mau ulbul ke-12 loh! See you soon, toddlerhood!

Semua kucel. Anaknya kucel lagi sakit. Mak bapaknya kucel ngurus anak sakit

Semua kucel. Anaknya kucel lagi sakit. Mak bapaknya kucel ngurus anak sakit

 

 

 

7 thoughts on “Tentang Raka – 11 Bulan

  1. wahh Raka pinter ya uda bisa berdiri n mulai jalan. idenya bagus juga tuh pake tiang jemuran wakakak. btw salut lho bisa ngefoto2in smua aktivitas raka pas lagi geratakin sanasini itu. bagus ya bwt kenang2an heuehhehe

    Muga2 ga sampe asma yah. wesleyku juga kena asma, keturunan dr mamanya. mudah2an raka ngga yah🙂

  2. Din… lu beli kursi bakso deh atau kursi sejenis itu di rumah. Kan Raka hobi dorong2 ya. Abby juga dan yg lumayan dia seneng dorong dan bantu cepet jalan ya si kursi bakso hihihi.

    Sehat terus ya Raka. Bentar lagi ultah setahun loh! Hurahrahhh!

  3. Hihihi. .kepo maksimal yah si raka.. tapi lucu din. curious banget. hahaha.. Sebentar lagi udah 1 tahun aja yaaa.. perasaan kemarenan baru baca postingan raka dilahirin. *inget banget gua, foto elo lagi jongkok2* hahaha..😀

  4. Ah Raka bagi-bagi dong resep makan pinter kayak gitu. Cici Madeline sampe sekarang makan juga masih mood-moodan. Sehat-sehat terus ya Ka, udah mau ultah aja nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s