Raka’s Triple Celebration

Ini late post banget deh ah. Biarin deh, yang penting ada kenang-kenangannya.

19 Agustus 2014 lalu, Raka ulangtahun yang pertama. Dan perayaannya bukan cuma satu…dua… tapi tiga kali! Berikut liputannya… *tsah*

1st Celebration : Smashing Cake

When? Selasa, 19 Agustus 2014
Where? Our home

Dari kecil, saya hampir nggak pernah melewatkan hari ulangtahun tanpa tiup lilin. Sekalipun lagi di kost-an, Mami saya (dan kemudian mas Ben, setelah kami pacaran) khusus nyamperin. Sekalipun lagi dilanda stress dan nolak ngerayain ultah, tetap mereka beliin kue kecil dadakan. Yang penting tiup lilin di hari-H.

Nah, saya ingin meneruskan tradisi itu buat Raka.

Saya merasa, kue ulangtahun-nya sendiri nggak ada maknanya. Kue hanyalah jadi tempat menaruh lilin. Tapi, kalo kuenya bikinan rumah, tepatnya bikinan Mami sendiri, sekalipun sederhana, tentu maknanya jadi beda dong.

Jadi, saya pun bertekad, selama saya mampu, sekalipun sangat sederhana dan bentuknya standar, saya mau bikin sendiri kue ultah buat anak-anak saya.

Bermodalkan resep dari joyofbaking, saya bikin mini vanilla cake ukuran 10×10 cm. Ini bukan pertama kalinya saya bikin layer cake. Tapi ini pertama kalinya saya decorate dengan proper dan niat. Walaupun basic (dan tujuannya buat diancurin), saya cukup puas sama hasilnya.

Di Hari-H, saya minta Mas Ben pulang agak pagi. Sempet bingung mau setting adegan smashing cake di mana. Tadinya mau di gazebo taman belakang tapi kok ya kotoooor banget. Akhirnya pindahlah ke dalam rumah, di pojokan samping meja makan. Lalu baru ingat kalo tripod kita lagi dipinjem. *tepokjidat*. Untuk bisa diganjel sofa.

Setelah foto-foto dan ‘tiup lilin’, Raka ditelanjangi. Sejak ngeliat kue, dia udah nggak sabar mau pegang. Jadi begitu dilepas, langsunglah dia brutal.

Sebelum Raka 'ditelanjangi'

Sebelum Raka ‘ditelanjangi’

Eh tapi ternyata Raka ini makannya ‘rapih’. Dia hanya ngacak-ngacak dan makan satu bagian ujung aja. Alhasil, kue nya cuma hancur di bagian itu.

Setelah mulai kuatir ngeliat Raka makan dengan napsunya (takut diare kebanyakan lemak butter cream), Raka pun di amankan, masuk kamar mandi.

Menyenangkan!

1b

2nd Celebration : Ultahan Massal

When?  Minggu, 24 Agustus 2014
Where? Sekolah Minggu

Emangnya sunatan doang yang bisa massal?

Di kelas Sekolah Minggu Raka, ada 3 orang yang ultahnya deketan. Raka tanggal 19, Selena tanggal 21, Sydnie tanggal 22. Semuanya bulan Agustus.

Karena deketan, kita para ortu pun janjian bikin acara ultah bareng di Sekolah Minggu. Sederhana aja sih, cuma tiup lilin di cupcakes susun yang dibikin sama keluarga Selena, lalu bagi-bagi goody bag yang disiapin saya dan ortu-nya Sydnie.

2a

Satu-satunya foto bareng Selena dan Sydnie yang agak mendingan. Lainnya goyang semua

Satu-satunya foto bareng Selena dan Sydnie yang agak mendingan. Lainnya goyang semua

3rd Celebration : Pool Party!

When? Minggu, 31 Agustus 2014
Where? Mini Sport Club komplek rumah

Ini acara perayaan utama yang berkali-kali hampir batal.

Sebenernya, saya kurang setuju sama perayaan ultah pertama. Soalnya anaknya belum ngerti, mendadak jadi pusat perhatian di tengah orang banyak, seringnya malah si birthday boy/girl jadi cranky. Lah tujuan ngerayain tuh bukannya mau bikin anaknya hepi?

Sementara Mas Ben sih pengennya rayain sama keluarga deket aja.

Tapi tau sendiri ya… seperti layakanya nyusun undangan wedding, kita bingung yang mana sih kategori keluarga deket itu? Rasanya semuanya dekat. Apalagi saya ngotot pengen ngundang beberapa anak tetangga dan anak teman yang beberapa kali playdate bareng Raka. Tambah panjang deh list tamunya.

Karena rempongnya itu, dan hal-hal lain yang nggak perlu diceritakan, kami sempet maju-mundur mau rayain atau nggak.

Eh tapi, dalam beberapa kali event keluarga besar, kami ngeliat Raka hepi banget kalo ada di tengah banyak orang. Sepertinya dia bakal hepi kalo dirayain, simply karena banyak temen main. Akhirnya saya pun luluh, dan kita jadiin deh acaranya.

Mini Sport Club komplek sebenernya bukan pilihan pertama kami, mengingat si birthday boy gampang banget kepanasan kalo di outdoor. Tapi, susah mencari lokasi yang bisa menampung sejumlah tamu kami, sekaligus masih masuk budget. Jadi ya sudah lah kita pilih venue ini. Banyak point plus nya juga. Deket rumah (jadi Raka bisa ke sana pas acara mau mulai) dan ada kolam renangnya dong!

The birthday boy. Sebelum kucel keringetan

The birthday boy. Sebelum kucel keringetan

Inilah detail acara kami:

  • Dekorasi balon dan chocolate fountain disponsori Cicinya Mas Ben.
    choco
  • Kue dan cupcakes ultah, beserta segala topper dan banner dibuat oleh saya.

    Dessert-table-wannabe yang kosoooong melompong. Haha

    Dessert-table-wannabe yang kosoooong melompong. Haha

  • Goody bag nya handuk yang dibordir nama masing-masing tamu, dikemas dalam gabble box yang sebenernya kemasan cupcakes.
    3 11
  • MC nya Aike, teman gereja kami, salah satu auntie kesayangan Raka.

    Bareng MC kondang(an)

    Bareng MC kondang(an)

  • Musik dan sound system, disiapin sama Mas Ben.
  • Makanan, pesen catering dong. Saya nggak secanggih itu nyiapin sendiri buat 80-an orang.
  • Entertainment buat anak-anak, kita sediain mini playground (pinjem punya Mami saya) dan magic balloon.

    Seneng banget main perosotan

    Seneng banget main perosotan

  • Untuk orang dewasa, kita siapin 2 quiz. Yang pertama, susun foto Raka sesuai umurnya. Yang kedua, tebak barang pilihan Raka *ini terinspirasi ultah Jaejun (anaknya Olive) tahun lalu*.

    Quiz corner

    Quiz corner

  • Untuk anak-anak, acara bebas. Boleh main sendiri, lari-larian, main di playground, atau main air di kolam renang.

    "Run for your life, Johnson!" *Raka bengis banget di sini*

    “Run for your life, Johnson!” *Raka bengis banget di sini*

  • Acara utamanya standard. Nyanyi, tiup lilin, potong kue, makan-makan, diakhiri dengan prosesi Raka milih barang.
    Ini siapa yang ultah sih sebenernya?

    Ini siapa yang ultah sih sebenernya?

    "Aku nggak mau diciyum!"

    “Aku nggak mau diciyum!”

    "Papi paksa!" *berhasil!*

    “Papi paksa!” *berhasil!*

    Potong kuenya

    Potong kuenya

Hasilnya?

Berantakan, sodara-sodara! Hahahaha

Kurang koordinasi, banyak missed di sana-sini. Tapi buat kami sih yang penting tetep fun. Yang penting bisa ngumpul sama keluarga dan teman-teman dekat dan ketawa ketiwi. Raka juga girang bisa main dikelilingi banyak teman sebaya.

Terus, benda apa yang dipilih Raka?

Saya nyiapin benda-benda yang belum pernah diliat Raka dengan tujuan semua benda ini punya kesempatan sama besar di mata Raka buat diambil. Benda-bendanya adalah: bola tenis (sport), metronome (music), uang Rp 100.000 (finance), buku color chip (art/design), kalkulator (math/science), dan bendera (maksudnya sih nasionalisme, biar jadi Presiden, tapi adenya Mas Ben salah ngerti malah taro bendera banner ultah Raka. Haha).

Bendera 'salah kaprah', kalkulator, uang, metronome, bola tenis, color chip book

Bendera ‘salah kaprah’, kalkulator, uang, metronome, bola tenis, color chip book

Dari pertama, sejak dia baru ‘ditaruh’ di lantai buat menuju deretan benda, dia langsung nunjuk bola dengan tegas! Lalu jalan dengan mantap dan ngambil bola tenis. Pas dia megang bola, semua tamu heboh tepuk tangan. Eeeeh anaknya mewek dong. Kaget kenapa pada teriakin dia. Haha.

"Raka mau yang mana"  "Eeh!" *langsung nunjuk*

“Raka mau yang mana”
“Eeh!” *langsung nunjuk*

Tap tap tap... jalan dengan semangat ke tujuan

Tap tap tap… jalan dengan semangat ke tujuan

"Aku ambil yaaa..."

“Aku ambil yaaa…”

"Eh... kenapa pada teriaaak?"

“Eh… kenapa pada teriaaak?”

"Aku salah apa?"

“Aku salah apa?”

"HWAAAAA....!!!"

“HWAAAAA….!!!”

Lalu diulang lagi, dan dia langsung ambil bola lagi.

*bapaknya seneng bingit pasti*

Bareng geng gereja

Bareng geng gereja

Bareng geng SMP-SMA. Setelah 12 tahun, kami pun beranak pinak

Bareng geng SMP-SMA. Setelah 12 tahun, kami pun beranak pinak

Bareng adik-adik Mas Ben sekaligus tim sekpot

Bareng adik-adik Mas Ben sekaligus tim sekpot

Temen-temen SMA dan versi mini-nya

Temen-temen SMA dan versi mini-nya

…….

Yak sekian edisi ultah Raka yang heboh dan melelahkan, tapi sangat menyenangkan! Terima kasih buat semua yang udah kirim kado, ucapan selamat, dan doa. Kecup manis dari Raka *kiss kiss*

Makasih, om tante, opa oma, cici koko....

Makasih, om tante, opa oma, cici koko….

 

 

 

24 thoughts on “Raka’s Triple Celebration

    • Ada sih yang berenang tapi nggak kefoto karena fotografernya fokus sama Raka. Rakanya sendiri gw jauhkan dari kolam renang. Tiap ngeliat air dia kalap mau nyemplung. Repot lah kalo birthday boy nya ikutan renang. Gw musti ikut juga dong.

  1. Raka…happy bday yaakkk
    iiih seneng yaa liat raka pas adegan ambil barangnya..teges yaa bok prinsip abis nie anak….
    din…bagi resep langsing hahhahaha

  2. Wah seru celebration nya sampe 3 kali!
    Lucu yg pas raka ambil bola jd nangis karena ditepukin. Hihihi kasian…🙂
    Moga2 jd pemain bola terkenal yaaaa…

    Happy birthday!

  3. Wow din, niattt bgt bikin kue nya😀 gue jd termotivasi buat ultah nya marco nih hahaha niat ada tp peralatan ga ada :)) btw kok bola tenis din? Coba bola nya gedean dikit kali2 pilihan nya berubah😀

    • Kalo bola yang gedean dia uda sering liat n mainin, takutnya udah ga tertarik karena bukan barang baru. Lagian, bapaknya tuh udah obssesed anaknya musti bisa main tenis.

  4. Wah hebat bikin kue ultah sendiri! Anak kecil gitu ya kalo disorakin malah nangis, kayaknya kaget. Madeline juga gitu, sampe sekarang malah. Kalo ada yang ketawa kenceng dikit langsung nangis.

    • Raka sebenernya gak terlalu sensitif sama begituan sih. Cuma kemaren itu kan beneran dikerumunin banyak orang terus tau2 teriak, ya shock lah dia. Abis gimana dong kita nya kan excited. Hehe

  5. Happy belated birthday yaa raka.. Btw din kue yg lo bkin cakep bener. Ga percaya gw itu pertama kalinya yg lo decorate dgn proper. Udah macam yg bisa dibeli di toko kue itu bentuknya. Kereenn. Fotonya raka pas smashing cake jg lucuuuu

  6. Wahh gw telat baca postingannya.. Yang penting sukses ya semuanya dan dapet kado banyakkk hahahaha. Eh gw jadi dapet inspirasi nih, apa gw bikin sendiri cake ultahnya James ya? huahauhaua tapi seumur-umur gw gaperna baking hmhhh..

    • Gih bikin! Ini guampaaang banget kok. Asal lo punya timbangan, oven, sama mixer, trus nurut sama resep, dijamin jadi. Cupcakes nya malah ga pake mixer tuh. Cari resep yang paling gampang aja haha

      • seriuss?? gw cuma punya waktu sminggu lagi nih huuhuhu. dr kmren2 mau mesen cake ultah, nunda mulu, skarang abis baca blog lu jadi dapet ide gila bikin sendiri hauhahaa

Leave a Reply

