Dear Mr. President

Tadi saya nonton liputan Bapak Presiden baru kita, Joko Widodo, lagi ramah tamah dengan John Kerry, menteri luar negeri AS. Apa yang diobrolin tentu saja nggak kedengeran. Tapi mereka terlihat ngobrol santai. Bahkan di satu moment, kelihatan Jokowi tertawa geli sampai bahunya naik *kebayang nggak?*. Haha ni presiden ‘lepas’ banget, saya ikutan geli sendiri ngeliatnya.

Saya jadi membayangkan, gimana ya rasanya jadi Jokowi, tahu-tahu jadi presiden RI. Tau-tau harus mengurusi masalah negara tujuh belas ribu pulau. Tau-tau harus ‘berurusan’ dengan para pemimpin dari berbagai negara di dunia.

Gimana ya rasanya? Ngawang-ngawang nggak ya rasanya? Mungkinkah tadi pagi dia bangun sambil mikir: “Datang juga hari di mana mimpi dan angan jadi kenyataan.”

Saya juga mikirin gimana perasaan istri dan anak-anaknya ya? Kira-kira satu dekade lalu, mereka adalah keluarga pengusaha, warga biasa. Lalu dalam sekejap mata, sang suami dan bapak jadi walikota Solo, Gubernur DKI, lalu sekarang…. PRESIDEN.

Mungkin nggak ya, awalnya merek menentang?

Lalu saya pun tersadar, kenapa ya kok saya bisa berkhayal kayak gini.

Mungkin karena presiden kali ini benar-benar berasal dari rakyat biasa, bukan dari militer, bukan dari kalangan politisi. Hanya rakyat biasa yang peduli terhadap masa depan rakyat, lalu Tuhan memberkatinya sehingga terus-menerus di-promote sampai ke posisi tertinggi negara ini.

Ternyata, saya baru sadar, selama ini saya melihat posisi presiden semacam posisi yang diisi manusia dari dunia yang lain. Alam bawah sadar saya berpikir bahwa presiden itu ‘bukan orang biasa’, sehingga saya tidak pernah terpikir untuk berkhayal menempatkan diri di posisinya.

Hari ini, kita punya presiden baru, yang betul-betul baru, nggak ada sangkut pautnya dengan orde baru. Ia muncul dari bawah, diawali dari sebuah kepedulian, dan kesediaan melayani sebagai pemimpin, ia naik setingkat demi setingkat ke atas. Prosesnya memang terasa terlalu cepat. Saya pun sempat ragu. Tapi jika bukan beliau, siapa lagi yang bisa memimpin Indonesia *dan mengalahkan kandidat satunya yang pendukungnya buanyak itu haha* saat ini.

Selamat memimpin, JKW-JK. Semoga kalian bisa terus mempertahankan niat yang tulus, hati yang jujur, dan nurani yang tangguh menghadapi godaan, selama lima (atau mungkin sepuluh) tahun ke depan.

Let’s pray for them. Let’s pray for Indonesia.

Artwork by Glory. Do check her IG: @gloryekasari for more beautiful hand-lettering

Artwork by Glory. Do check her IG: @gloryekasari for more beautiful hand-lettering

 

15 thoughts on “Dear Mr. President

  1. Tadi pas ngeliat proses pelantikan, gue nonton sama Madeline. Terus gue bilang sama dia: Madeline, when you grow up, do you want to be a president? Terus dia ngangguk hehehe… Mudah-mudahan 50 tahun lagi Indonesia sudah nggak mempermasalahkan SARA lagi sehingga Madeline bisa jadi presiden.

  2. Presiden kali ini emang beda banget.. rasanya bangga yah kita bs ikut bagian dr perubahan ini. Moga2 smuanya emang jd lbh baik dibawah jokowi jk.. gw ga pgn anak gw jd presiden nih.. sama skali ga kepengen ada kluarga yg ikut politik..kayanya itu dunia yg “kejam” penuh konspirasi gt..hehe

  3. iya doa gw yang terbaik untuk Indonesia 5 tahun mendatang. Mudah2an meski jokowi emang naeknya terlalu cepet, smogaa.. dia kuat dan bisa membawa perubahan bangsa kita ke arah yang lebih baik😀

    Gw jg mikir sama kaya lu, istrinya mungkin ga menyangka dr walikota tiba2 skarang jadi presiden. tiba2 gw lirik suami gw, sapatau doi 10 taon lg jd presiden?? hahahahha

  4. Semoga president terpilih kali ini, bisa membawa dampak dan perubahan yaa..🙂 Amiiin.. Eniwei.. gua jadi inget si foto raka yang diedit jadi presiden.. jangan-jangan.. suatu saat nanti.. hihihihi..

  5. amiiinn.. aku juga bangga bngt sama presiden yg skrg, baru kali ini deh lebih excited dan bahagia punya presiden baru… karna emg track recordnya bagus..
    semoga selama menjabat sbg presiden beliau ttp bekerja dgn baik dan membawa berkat utk Indonesia dan seluruh rakyatnya yah ce🙂

  6. Din, nonton yg pesta rakyat semalam di Monas gak? Kerenn bgt doi (cieh doi) salam2in yg nonton dgn salam 3 jari.. Gilakk.. Metal abis Presiden gw..😀

  7. Gw juga bangga din ma presiden ini karna pertama dia dari rakyat sama kayak kita bukan dari kalangan elit politik yg udh di setting buat jadi presiden dan lagi bangga aja ngmng gw ikut terlibat loh dalam pemilihan presiden ini hahhaha….

  8. Harapan baru bangsa Indonesiia!! Mudah”an negara kita lebih baik yah dengan bapak 1 ini.. Sering becanda sama drwin, istrinya mimpi apa yah bisa jadi Ibu Negara.. hihihi,,, maksdnya tuh ya mngkin mreka juga gak ad kepikiran bisa sampai di posisi ini secepet ini kan, klo calon yang lain kan udah prepare lama…🙂

  9. Pingback: 2014 – Tahun Serba Baru | Cerita Bendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s