Muffin Popeye

Note: Di resep, sebelumnya saya tulis 2 sdm vanilli bubuk. Seharusnya 1 sdt. Resep dalam posting ini sudah di-ralat.

Alkisah… Raka lagi GTM. Makanan yang bikin dia napsu cuma roti-rotian dan kue-kue-an. Karena kuatir nutrisinya kurang, saya selipin keju plus sedikit meises di roti tawar gandum (karena kalo keju doang, anaknya gak mau). Tapi tetep dong ya, gimana cara masukkin sayur nya?

Akhirnya saya mulai browsing resep kue bayam. Kenapa bayam? Karena Raka kurang suka bayam, padahal bayam mengandung zat besi yang penting buat anak-anak dan bayi seumuran Raka.

Setelah memilah-milah, terpilihlah 1 resep yang kelihatannya paling gampang dan bahannya ga aneh-aneh dari sini tapi saya modifikasi lagi sesuai ketersediaan bahan di lemari plus saya tambahin keju.

Singkat cerita, muffin Popeye pun sukses! Raka makan dengan lahap. Saya kasih tester ke keponakan-keponakan yang gak suka sayur, mereka bilang enak (walaupun harus dipaksa nyoba karena udah terlanjur curiga liat warna muffin yang hijau). Saya bagi-bagi ke beberapa temen sekolah minggu Raka pun mereka makan sampai habis.

Selama beberapa hari, muffin ini menjadi penyelamat acara makan Raka. Lumayan lah, ada susu, keju, karbo, pisang, dan… bayam di dalamnya. Lumayan padat gizi daripada makan yang nggak-nggak.

Dan karena saya baik hati, ini saya share resep yang sudah saya modifikasi. Buat yang nggak punya oven atau nggak sempet bikin, boleh loh kontek saya, nanti saya bikinin dengan harga teman. Haha. Lagi mulai mengasah hobi baking nih soalnya.

Muffin Popeye Keju

raka2

Bahan kering:

  • 240 gr tepung serbaguna (saya pakai segitiga biru)
  • 130 gr gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 0,5 sdt baking soda
  • 1,5 sdt bubuk kayu manis

Bahan basah:

  • 60 ml minyak sayur/minyak jagung/canola oil
  • 180 ml susu
  • 180 gram daun bayam (daun sudah dipetikkin, buang batangnya)
  • 50 gram keju cheddar diparut
  • 1 buah pisang (raja atau cavendish atau ambon) dihaluskan
  • 1 sdt vanilli bubuk

Cara membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 190 derajat Celcius
  2. Kocok semua bahan kering. Nggak perlu mixer, pakai whisk (pengaduk telur) saja. Sisihkan.
  3. Blender bayam dengan minyak dan susu sampai halus
  4. Masukkan parutan keju, pisang, dan vanilli, blender sampai tercampur saja.
  5. Masukkan adonan bahan basah ke bahan kering. Aduk dengan spatula atau sendok sampai tercampur merata.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin/cupcake sampai kira-kira 2/3 cup (saya pakai cup diameter 4,5 cm, jadinya 15 cup).
  7. Masukkan ke oven, panggang 20 menit atau sampai bagian dalam matang sempurna (cek dengan tusuk gigi, nggak ada adonan basah yang menempel)

SELESAI!

Note: Kalau anaknya udah rada gede dan bawaannya curiga sama yang berwarna hijau, bisa pakai bayam merah. Kalo pake bayam merah, muffinnya jadi warna coklat.

raka

26 thoughts on “Muffin Popeye

  1. Halo salam kenal, saya Rina, udah lumayan lama baca blog ini, tapi kalo mau komen hang mulu komputer kantor, jadi baca aja hahaha. Wah maminya kreatif🙂 *kasih 2 jempol* Seneng ya kalo anak doyan makan.

  2. setuju sama mira.. kirain muffinnya gambar popeye. kaya si bolu kukusnya si epi. hahahaha..😀 salut din🙂 semoga raka gak GTM lagi yaaa

  3. wah good idea juga ya…🙂
    di salah satu restoran japanese curry yang kita suka, spinach nya dicampur sama scramble egg. model begini juga anak jadi mau makan. hahaha.

  4. wahhh bole juga nihh, gw juga lagi pengen blajar baking, sama – demi ngasi cemilan anak di rumah. kasi roti pisang n roti tawar terus takutnya bosen (anak gw yg gede sih rada picky n anti yg ijo2 juga).
    Ntar aku coba ya!! *tekadkuat*
    Eh tapi bedanya mixer dan pengaduk telur apa ya?
    Trus km pake susunya susu apa? susu formula ato fresh milk?

    • Pengaduk telur maksud gw tuh whisk. Yang cuma tongkat ujungnya kaya kawat-kawat bentuk bulet itu loh. Yang ga pake listrik. Trus gw pake susu pasteurisasi. Ga sedia sufor soalnya di rumah.

      Kalo anti ijo-ijo, coba bikinnya pake bayem merah, look nya kaya muffin coklat. Tertipu deh. haha.

      • ooo ya ya jadi ngerti yg km maksud whisk.
        Ooo, gw juga ga sedia sufor, tp kmaren gw perna bikin nugget kakap, bahannya ada pake susu pasteurisasi. 2 hari kemudian badan anak gw merah2 bintik2.. jadi curiga apa alergi susu dlm nugget (dulu pas bayi emang alergi susu sapi, jadi klo gw minum susu sapi, james lgs merah2 muka n badannya). nti deh gw coba lagi

        Thank youu yaa resepnya, gw kumpulin bahan dl😀😀

  5. Iya yah klo anak dah ngerti pas bertanya2 itu warna ijo dari mana😀 Nampak enakk Din, kalo ga punya oven bisa kali yah dikukus Din.. Jadi bolkus gitu😀

    Btw, ijin share ke temen sebelah kubikel yah Din..

Leave a Reply

