Tentang Raka – 2,5 tahun

Huaaaah kangen ngeblog!!!

Setelah sekian lama, akhirnya saya nulis lagi seri “Tentang Raka”. 19 Februari kemarin, Raka berusia tepat 2,5 tahun. Semakin banyak tingkahnya, semakin banyak kepintarannya, dan semakin menyenangkan menghabiskan waktu bareng dia.

Raka udah lulus toilet training

Sekitar sebulan setelah pulang dari EuroTrip, kami baru mulai toilet training Raka, dan (kalo ga salah), hanya dalam 2 minggu, Raka lulus lepas pospak sepanjang hari dan malam. Cerita lengkap di posting berikutnya ya.

Raka suka nyanyi

Awalnya saya mikir si Raka kurang tertarik musik, karena waktu teman-teman seumuran udah pada bisa nyanyi, Raka cuma bengong aja walaupun udah berkali-kali saya ajarin dan nyanyiin tiap hari. Tapi… begitu dia mulai bisa nyanyi, udah macam keran air yang sumbatnya baru kebuka, kerjaannya nyanyi melulu dengan perbendaharaan lagu yang lumayan banyak. Buat catatan pribadi saya aja, ini daftar lagu-lagu yang sering dinyanyiin Raka (dan yang saya inget):

  1. Finger Family
  2. Itsy BItsy Spider
  3. Lima Roti dan Dua Ikan
  4. Kandang Domba Itu Rumahnya (reff nya aja)
  5. ABCD (Alphabet Song)
  6. Rain Rain Go Away
  7. Tik Tik Tik Bunyi Hujan
  8. Cicak di Dinding
  9. The Wheel on The Bus
  10. Marry had a Little Lamb

Selain lagu-lagu di atas, dia juga lumayan cepet nangkep lagu yang suka kita puter di mobil atau lagu-lagu theme song film di TV. Dia suka nyanyi-nyanyi ngikutin macam orang karaoke. Dan walaupun liriknya ga jelas, tapi lumayan ujung-ujungnya mirip. Haha.

Hobi nyanyi ini dilakukan hampir sepanjang hari. Paling sering pas di mobil, dia bisa nyanyi sepanjang perjalanan. Atau pas lagi pup di kloset, suara nyanyinya kedengeran membahana. Dan.. kalau mau tidur, dia juga nggak berhenti nyanyi. Nah…waktu mendadak nyanyiannya berhenti, itu artinya sebentar lagi pules. Hehe.

Raka gampang nempel sama orang

Walaupun awalnya nggak selalu friendly sama orang baru, tapi cukup diajak main sebentar aja, langsung deh dia nempel. Dan kalo udah nempel, dia bakal bersedia ngikut ke mana aja, bahkan bersedia diajak jalan-jalan tanpa mak bapaknya.

Di satu sisi enak banget sih, karena Raka jadi nempel sama semua temen-temen deket dan keluarga kita. Jadi kalo lagi jalan rame-rame, serasa punya baby sitter satu kompi. Saya bisa jalan sambil gandengan lagi sama Mas Ben. Raka mah tinggal digiliri diurusin sama para Om dan Tantenya.

Di sisi lain, musti waspada banget nget nih…. bahaya kan kalo sampe dideketin orang asing *amit amit* *ketok meja*

Bapaknya bingung, ini anak kenapa malah nempel sama bapak-bapak laen *FYI ini Utin, suaminya Dea* hehe

Bapaknya bingung, ini anak kenapa malah nempel sama bapak-bapak laen *FYI ini Utin, suaminya Dea* hehe

Raka sedang di-sleep-train lagi

Seperti pernah saya ceritakan, Raka udah sleep training sejak usia 6 bulan, dan sejak saat itu hampir selalu tidur sendiri dengan mudah sampai pagi tanpa perlu ngebangunin kita. Masuk usia 2 tahun, tambah gampang. Kita tinggal anterin dia ke ranjang, bacain buku, doa bareng, selimutin, lalu tinggal keluar kamar, dia nggak protes, langsung tidur sendiri, dan baru ketemu kita lagi pagi-pagi.

Eh tapi… mendadak awal tahun ini…  Raka mulai ogah tidur sendiri. Awalnya minta ditemenin sebentar kalo mau tidur. Lama-lama jadi berkali-kali bangun dan nangis kalo dia kebangun dan kita gak ada di sisinya. Sering juga dia tahu-tahu masuk sendiri ke kamar kita dan naik ranjang, minta tidur di tengah. Kalo nemenin dia tidur pun, harus dipelokin sepanjang malam.

Jadi, kita lagi membiasakan dia tidur sendiri lagi di kamarnya. Berhasil? Masih harus ditemenin, tapi setidaknya bangun tengah malamnya jadi cuma sekali aja, dan bisa ditinggal dengan alasan “Mami mau pipis dulu” *tapi lalu nggak balik-balik* hehe.

Raka itu Soooo Sweet

Saya pribadi sebenernya nggak pernah yang sengaja banget ngajarin 3 kata penting: “Thank you”, “Sorry”, dan “Please”. Ya kalo pas-pas-an aja moment-nya lagi ada, misalnya dikasih sesuatu ya bilang thank you. Dan kalo bikin salah ya bilang sorry.

Eh nggak nyangka, ternyata hal ini nyantol banget di kepala Raka.

Tiap kali nggak sengaja nyenggol saya, dia langsung bilang “sorry”. Saking esktrem-nya kadang saya yang nyenggol dia juga dia bilang “Sorry”. Haha.

Dan yang paling sweet sih… dia sering banget bilang thank you ke saya, terutama kalo dikasih makanan enak. Jadi sepanjang makan, beberapa menit sekali dia bakal berhenti, nengok ke saya, lalu ngomong: “Enak mami! Thank you, mami!”

Walaupun itu kadang cuma sekedar roti meises. Gile gimana gak melting coba?

Raka suka ngomong menggunakan akhiran

“Mami… Raka mau nonton Spiderman dong…”
“Tuh…bisa kan mami…”
“Nggak kotor lah…”
“Boleh lah, Mami…”

Yah…kalo ini mah…akibat monkey see monkey do lah ya…

Raka mulai bisa konsentrasi

Raka udah nggak ikut baby gym. Karena satu dan lain hal, saya nggak lanjut baby gym Raka setelah selesai term terakhir di 2015 kemarin. Jadi, sekarang ini kegiatan reguler Raka cuma sekolah minggu.

Tadi pagi, guru sekolah minggu Raka baru bilang kalo Raka sekarang mulai bisa konsentrasi dan ikutin instruksi. Tadinya dia emang sibuk sendiri lari-larian keliling kelas sepanjang waktu.

Yah … lumayan lah, udah mau disuruh baris, disuruh maju nyanyi ke depan, disuruh bawa kantong persembahan, walaupun… maksimal hanya 3 detik saja, lalu lari keliling lagi.

Dari nol detik jadi tiga detik itupun, kemajuan kan? *menghibur diri*

Girang dapet giliran bawa kantong persembahan... tapi... cuma 3 detik lalu ngabur

Girang dapet giliran bawa kantong persembahan… tapi… cuma 3 detik lalu ngabur

Lumayan, udah mau maju ke depan walaupun bengong, ga ikut gerak, ga ikut nyanyi. Nyanyinya jago kandang di rumah doang.

Lumayan, udah mau maju ke depan walaupun bengong, ga ikut gerak, ga ikut nyanyi. Nyanyinya jago kandang di rumah doang.

Raka mandiri… dalam beberapa hal

Dalam beberapa hal dia manja banget. Misalnya lagi naik tangga sambil bawa mainan, dia bakal suruh saya bawa mainannya walaupun itu kecil dan enteng “Mami… bawain mainan Raka. Raka susah. Raka berat” Errr….

Atau kalau disuruh buka celana sendiri pas mau pipis, dia seringan nggak mau walaupun saya tahu dia udah bisa “Mami aja. Raka susah”

Tapi dalam hal-hal lain, misalnya kalo abis mandi, dia suka ngotot minta handukan sendiri “Bisa lap sendiri!” dan kalo nggak dikasih, bakal ngamuk.

Atau kalau abis BAB, dia bakal ngotot mau cebok sendiri “Raka sirem sendiri! Raka pake sabun juga!”.

Car Seat Raka udah ‘naik kelas’

Combi Coccoro Raka harusnya bisa dipakai sampai usia 3 tahun. Tapi saya perhatikan kok sepertinya lebarnya mulai terlalu sempit buat Raka. Mungkin model badannya Raka memang lebar ya, makanya stroller dan car seat nya cepet kesempitan. Jadilah saya mulai lirik-lirik car seat step berikutnya.

Pilihan jatuh ke Combi Buon Junior. Simply karena memang nggak terlalu banyak pilihan untuk car seat kelas usia ini (lebih banyak car seat untuk bayi), dari merk Combi yang memang sudah terpercaya, harganya reasonable, bisa dipakai sampai 36 kg (atau 11 tahun), dan…. waktu itu lagi diskon di The Children Store. Jadilah langsung dibeli.

Kekuatiran saya bahwa Raka bakal butuh penyesuaian lagi, atau bahwa Raka mungkin bakal berusaha meloloskan diri (karena seat belt nya lebih gampang lolos), ternyata tidak terbukti. Raka hepi-hepi aja tuh. Malah pernah saya ajak dia duduk di depan karena cuma mau naik mobil jarak dekat, dia nya malh pindah sendiri ke belakang, duduk di kursinya, dan minta dipakein seat belt. Good job, boy!

Contoh pemakaian seat belt yang salah. Hehe

Contoh pemakaian seat belt yang salah. Hehe

 

Raka suka dan hapal nama-nama superhero

Banyak yang bingung, Raka kok bisa tahu nama-nama superhero, emangnya pernah nonton gitu? Faktanya, Raka suka sama superhero sekalipun waktu itu belum kenal film-nya.

Jadi, pertama kali kita ajak Raka liat-liat mainan di Kidz Station, dia langsung tertarik ke bagian figurine superhero. Mungkin naluri anak laki-laki? Entah deh. Lama banget di rak bagian itu, pegang-pegang, dan tanya satu persatu namanya ke saya. “Mami, ini apa?”

Dari situlah awalnya dia tahu nama-nama superhero, favoritnya adalah Ironman *entah kenapa*.

Tapi selain Ironman, Raka juga hapa superhero lain, mulai dari Ironman, Spiderman, Captain America, Batman, Hulk, Power Ranger, Superman (tapi dia bilangnya Superhero), sampai ke Storm Trooper dan Starwars (maksudnya Darth Vader tapi dia ingetnya Star Wars-nya aja).

Ironis…soalnya nama-nama warna aja yang udah dari dulu diajarin, dia nggak afal-afal… Sekarang ini kalo nyebut warna, jadinya kaya gini:

“Mami, Raka mau crayon warna Hulk” (hijau maksudnya)
“Kuenya warna mobil” (warna kuning, sama kaya mobil-mobilan dia)
“Baju Raka warna apel” (merah maksudnya)

yah… lumayan lah ada kemajuan, setidaknya dia nggak buta warna *sempet kuatir tadinya* hehe.

Raka seneng pakai baju sama kaya Papi. Baju warna Spiderman. Hehe. Outfit by IG @khayabatik

Raka seneng pakai baju sama kaya Papi. Baju warna Spiderman. Hehe.
Outfit by IG @khayabatik

29 thoughts on “Tentang Raka – 2,5 tahun

  1. udah lancar banget din. nathan beda 3 bulan dari raka, tapi kadangnya masih suka pake bahasa bayi. dan untuk beberapa kata, kita masih suka salah arti-in. dia suka banget nambahin akhiran “ng” kaya merah disebut merang. papa ; papang, mama ; mamang. dst. hehehe..😀

    pinter yah raka udah lepas pampers. good job!

    • Raka juga nggak sejelas itu kok sebenernya Pi. Kan ini karena bahasa tulisan aja. Kalo denger langsung, biasanya yg ngerti cuma yang sering bareng dia aja. Tapi memang kosakatanya cukup banyak sih. Btw Raka juga suka ngomong mobil jadi mobing. sampe sekarang…

  2. raka pinternyaa..🙂 uda banyak bisa-nya ya… yang amaze itu toilet train malem… ehehehe
    even anakku yang besar udah umur 5 tahun aja kalao tidur mesti dikelonin dulu hihihi terus kalo dia bangun ga ada kita pasti pindah ke kamar kita atau nyariin diluar🙂

    • Entahlah, gw juga suka heran sama si Raka suka self-trained gitu rasanya.Nggak diapa-apain dia tau-tau bisa sendiri. Tapi kalo soal tidur sih… dia sekarang juga suka bangun subuh-subuh lalu menyusup ke ranjang kita. Hehe Yasudah , dinikmati aja, dalam hati, Maminya seneng kok

  3. Lu rajin yah nulis tentang Raka hehehe….super lengkap. Gw awal2 dulu Clarissa masih rajin makin lama makin malas hhahahaha…

    Tapi bagus sih jadi bisa inget2 pas anaknya umur sekian perkembangan dia ngapain aja. Tar update lagi per semester atau per catur wulan nih tentang Raka bab berikutnya hehehee…

  4. Hallo Jeung!

    Tos kita baru balik lg ke be bloging an🙂

    Hallo juga Raka ganteng!
    Terakhir ngeliat raka di video yg dia ngambek kl daddy nya nyanyi.

    Btw, gw ngakak dong pas baca yang monkey see monkey do lah ya! Lol

    • Oh ya tambah gendut? Itu hanya ilusi semata. Sedih beratnya nggak naik-naik. Perasaan makannya udah banyak banget. Berasa (bayarnya) kalo makan di restoran sekarang. Hwahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s