Tentang Kirana – 1 Bulan

Tentang Fisik

Berat badan: 4,6 kg
Tinggi badan: 53 cm

Walaupun lahir dengan berat 3,2 kg, tapi berat badan Kirana turun cukup banyak pas di RS, sehingga pas keluar RS, beratnya cuma 2,9 kg. Makanya saya lumayan shock waktu ditimbang kemarin nyampe 4,6 kg. Hehe. Apalagi panjangnya nambah 7 cm dalam sebulan. Jadi curiga susternya salah ngukur pas Kirana baru lahir. Haha.

Dari minggu ke-3 ke 1 bulan mendadak gedenya signifikan

Dari minggu ke-3 ke 1 bulan mendadak gedenya signifikan

Kirana nyusunya emang banyak banget sih, gak jauh beda sama Raka. Sepanjang daytime, nyusu bisa 1-2 jam sekali. Tapi yang paling nyebelin, dia setelah nyusu selalu pup *mami boros pospak. Syukurlah semakin besar semakin lumayan berkurang frekuensi pup-nya

Puput pusernya cepet banget, Baru usia 4 hari udah puput aja.

Kirana nggak tahan udara panas. Kalau kegerahan langsung rewel. Sepertinya itu juga yang bikin dia nggak betah dibedong. Sayangnya, walaupun nggak betah kegerahan, pernapasannya sepertinya sensitif sama udara dingin (salah gen siapa coba yang nurunin rhinitis *tunjuk diri sendiri). Nafasnya sering terdengar bunyi ‘grok grok’ which is cukup wajar katanya pada newborn, tapi ‘grok-grok’ Kirana akan tambah parah kalo AC nya kedinginan. Jadi ribet ya, ga tahan panas, ga tahan dingin. Jadi solusinya, AC nya tetap suhu medium, tapi layer bajunya dikurangi biar dia nggak kegerahan.

Senin kemarin (5 September) Kirana udah dibotakkin. Dan entah kenapa, saya kok demen ya liat dia botak, tambah gemesin hihi.

Tim potong rambut. Engkong guntingin, Papi cukur abis pake hair clipper, Mami bagian gendong aja

Tim potong rambut. Engkong guntingin, Papi cukur abis pake hair clipper, Mami bagian gendong aja

Papi motong sambil diawasi Mami dengan tatapan tajam.

Papi motong sambil diawasi Mami dengan tatapan tajam.

Ada yang bangga dengan hasil karyanya

Ada yang bangga dengan hasil karyanya

Tentang Tidur

Dua minggu pertama, Kirana anteng banget sepanjang pagi hingga sore. Ditaro di swing (tanpa dinyalain) atau di box, dia tidurrrr aja. Beberapa hari pertama malah susah banget bangunin dia buat nyusu. Sampe pernah loh, selesai mandi dan beres-beres, saya turun ke bawah, bersibuk-sibuk sama Raka. Lalu tiba-tiba si Kirana mulai bersuara mau minta nyusu, mendadak saya baru inget kalo anak saya udah dua. Haha. Untuk sesaat, saya nggak inget Kirana udah lahir saking diemnya dia. Mami-mami macam apa coba!

Tapi… kalo siang anteng gitu, malem malah bangun tiap 2 jam buat nyusu. Ini bikin saya lelaaah banget di dua minggu pertama.

Thank God, sekarang pola tidurnya semakin baik. Selama daytime lebih banyak bangunnya, nap time lebih bisa diprediksi, dan sepanjang malam cuma bangun dua kali saja buat nyusu.

Sama seperti kokonya, Kirana baru tidur anteng dan lama kalo ditengkurepin. Tapi beda sama kokonya, Kirana ini gampang tidurinnya *semoga saya nggak nge-jinx ya…

Pas baru punya Raka, saya selalu bingung kalo ada orang cerita anaknya bisa tidur sendiri atau ketiduran sendiri tanpa digendong-gendong. Raka itu dulu selalu harus saya susuin sampe pules, atau digendong sampe pules, atau minimaaaal… ditepok-tepok sampe pules.

Nah Kirana ini, asal udah kenyang, popok bersih, udah sendawa, sering banget saya taro dia dalam keadaan bangun, tau-tau dia tidur sendiri. Yeay!

Ini salah satu moment dia ketiduran sendiri, dan tidurnya miring pula

Ini salah satu moment dia ketiduran sendiri, dan tidurnya miring pula

Tentang Sifat

Entah kenapa, saya gemeeees banget sama nangisnya Kirana. Nangisnya terdengar ‘manis’ kaya nangis-nangis manja. Tapi cobalah cuekin dia pas nangis beberapa waktu, tangisan manja itu akan berubah jadi tangisan membahana! Kalo nangis bisa sampai beleleran air mata dan bibir bergetar-getar. Dramatis sekali kamu, nak.

Suka ngomel sendiri kalo nyusu. Jadi, dia ini nggak sabaran kalo nyusu, heboh banget nyedotnya. Tapi begitu LDR (let down reflex) dan ASI-nya nyemprot, dia nggak suka, selalu dicabut mendadak, tapi lalu nangis ngomel karena kehilangan susunya. Opo toh nak… Situ sendiri yang lepasin, situ sendiri yang ngomel.

Kirana agak sensitif. Saya awalnya agak ‘kaget’ karena Raka itu dari bayi cuek banget. Popok kotor dia diem-diem aja. Gumoh, cuek-cuek aja. Kesenggol, kesandung, jatuh, luka, dia juga nggak gampang nangis.

Kalo Kirana… popoknya penuh atau pup, nangis. Kesenggol kokonya, nangis. Gumoh, nangis. Intinya Kirana lebih komunikatif deh. Cewe banget ya.

Sejak bayi, Raka suka jadi pusat perhatian. Kalau lagi banyak tamu, moodnya lebih bagus dan dia bisa nggak tidur-tidur tapi tetap hepi. Sedangkan Kirana sepertinya kurang suka keramaian. Pernah dua kali dia ada di kondisi banyak tamu yang perhatiin dia di rumah, Kirana sedikit lebih rewel daripada biasanya.

Kalo kata Papinya mah…. Raka itu muka Dina, sifat Benny. Kirana itu muka Benny, sifat Dina. Haha biar adil.

Tentang Jalan-Jalan

Mungkin karena anak kedua, jadinya kita semakin cuek sepertinya. Umur 6 hari kan jadwal kontrol dokter, abis itu kita langsung sekalian makan di luar. Umur 12 hari, Kirana udah diajak makan lagi di restoran. Umur 13 hari, Kirana udah dibawa ke gereja karena Raka ulangtahun di sekolah minggu.

Dan puncaknya…. baru aja sebulanan, Kirana udah diajak staycation di Bogor dong! Cerita selengkapnya nanti ya… kalo sempat. *elap keringet

Kegemaran jalan-jalan harus ditanamkan sejak dini

Kegemaran jalan-jalan harus ditanamkan sejak dini

10 thoughts on “Tentang Kirana – 1 Bulan

  1. nambah panjangnya sama kayak jayden, beda 1 cm doang, jayden sebulan nambah 6 cm, bulan berikutnya nambah lagi 6 cm hahahaha…. kirana calon tinggi berarti… mukanya gemesin banget deh… dibotakin malah tambah gemes hahahaha…

  2. Sama ma La sebulan nambah 7cm jadi harusnya suster ga salah..hehehe.. Iya ya Din, dari minggu ke 3 ke bulan 1 keliatan bener ya..Ahh.. Gemess.. Ayoo dong playdate😀

  3. Pingback: Axel : Second Month | i do the journey

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s