Tentang Kirana – 5 Bulan

Sebenernya Kirana sekarang udah 5,5 bulan sih. Harap maklum ya, di awal bulan Kirana sakit, abis itu marathon kokonya yang gantian sakit. Jadi saya baru sempet nulis blog sekarang.

Tentang Fisik

Berat badan: 7,9 kg

Tinggi badan: 65 cm

Udah bisa duduk ala tripod

Waktu vaksin bulan lalu (umur 4 bulan), dokter tanya Kirana udah bisa tengkurep atau belum. Waktu itu Kirana baru miring-miring aja, itupun nggak terlalu sering. Jadilah saya diajarin teknik buat ngajarin bayi tengkurep.

  1. Pancing dengan mainan di sebelah kepala bayi. Kalau bisa mainan yang cerah dan berbunyi.
  2. Sementara itu, pegang tangan di arah yang berlawanan. Pegang aja dan ditahan tapi jangan ditarik. Pegangan ini berfungsi sebagai anchor/jangkar aja.
  3. Sabaaaaaar. Tunggu sampai si bayi tengkurep sendiri. Jangan menyerah, pancing terus. Pertama dicoba juga saya hampir menyerah karena Kirana cuek-cuek aja tanpa usaha. Haha.
  4. Tahan terus pegangan tangan yang jadi anchor sampai bayi berhasil tengkurep dengan usaha sendiri.

Kalau kurang jelas, bisa liat video ini


Setelah rajin dilatih begini, hanya dalam beberapa hari (tepatnya 12 Desember 2016), Kirana sukses tengkurep sendiri.

Awalnya cuma bisa tengkurep ke satu arah dan belum bisa balik telentang lagi. Lama-lama mulai bisa telentang, lalu mulai bisa tengkurep ke arah yang lain.

Sekarang? Udah gulang-guling ke sana ke mari macam pisang goreng dalan wajan. Hehe.

Tentang Merayap

Selain guling-gulingan, Kirana udah jago merayap kaya ulet walaupun masih slow motion. Kalau ada yang menarik hatinya, pelan tapi pasti, dia bisa maju-maju sampai dapet.

Hobi baru: nyelip di bawah baby cot

Dan kalau udah masuk situ malah anteng ketawa-ketawa

Tentang Sakit

Duh anak ini… umur baru 5 bulan udah 3x batuk. Dan tiap batuk parah bener sampai sesak dan harus di-nebu. Moga-moga tambah besar tambah jarang sakit ya…

Tentang Reflek Muntah

Kirana sejak bayi punya reflek muntah yang sensitif banget. Dia pernah diresepin obat alergi 3 tetes aja, bisa keluar semua isi perut. Pokoknya kalau ada rasa yang dia gak suka di mulutnya langsung sekuat tenaga mau dimuntahin.

Makanya saya selalu nervous kalau mau vaksin oral. Kalau suntik malah saya cuek-cuek aja. Paling nangis sebentar.

Tentang Jaim

Bedaaaa banget sama Raka yang pecicilan dan murah senyum sejak bayi, Kirana template ekspresinya adalah bengong. Haha.

Kalau ketemu orang yang nggak kenal dan dia nggak nyaman, dia nggak akan nangis. Cuma bengong aja. Apalagi kalau di suasana ramai macam Bloggerati kemaren. Babay senyum.

Tapi begitu keluar dari keramaian dan ngeliat muka saya, langsung senyum selebar-lebarnya.

Kayak siapa siiiih? *liat kaca*

Senyum lebar nan eksklusif

Tentang Sleep Training

Di usia 5 bulan saya udah sleep training Kirana. Keputusan yang rada impulsif sebenernya. Tapi saya sama sekali nggak menyesal!

Sekarang ini, kita udah pisah kamar. Jam 8 malam Kirana ditaro di crib. Kadang nangis sebentar, kadang tanpa nangis, yang pasti dia tidur sendiri sampai jam 7 pagi. Kadang nyusu sekali subuh-subuh tapi seringnya sleep through the night.

Sementara itu Raka juga udah kembali tidur sendiri di kamarnya

*tebar confetti*

Cerita detailnya nanti di posting terpisah ya (semoga nggak kelamaan dan keburu basi).

Muka hepi baru bangun abis tidur panjang semaleman

Tentang Ngefans sama Koko

Kirana keliatan ngefans banget sama Kokonya. Dalam segala situasi, baru kedengeran suara kokonya ngomong biasa aja, dia bisa jerit-jerit dan nyengir bahagia.

Apalagi kalo udah digodain Raka. Yang simple macam peek-a-boo atau sekadar loncat-loncat, Kirana bisa ngakak ga berhenti-henti.

Sementara kalo Maminya yang peek-a-boo…. seringan dikasih template muka bengong macam lagi mikir “apaan sih, Mi?”

*nangis di pojokan*

Kirana juga suka merayap-rayap supaya bisa colek-colek kokonya. Raka lalu suka kabur karena lagi main terus keganggu. Tapi Kirana bakal nyamperin dan colek-colek lagi. Lucu banget ngeliat 2 bocah ini.

Yang satu senyum lebar nampak ceria, yang satu sok cool. Padahal aslinya kebalikan

Tentang Kepingin Makan

Kirana jelas banget udah pengen makan. Tiap kali ngeliat kita masukin makanan atau minuman di mulut, matanya langsung menatap nanar sambil mulutnya clamitan.

Dan kalau sendok kita dideketin ke mulut dia, langsung maju-maju sambil mangap *kasihan*

Sabar ya, nak… Sekarang teether dulu aja. Oh iya si Kirana udah jago pegang teether sendiri dan masukin mulut. Kalo jatohpun, dia bisa cari-cari sendiri dan ambil lagi. Kalau dulu Raka suka banana, Kirana kurang suka. Kirana lebih suka teether gajah ini, hadiah dari Ako Olin.

Teether kesayangan nomor satu, kalau gubernur pilihnya nomor…. *eh kampanye

Tentang Suka Air

Nah kalo yang ini sama banget sama kokonya. Sejak bayi Kirana suka banget sama air. Sekarang tambah keliatan. Kalau lagi nangi aja, begitu dibawa ke kamar mandi lansung senyum-senyum. Dan begitu kecipratan airnya, langsung nyengir bahagia sambil tendang-tendang.

Pokoknya air obat mujarab penangkal bete.

Kirana juga udah nyobain berenang di kolam renang. Kebetulan Desember kemarin kita nginep di Mercure Setiabudi yang air kolamnya hangat. Jadi sekalian coba cemplungin Kirana.

Seperti biasa mukanya bengong. Tapi saya yakin deep down inside dia suka *anggap aja begitu* *sepihak* *mama selalu benar*

Haha

Cerita nginep di Mercure Setiabudi menyusul ya. *kalau sempat* *semoga ga terlalu basi*

Sekian dulu cerita Kirana bulan ini. Bulan depan MPASI. Semangat!

Advertisements

23 thoughts on “Tentang Kirana – 5 Bulan

  1. Wah salut ama Dokternya kasih tips melatih anak tengkurap dengan jitu ya…dulu anak saya usia 3 bulan lebih masih blom bisa tengkurap, Dokternya cuma bilang perbanyak tummy time, stimulasi teruuus..caranya stimulasi? Yaaa pikirin aja sendiri hehehe *kira2 begitulah intinya

      • Heeh bener banget, pelit informasi dan kata2 hehehe πŸ™‚ sometimes ditambah kata2: wah ibu harusnya umur segini udah bisa ini dan itu loh , ayooo distimulasi terus yaa πŸ€”
        Btw salam kenal Dina πŸ™‚ gw pembaca setia blog ceritabendi *kecup* , enak banget bahasanya dan banyak tips2 & informasi juga mengenai keseharian πŸ˜‰

      • Haha gw sebel sama dokter kaya gitu. Bikin senewen ga kasi solusi. Uda tau natur emak2 ga ditakutin aja uda parnoan kan ya. Haha. Salam kenal juga.. makasi lo udha dibaca 😍

  2. Hai Dina salam kenal (udah lama kadang2 mampir, tp ga tau pernah komen ga ya). Kagum bgt sama anakmu yg udah sleep thru. Minta tipsnya donkkk… jd anak gw hampir 7 bln (seumuran yak anak kita), anak kedua jg. Dr 2-4 bulan udah sleep thru, trus 4 bulan tetiba dia sleep-regression seperti yg byk dibahas di web2 soal bayi, percis deh. eh abis itu sering sakit jd makin ngaco aja tidurnya. Tidurnya udah di kamar sendiri jg dari umur 2 bulan itu. Waktu anak pertama sih gw sleep training pas udah 7 bln lebih, jd sengaja ga diangkat dr box kalo pas nangis minta ngempeng nenen. Pengen tau ada trik lain yg lebih halus gak ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s