Tentang Kirana – 10 Bulan

Tentang Fisik

 Berat badan: 8.7 kg

Panjang badan: 70-71 cm

Akurasi tidak terjamin karena ngukur sendiri. 

Tentang Development

Udah bisa naik tangga sampai lantai 2 walaupun masih perlu dipancing dan dimotivasi. 

Akhirnyaaaaa bisa makan sendiri. Dalam arti bisa ambil makanan trus masukin ke mulut. Loh… emang tadinya nggak bisa? NGGAK BISA!!! Kirana jago makan tapi tadinya ga pernah mau makan sendiri. Kalo disuapin mangap. Kalo dikasih makanan di meja, cuma dimainin, nggak mau diarahin ke mulut. Entah deh kenapa. Saya sampe sempet kuatir loh. Tapiii akhirnya bulan ini dia bisa sejak ngeliatin Ben makan biskuit. Yeay! Thanks to Ben!

Dan bisa makan pakai garpu. Nusuk makanannya masih perlu dibantuin. Tapi masukkin makananya ke mulut udah bisa. Yeay!

Babblingnya semakin banyak dan bawel

Kalo disuapin bisa mangap sambil bersuara “aa….” imut banget suaranyaaaa…..*maap bias*

Mulai berusaha meniru gerakan saya kalau lagi nyanyi. Tapi ya masih berantakan. Lumayan ada usaha.

Kalau ditanya “Kirana mana ya?” Bisa tepuk-tepuk dadanya. Lagi diajarin nunjuk Mami, Papi, dan Koko tapi banyakan lupanya.

Bisa mengikuti instruksi sederhana. Misalnya minta ambilin barang lalu kasih ke saya. 

Dan semakin paham larangan. Kalau nungguin saya ke WC dia duduk aja nggak masuk ke kamar mandi walaupun pintunya dibuka. Ini karena tiap kali dia berusaha masuk langsung saya bilang “No”.


Nggak tahan denger lagu. Harus goyang atau tepuk tangan. 

Merangkak semakin ngebut.

Mulai bisa bergerak maju pakai baby walker.


Berdiri (sambil pegangan), merembet, dan mulai cruising jarak dekat.

Kalo lagi lupa mulai suka berdiri sendiri tapi cuma bertahan 1 detik. 

Udah mulai mau jalan kalo dititah

Tentang Tidur

Bye-bye, tidur siang aman sentosa!
Bulan ini susaaaaah banget tidur siangnya. Dia bisa seharian cuma tidur siang 1x selama 30-45 menit saja.

Mau usaha didisiplinkan jadwalnya pun sulit. 

Disusuin… dia merem-merem tapi bisa mendadak melek lalu senyum-senyum tengil ngajak main.

Digendong-gendong? Jangan harap deh. Kirana ga pernah sukses ditidurin dengan cara digendong-gendong. Nggak betah dia. 

Co sleeping temenin tidur di sebelahnya? Udah. Yang ada, saya yang ketiduran, Kirana sibuk main sampe bosen lalu gangguin saya sampe bangun. 

Yang paling lumayan berhasil adalah ditaro aja di ranjang dan biarin dia nangis sampe ketiduran sendiri. Biasanya kalo kayak gini, tidurnya malah lama, minimal 1 jam. 

Sebenernya dia ga tidur siang juga terlihat hepi-hepi aja, nggak terlihat overtired. Tapi saya kuatir sama tumbuh kembangnya kalau kurang tidur.

Thank God, tidur malamnya baik-baik saja sih. Tetap sleep through the night dengan durasi 11-12 jam.


Mmm saya ga inget apa lagi ya yang mau dicatet di sini. Dan sekali lagi postingan ini udah telat 2 minggu. So sekian dulu dan terima kasih.

Oh lala ga lama lagi ni bayik jadi toddler!

Advertisements

8 thoughts on “Tentang Kirana – 10 Bulan

  1. eeh iya olive jg jam tdrny berkurang banget malah skrng2 bs ndk tdr siang klo pas gw ajak ke kantor tp ntar malamny tdr cpt bgt n bablas smp 12jam tdr. Kirana kekny bawa2 bakal bongsor deh din hhhhee n perkembanganny cpt ya

  2. haha itu walker nya koko raka yang pake. btw kirana jago amat uda bisa pake garpu. mungkin dia selama ini ga mau makan sendiri karena disuru pake tangan, kalo dikasih sendok mungkin langsung mau hehehe

  3. Reia juga diinn haha. Tapi kalo makan biskuit macem milna ato farley gitu dia bisa sih. Yang ga bisa gerber puff. Diambil trus dimaenin doang. Padahal kalo disuapin pake tangan gue gitu, mangap dan makan. Giliran pake tangan sendiri trus gue arahin ke mulutnya, dia emoh. Hahaha. Makanan yang lo ksih untuk dicolok garpu apaan din? Duh menu Reia ga kreatif nih, gue suka bingung kudu kasih makan apa. Ada link contekan MPASI ga? Hahaha. Kirana pinter banget ya, udah bisa banyak. Trus senyumnya nyenengin banget ngeliatnya, manissss πŸ˜€

  4. Rambutnya malah lebih jabrik daripada kokonya ya Din! Hihihii. Lucuk! Udah mulai masuk toddler, jadi memang mulai berkurang sih waktu tidurnya. Mungkin beneran kudu dibikin capek tiap hari biar lemes sendiri.

    • boooo… anak-anak gw tdr siang masih 2x tapi malem masih kebangun 2x! Kirana ini power puff girl banget ga seeeeeeeeeeh… iri to the maxxxxxxxx (mamak bermental tempe bacem)

  5. Gigi kirana gimana din i mean berapa banyak… ada hubungan ga ya si anak makan dengan gigi? pinter beut kirana, liat daddynya makan lgs nyontoh ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s