Jalan-Jalan ke Ancol

Libur Lebaran hari pertama buat Mas Ben (Kamis, 22 Juni 2017), tadinya kita udah rencana ke Playparq Kemang. Udah lama naksir banget pengen ajak Raka ke sana. Tapi sayangnya udah seminggu ini Raka batuk nggak sembuh-sembuh. 

Jadilah kita ganti plan ke Ancol. Kan katanya udara laut bagus buat yang lagi batuk pilek, toh? Lagipula udah lama Raka minta pergi ke ‘tempat yang airnya banyak dan ada pasirnya’. Haha. Eh dasar hoki keluarga idung gede, hari ini karena HUT Jakarta, masuk Ancol gratis, cuma bayar tiket mobil aja.

Karena hari ini mendung dari pagi, takut kalo kesorean malah keburu hujan, akhirnya saya membujuk pak suami jalan jam 12 siang. 

Di jalan, kedua bocah tidur pules karena memang mendekati jam nap. Sampai sana, kita parkir, beli makanan di Ancol Beach City Mall, dan makan di mobil sambil tunggu anak-anak bangun.

Nggak lama dua-duanya bangun, makan di mobil (kita bawa bekal makanan buat anak-anak). Selesai makan, langsung kita jalan ke pantai di depan ABC Mall.

Saya rekomen banget lokasi pantai di sini. Pasirnya putih, bersih nggak ada sampah, banyak yang jual makanan, dan yang penting nggak seramai pantai-pantai lain di Ancol. 

Kita gelar tikar, nggak lama Raka udah ketemu temen-temen baru, langsung sibuk main air dan main pasir sendiri. Kita nggak kuatir karena nggak ada ombak dan di laut juga ada ‘pagar’ pembatasnya.

Kirana gimana? Ini pengalaman pertama Kirana ketemu pantai nih. Awalnya, dia hepi-hepi aja jalan dititah di atas pasir. Tapi begitu dia capek dan mau duduk, baru deh anaknya berisik. Ternyata dia nggak suka kalo tangannya kena pasir. Kalo kaki nggak apa-apa. Jadi dia kesel sendiri, pengen jalan-jalan belum bisa. Mau merangkak, dia nggak rela tangannya kena pasir. Haha gemas.

Lucunya kalau dibawa ke air, Kirana langsung hepi. Malah pede aja merangkak ke sana ke mari di air laut. Aneh deh padahal kan berpasir juga. Mungkin nggak berasa ya?

Setelah  2 jam-an, kita bilas. Tenang di sini ada tempat bilas, kamar mandi, dan toilet yang cukup bersih. 

Lalu lanjut mau ajak Raka ke playground yang di daerah pantai yang deket tugu putih itu loh yang di tengah laut. Tahu nggak? Tapi di tengah jalan, Raka liat inflatable playground. Udah berkali-kali tiap liat tempat macam itu Raka minta main tapi belum kesampean karena waktunya nggak pas atau playgroundnya kotor jadi saya nggak sreg.

Ini karena keliatan bersih akhirnya diijinin. Biayanya Rp 25.000 sepuasnya. Sayangnya sepiiiii banget. Raka main sendirian, jelas aja bete. Kayanya cuma main 15 menit terus udahan.

Sementara itu Mas Ben malah nyoba main rodeo. Mumpung sepi ya… kalo jatoh nggak ada yang nontonin. Haha.

Dari sana kita nyeberang ke pantainya, saya niatnya mau ajak Raka naik perahu angsa yang pakai pedal itu. Eh… katanya udah closing. Saya tanya emang tutup jam berapa? Katanya jam 5. Saya lirik jam belum jam 5 kok. Ya sudahlah, mungkin mas nya lelah udah mau jelang buka puasa. Lain kali deh.

Biaya naik perahu angsa Rp 30.000 per 30 menit.

Di depan tempat perahu angsa, ada semacam konstruksi spider web bisa dipanjat-panjat naik ke atas. Raka seneng banget main di sini. Jujur aja saya setengah bangga, setengah ngilu, takut dia jatuh. Tapi karena keliatannya dia mantep dan gape manjatnya, saya liatin aja. Eh ternyata jago juga nih anak.

Seneng banget hari ini. Saya jauh lebih seneng main di outdoor gini daripada ke mall. Apalagi hari ini berawan sepanjang hari tanpa hujan. What a blessed day. 

Sekitar jam 5.30 kita ajak Raka pulang. Dan terjadilah percakapan ini

R: Mami, kenapa kita musti pulang?

D: kan udah malem, Ka. Lihat tuh… udah mau gelap, kan?

R: Kenapa kalo udah malam musti pulang?

D: Ya, kalau udah malam emang waktunya semua orang pulang ke rumahnya masing-masing, istirahat.

R: Itu orang-orang nggak pulang (nunjuk orang-orang di jalan)

D: itu nanti mereka juga pulang

R: … (diam)

D: … (fiuh…) *lapkeringet

…..
Setengah jam kemudian, melewati MKG
D: (ngomong ke Benny) ih rame banget tuh ben, itu semua mobil ngantri mau masuk ke mall.

R: kenapa mobilnya mami? Mau ke mall ya?

D: iya

R: tuh kan mami… ada yang nggak pulang. 

D:….. 

R: I’ve told you….!!!!
*kzl

Advertisements

10 thoughts on “Jalan-Jalan ke Ancol

  1. asik juga ke ancol selain gratis, gak rame pula ya….
    yang pas main rodeo ada tuh yang nonton. ada 1 bapak2 yang nontonin di foto. hahaha.

  2. Tugu putih namanya Binaria Din belen di era thn 90 an huahahahaa udah kuno yah…kalau mau main playground kaya gitu ada di dalem Ecopark gratis juga setidaknya menurut gw lebih bersih dr yg tugu putih hehee, cuma yg di tugu putih ini ada ayunan kl kt Conrad haha

    • Binaria tu bukan nama lainnya Ancol? Dulu ada jembatan bisa ke tugunya itu kan ya? Sekarang udah ga ada. Gw kemaren udah males ke Ecopark, masuknya jalan jauh lagi. Lelah

  3. Kalau bulan puasa, memang begitu di atas 4.30 kayaknya hawa orang tuh udah pengen cepet-cepet kelar ngapa-ngapain Din hahaha. Mungkin karena itu si abangnya jadi males. Si Kirana juga nanti bakalan biasa kali buat ketemu pasir. Biasa kan dede ikut-ikutan koko tuh. Cuma sekarang masih belum aja.

  4. jalan2 pas bulan puasa itu memang menyenangkan karena sepi yah 😀
    Theo blm pernah ketemu pantai nih.. jd pengen, tapi takut pasirnya dimakan secara apa2 “dicobain” sama dia

  5. Gw masih suka geli liat air pantainya ancol..haha.. Makanya sampai sekarang belum bawa2 L kesana. Seru ya Raka manjat2 gitu, jadi ingat masa kecil 😍😍😍

    • Emang sejorok itu ya Py? Mungkin karena gw dr kecil di Jkt, udah mengalami main di Ancol yg lebih jorok pas kecil. Ini mah udah mendingan banget. Ada smacam filternya gitu kayanya jadi sampah dari laut lepas ga masuk ke bagian laut yg tempat main ini. Yaaaa tetep jorok sih sebenernya tapi pura2 gak tau aja. Makan di kaki lima juga jorok. Hahahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s