Tentang Kirana – 11 Bulan

Tentang Fisik

Berat badan: (masih) 8.7 kg

Panjang badan: 72 cm

Akurasi tidak terjamin karena ngukur sendiri.

Tentang Development

Semakin lancar (dan semakin suka) naik tangga

Udah bisa turun dari bidang yang lebih tinggi (sofa, ranjang, trampolin, tangga, kasur) dengan benar (kaki duluan).

Semakin jago makan sendiri. Tapi kalau pake sendok, banyakan yang jatoh daripada yang masuk mulut.


Udah bisa minum pake sedotan. Kalo ini awalnya agak lucu. Beberapa kali saya berusaha ajarin dia pake sedotan selalu gagal. Tapi dia selalu tertarik sama botol sedotan kokonya. Tapi saya nggak kasih dia coba sedot karena Kokonya lagi batuk. Akhirnya dengan iman *halah* saya beli dulu aja botol sedotan buat Kirana dan kasih buat dia main-mainin dan gigit-gigit. Eh nggak lama setelah dibeliin, beneran bisa nyedot.


Semakin sering meniru: berdoa, telepon, nyisir, berusaha pake sepatu dan pospak sendiri. 

Udah semakin ngerti rutinitasnya. Setiap saya selesai baca dan tutup buku Alkitab bergambar, dia langsung pose doa *terharu*


Kalau ada lagu, suka ikutan ‘nyanyi’. Jadi dia kaya bersenandung gitu dan ada nadanya naik turun (tapi tentu saja masih fals).

Udah bisa jalan sambil dorong walker.

Bisa jalan dengan digandeng 1 tangannya aja walau masih goyang-goyang.


Udah ada beberapa kata yang (sepertinya) ada maknanya:

  • Am = makan
  • Nyanya = minum
  • Dada = dadagh/bye
  • Maaaaa = mama

Tentang Tidur

Tidur siang semakin challenging. Saya udah setengah nyerah aja. Setiap dia keliatan ngantuk, saya usahain supaya dia bobo. Tapi kalo gagal ya sudah, pasrah.

Beberapa kali sih cukin menjadi penyelamat. Udah beberapa kali tiap dimasukkin ke cukin, bagaikan disulap, Kirana tiba-tiba merem terus bobo. Efek negatifnya jadi nggak bisa ditaro, harus digendong terus. Waktu ngetik ini juga saya sambil gendong Kirana yang lagi nap pake cukin. Ya sudahlah nak, aku rela…..

Thank God, tidur malam tetap nggak masalah. Abis bedtime routine, ditaro, tidur deh dia sampai pagi.

Tentang Sifat

Bulan ini yang paling keliatan tuh keluar sifatnya. Yaowoooo ni anak drama queen juga ternyata.

Kalo lagi bikin salah terus ditegor, dia bisa mendadak merem lama trus tau-tau nangis sediiih banget

Atau kalo lagi mau sesuatu tapi nggak dikasih atau diambil dari dia, langsung nunduk, mukanya cium lantai, sambil nangis


Kalo ‘kecelakaan’ juga.. misalnya kejedug atau jatoh, dan ada saya di deket situ, nangiiiiis ra uwis-uwis. Baru berhenti kalo disusuin. Tapi kalo pas nggak nyadar ada saya (Saya nya ngintip-ngintip doang dari jauh), ketiban benda berat pun dia woles aja, lanjut main lagi. Kzl.

Hobi terbarunya adalah narik kacamata saya. Berkali kali kali kali… tiap kali digendong pasti langsung narik kacamata. Dan herannya cuma kacamata saya, kalau Papinya aman-aman aja tuh. Tapi setelah berkali-kali konsisten saya larang (dan tentunya diiringi deraian airmata), akhirnya dia nggak pernah narik-narik lagi. *Well… pernah sih sesekali coba-coba*

Yang signifikan juga, kalo dulu Kirana sangat jaraaang masukkin sesuatu ke mulut, bulan ini malah apa-apa dimasukkin ke mulut. Nemu makanan jatoh langsung cepet banget masuk mulut. Hari ini saya baru mergokkin dia masukin lego ke mulutnya, untung ketauan jadi keburu dikorek.

Selain masukkin mulut, dia juga suka masukkin barang-barang yang tercecer ke tempat sampah. Yang ini ngerepotin banget gara-gara Papi Maminya kan berantakan ya…. Jadi tiap keilangan barang, saya tergoda buat bongkar tempat sampah. Haha.

yak sekian dan terima angpao. Semoga saya keburu ngupdate postingan liburan. Sampai jumpa bulan depan di edisi Kirana ulang tahun!

 

 

6 thoughts on “Tentang Kirana – 11 Bulan

  1. Ya ampun kirana km cutes banget deh…onti jd pengen baby girl lg hahhahah
    Iy foto minum bareng ma raka rasany kirana rasa cintany membuncah ke kokonya

  2. Di foto pertama kirana keliatan feminim. Biasanya mukanya agak tomboy (efek terlalu mirip sm bapaknya hahaha). Kirana dram queen jg ya bisa *tantrum gitu. Eh itu masuk tantrum ga yg nunduk ke lantai smbl nangis2? Trus itu kirana anaknya bersih yaa suka buang ke tempat sampah hahaha.

Leave a Reply

