Keistimewaan Si Sulung

Cerita Jepang saya sela dulu ya, karena ada memory yang baru aja terjadi dan ingin saya ‘rekam’ di blog ini.

Kemarin malam Mas Ben, saya, dan Raka nonton Flower of Destiny The Musical. Kirana nggak diajak karena anak di bawah 5 tahun memang nggak dibolehin nonton acara ini (mungkin takut mengganggu). Karena venue musicalnya jauh dan sebelumnya ada jadwal kelas taekwondo Raka yang mepet, kami udah ‘ninggalin’ Kirana di rumah sejak sebelum taekwondo. Jadi efektif sejak jam 4 sore hingga sekitar jam 10 malam, kami cuma bertiga aja: Mas Ben, saya, dan Raka.

Tadi pagi, begitu baru bangun tidur dan masuk ke kamar kami, yang pertama diomongin Raka adalah:

“Papi Mami cuma sayang sama Raka. Kemaren Papi Mami nonton teater cuma ajak Raka.” (sambil senyum-senyum hepi)

Kalau saya lagi korslet, mungkin saya bakalan langsung ‘menghardik’ Raka dengan ceramah berjudul “Papi Mami Sayang Dua-Duanya” dan “Kamu Harus Sayang Dede”. Lalu berakhirlah percakapan itu tanpa kelanjutan dan kemungkinan anaknya bakal diem tapi mendem dalam hati.

Puji Tuhan, pagi ini saya lagi lempeng, mungkin Roh Kudus bekerja sehingga saya bisa menangkap esensi di balik omongan Raka tadi. Jadi begini tanggapan saya:

“Iya Papi Mami sayang Raka dong. Raka seneng ya bisa pergi bertigaan doang sama Papi Mami?”

“Iya, Raka seneng banget”

“Papi Mami juga seneng. Nanti kapan-kapan kita pergi bertigaan lagi ya, nggak sama dede. Tapi nggak bisa sering-sering. Dede juga musti diajak-ajak dong, nanti kasian dong kalo ditinggal terus. Kan Papi Mami sayang dede juga.”

Dan percakapan itu pun berakhir. Raka udah teralih sama hal lain, tapi curahan hatinya itu membekas banget di hati saya.

Buat kami Papi Maminya, pergi bertiga kemarin itu sebenernya terasa biasa aja. Nggak ada yang terlalu istimewa. Memang sempet ada curhat-curhatan soal guru dan teman-temannya di sekolah, tapi selain itu ya biasa aja. Tetap banyak adegan Raka diomelin. Hehe.

Tapi buat Raka, memang ini pertama kalinya kami pergi bertiga tanpa Kirana. Buat Raka, sepertinya moment kemarin malam itu istimewa banget.

Jangan salah ya tanggap ya… Raka sangat sayang sama Kirana. Bahkan kemarin pas setelah musical dibagiin cookies, seorang dapat satu, Raka langsung bilang sama Papinya: “yang satu itu buat Dede ya”. Waktu dibagiin sticker merchandise juga dia sampai balik lagi ke counternya, minta satu lagi buat Dede. Bahkan saya aja nggak kepikiran. Hehe.

Kami lupa, ketika kami memutuskan memberinya adik (iya, yang memutuskan kan kami ya, bukan dia yang bener-bener mau), sesungguhnya kami sedang ‘mengambil’ keistimewaan Raka sebagai anak tunggal. Si sulung yang tadinya jadi limpahan perhatian kedua ortunya, sekarang harus berbagi. Udah gitu dia sendiri ‘dituntut’ untuk sayang dan care sama adiknya.

Sebenernya kami udah aware soal hal ini, makanya kami suka nyempetin nge-date berdua Raka tanpa adiknya. Kadang saya dan Raka aja, kadang Mas Ben dan Raka aja. Tapi memang nggak pernah kepikiran pergi bertiga aja, dan ternyata di lubuk hatinya Raka merindukan moment-moment bertiga itu.

Apalagi Raka, si koko yang manis ini, kelakuannya sering terlihat dewasa dan ngemong banget, sehingga kami seringnya cuma inget kalau dia adalah seorang koko, lupa bahwa dia juga tetap seorang bocah berusia 5 tahun.

OK, Raka… nanti kapan-kapan, kalau memungkinkan, kita pergi bertigaan lagi ya…

20180818_180127783087311.jpg

 

 

 

Advertisements

3 thoughts on “Keistimewaan Si Sulung

  1. Wah…bisa jadi bahan praktek buat Nico nih… Emang sepertinya semenjak ada Ryan, Nico jadi lebih nakal gitu…. Kalo aku curiganya ya itu, pengen cari perhatian… Mungkin memang kita harus lebih memberi waktu khusus untuk Nico yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.