2018 – Tahun Penuh Syukur

Masih suasana awal bulan, sebelum saya posting tentang jalan-jalan Yogya, seperti biasa saya mau posting rangkuman kehidupan kami selama tahun kemarin. Saya suka tulisan kaya gini, sekalian jadi catatan memory dan berkat Tuhan buat kami tahun itu.

Untuk tahun-tahun sebelumnya bisa dilihat di sini:

2012, 2013, 2014, 2017 (2015 dan 2016 memang nggak nulis)

Highlight tahun 2018 buat saya adalah drama ART (asisten rumah tangga). Setelah 3 tahun punya mbak yang setia, tahun 2018 dia berhenti kerja karena mau menikah. Sejak itu saya diterpa drama mbak yang datang silih berganti. Bahkan awal 2019 ini drama mbak belum berakhir. Lowest point di 2018 kemarin, sempat 2 minggu nggak pakai helper sama sekali. Hati senang (karena sebenernya saya introvert yang nggak nyaman dengan orang luar) tapi badan tumbang. Sungguh drama mbak ini ternyata sangat mempengaruhi mood saya. Tapi di tengah semua itu, jadi belajar bersyukur di tengah keseruan dan rumah yang porak poranda. Haha.

Highlight 2018 kedua adalah tentang fitness life. Tahun ini saya mulai yoga lagi seminggu sekali. Lalu saya juga mulai weight-training dengan dumbell, dan saya suka. Dari mulai beli 1 set dumbell, lalu nambah 1 set lagi (biar bisa tambah berat), lalu nambah beli 1 barbel. Olahraga semakin enjoyable dan udah jadi bagian dari lifestyle saya. Dan saya seneng banget ngeliat otot yang mulai nongol sedikit. Saya bersyukur banget dengan perubahan hidup ini, karena pengaruh juga ke kehidupan sehari-hari. Saya jadi lebih setrong, kuat gendong anak lebih lama, dan nggak mudah ngos-ngosan kalau main sama mereka.

View this post on Instagram

Having a super-tight body, I never thought I can do this pose! It's far from perfect but knowing that I have a tight right shoulder and wrist ( my right hand can not touch my left shoulder blade before), this is still an achievement! Thank you for #createyourflow challenge by @docjenfit @themobilitymethod. I just practice her flow for the wrist and shoulder for couple minutes and I can do this rightaway. And now I will talk in bahasa Indonesia 🀣 Nulis inggris di atas krn bener2 mau appreciate programnya. Tapi beneran deh, mobility penting buat sehari2 bukan buat yg yoga aja. Menghindarkan kita dari cedera2 akibat kegiatan macam gendong anak, nyeterika, kerja di depan komp, atau main Hp! Sekarang mungkin belum berasa, mungkin 20-30th lagi baru rasain sakit di sini dan situ dan percayalah operasi2 buat masalah sendi dan kawan2nya itu mahal, kawan. So saya rekomen banget ini program. 7 hari @10menit dan gratis. Nanti dikasih tes2 buat cek mobility bagian2 tubuh kita dan solusi buat 'ngebenerinnya'

A post shared by dina (@ceritabendi) on

Kalau soal pola makan, sampai bulan November saya mostly masih disiplin dengan pola makan keto. Saya bahkan rajin bikin-bikin kue dan roti keto sampai terima pesenan juga walau sekedar buat teman. Sayang 2 bulan terakhir, sejak ke Belanda lalu dilanjutkan musim liburan, bubar sudah. Haha. Tapi saya bersyukur banget bisa kenal pola makan ini karena saya jadi tahu what works for my body. Tahun kemaren salah satu resolusi saya itu leaner body. Dan puncaknya bulan April kemaren, saya dan Mas Ben udah bisa foto pakai baju pengantin kami.

Di bulan Maret, saya mengambil keputusan besar yang rada impulsif: operasi LASIK. Motivasi awal karena pengen kece tanpa kacamata pas liburan ke Jepang, tapi udah nggak betah pake softlense. Ini keputusan yang awalnya galau tapi akhirnya sangat amat saya syukuri.

Tahun 2018, sedikit galau soal sekolah Raka. Tahun 2019, Raka masuk SD, berarti 2018 sudah harus daftar. Sekolah incaran kami standar akademisnya cukup tinggi (sekalipun buat anak ‘dalam’). Thank God di hari terakhir pendaftaran gelombang pertama, Raka diterima di SD. Duh cepet amat ya tahun depan udah jadi anak SD.

Tahun 2018 saya juga bersyukur banget karena diijinkan banyak travelling.

Januari naik kereta ke Bandung bareng Hura-Hura, nginep di Grand Tjokro. Maret staycation di Olympic Renotel Sentul. April backpacking ke Jepang bareng Yohan-Vira. Juni ke Bali bareng keluarga Mas Ben. Agustus nginep di Fara Villa Cisarua bareng keluarga besar Mas Ben. November ke Belanda bareng Mami saya. Desember ke Yogya berempat saja. Dan akhir tahun ditutup staycation di apartemen Casa Grande bareng Yohan-Vira.

View this post on Instagram

Bukan Holland Bakery

A post shared by dina (@ceritabendi) on

Di bulan Agustus, bulannya ultah anak-anak. Nggak sempet bikinin Raka karena ultahnya di Cisarua pas nginep di Fara Villa. Tapi bersyukur banget masih sempet bikinin kue buat Kirana sesuai request si anak. Walaupun bentuknya agak acakadut, tapi anaknya seneng banget, dan perjuangan saya rasanya terbayarkan.

Tahun 2018 ini juga banyak perkembangan anak-anak yang kami syukuri. Raka sudah bisa main sepeda roda dua walaupun belum lancar. Raka juga udah ujian taekwondo dan naik level ke sabuk kuning. Tahun ini, Kirana berkembang banget kepribadiannya, udah nggak mudah nangis kalau ketemu orang asing, udah berani kasih salam, udah jauh lebih kooperatif di kelas Sahabat Kristus, dan klimaksnya pas Natal kemaren berani tampil jadi Maria di Natalan Sekolah Minggu.

Tahun 2018, kami juga bersyukur karena bisa ngajak anak-anak nyoba kegiatan baru dan pergi ke tempat-tempat baru. Tahun ini kami sempat pergi ke Snow Park Adventure, Museum Nasional, ke pameran seni Art Jakarta di Lotte Shopping Avenue, nonton Asian Paragames, nonton Flower of Destiny Musical, dan ikut Willio Run.

Terima kasih, Tuhan untuk 2018 yang menyenangkan.

Resolusi 2019 saya:

  • Belajar memilah dan mengolah sampah
  • Menyelesaikan redesign website gereja saya yang udah lama saya anggurin
  • Menjadwalkan family altar dan saat teduh pribadi
  • Leaner body *tetep
  • Travelling ke negara baru *lah ini mah harapan, bukan resolusi ya.

Sekian dan terima angpao!

Advertisements

3 thoughts on “2018 – Tahun Penuh Syukur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.