Tentang Kirana – Tiga Tahun

Tentang Kirana

Berat badan: Sekitar 13-13,5 kg
Tinggi badan: Sekitar 87-88 cm

Di postingan ultah tahun lalu, saya cukup bangga cerita dia bisa tidur sendiri. Tapi umur 2 tahun beberapa bulan, kami merasa udah nggak pantes anak ini tidur di crib. Jadi crib-nya dibongkar, ranjangnya ditaro di lantai. Sejak itu, jadi harus ditemenin dulu sampe tidur, baru ditinggal. Ya sudah lah, dinikmati aja selagi masanya. Nanti akan ada masanya, dia nggak mau saya masuk ke kamarnya. Hehe.

Sudah full lepas diapers. Sekarang udah bisa buka celana, pipis, cebok, lap tissue/handuk, pake celana lagi sendiri. Bisa, tapi seringnya sih masih saya bantuin demi alasan kebersihan.

Sudah bisa pakai baju berkancing sendiri.

Sudah bisa ‘berenang’. Belum bisa ambil napas, tapi bisa ‘mengayuh’ tangan dan kakinya supaya maju tanpa pelampung. Jujur skill yang ini bikin saya amazed.

View this post on Instagram

Tambah ngebut #kirana2y11mo

A post shared by dina (@ceritabendi) on

Sudah bisa gliding jarak pendek dengan balance bike dan scooter.

Sangat hobby nyanyi. Nyanyinya penuh ekspresi dan gerakan, macam lagi manggung. Tapi ini cuma terjadi kalau nggak ada orang asing yang ngeliatin.

 

 

 

Sejak bulan Juli sudah masuk pre-school. Ceritanya udah ada di postingan sebelumnya. Sekarang ke sekolah udah nggak pernah nangis walau pas mau ke kelas masih agak ogah-ogahan kalau ketemunya miss yang bukan CS-nya. Menurut miss-nya, Kirana udah mulai enjoy main sama temen-temennya tapi begitu ngeh lagi diliatin guru, langsung diem lagi.

Nggak betah nonton film. Sukanya nonton video lagu-lagu. Dan dia cukup cepat hafal teks lagu-lagu yang sering didengerin.

Suka niruin gaya Youtuber. Duh anak masa kini banget ya

Udah bisa self defense kalau digangguin kokonya. Udah bisa ngomel, teriak, atau kadang nggeplak balik. Duh ini milestone atau nggak ya? ahahaha

Kue Ulang Tahun

Tadinya nggak ada rencana mau rayain ultah di sekolah. Tapi beberapa bulan terakhir, Kirana mulai ngerti konsep ulang tahun dan semangat banget menanti-nanti hari ulang tahunnya. Selain itu, kami udah mengira Kirana bakal sedikit sulit adaptasi sekolah. Dengan merayakan ultah di sekolah, kami berharap Kirana bisa lebih excited berangkat sekolah dan percaya diri di hadapan temen-temennya.

Jadilah kami memutuskan tiup lilin di sekolah.

Seperti biasa, ambisi pribadi saya adalah bikin kue sendiri. Tapi semakin mendekati hari-H saya sadar rasanya nggak sanggup. Akhirnya memutuskan bikin topper aja sendiri, kuenya beli. Kirana nggak punya karakter favorit, jadi saya memutuskan tema tahun ini adalah Mermaid, sesuai dengan hobi dia yang suka banget berenang.

Cari-cari design kue di berbagai bakery yang kira-kira bisa cocok sama tema mermaid, akhirnya ketemu di Capital Bakery. Begitu ngeliat, saya langsung sreg sama design-nya. Harganya pun sangat terjangkau dan FYI, rasanya enak loh! Saya beli 2 buah kue. Satu buat di sekolah, satu buat di rumah.

Design kue aslinya. Saya minta tanpa topper buah2an.

H-1 saya baru bikin topper-nya. Awalnya sangat optimis jadinya bisa bagus. Eh tapi pas gabungin semuanya, mblesek semua. Mermaid yang tadinya anggung semampai jadi rada bungkuk dan miring. Haha. Ya udah lah yang penting masih keliatan kalau itu mermaid dan anaknya happy pas ngeliat.

Proses bikin topper kali ini menyenangkan karena anak-anak udah cukup gede. Mereka nggak gangguin saya malah duduk anteng dan mainan fondant bareng-bareng.

Ulang Tahun di Sekolah

Acaranya sederhana aja. Setengah jam sebelum jam pulang, kami ke sekolah bawa kue dan goody bag. Sampai di kelas, Kirana dinyanyiin, tiup lilin, foto-foto, bagi-bagi goody bag. Udah gitu aja.

Yang lucu, sepanjang acara Kirana poker-face. Nggak ada ekspresi sama sekali. Udah menduga sih dia bakal kaya gini kalo jadi pusat perhatian. Padahal dalam hati sih seneng banget. Wong setiap hari udah nanya kapan ulang tahun di sekolah.

Di rumah, dibilang mau difoto, disuruh pose, dia pose gini dong

Pas liat foto ini, saya worry loh… ini Kirana yang kecil banget atau temen-temennya yang bongsor ya?

Ulang Tahun di SK

Sorenya, pas ada jadwal SK (Sahabat Kristus). Di SK cuma boleh tiup lilin aja. Saya beli chiffon meises Home Made Bakery buat tiup lilin.

Kirana masih suka nggak mau ke SK (karena harus ditinggal saya). Tapi hari itu saya terharu, Kirana baru sampai di depan kelas, salah satu gurunya menyambut “Hai, Nana… hari ini ulang tahun yaaa”. Eh semua temen-temennya yang di dalem kelas langsung berhamburan keluar manggil-manggil nama Kirana danΒ  kasih Kirana selamat lalu ngajak masuk. Huhu aku terharu. Baik banget sih anak-anak ini padahal masih piyik-piyik.

Kami nggak hadir waktu Kirana tiup lilin, tapi dikirim foto sama gurunya dan…. sekali lagi tanpa ekspresi. Haha.

Ulang Tahun di Rumah

Duh kalo yang ini bener-bener di luar rencana. Tadinya mah ya cuma mau tiup lilin aja berempat soalnya kan tadi di sekolah tiup lilin nggak ada Raka (kami nggak panggil Raka dari kelasnya tadi pagi karena ultahnya pas jadwal Raka pelajaran musik, dia suka pelajaran itu).

Iseng-iseng ajak Oma dateng makan bareng, ajak Emak Engkong,….eh tahu-tahu dateng juga Oo Pia dan Ako Olin sekeluarga. Rame deh macam pesta kita. Yang jelas anak-anak jadi hepi banget.

Naaah di sini saya berhasil deh dapetin foto Kirana ketawa. Jadi tuh emang Kirana baru bisa ketawa kalo saya ngebodor di depan dia. Jadi kalau saya lagi foto satu frame sama dia ya sudah pasrah deh mukanya cemberut.

Sekian rangkaian acara ultah Kirana yang sederhana tapi seru. Sekarang dikit-dikit si anak bayi ngomongnya “Kirana udah gede, udah umur 3!”

Bonus foto:

Hasil Mas Ben ngubek2 album foto lama. Ya nggak heran ya Kirana kaya gitu, ekspresinya 11-12. Haha

 

 

8 thoughts on “Tentang Kirana – Tiga Tahun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.