Belanja Perlengkapan Musim Dingin Murah Meriah Anti Ribet

Kalau ada kesempatan travelling ke luar negeri, saya dan Mas Ben selalu prefer pergi pas cuaca dingin. Kalau nggak winter ya minimal pas fall atau spring. Pokoknya asal jangan summer. Udah puas ngerasain panas di Jakarta, kapan lagi bisa gegayaan pake coat, ya kan?

Masalahnya kalau pergi ke cuaca dingin, berarti harus belanja macam-macam perlengkapan musim dingin… yang mana harganya mahal-mahal, padahal budget mamak kan terbatas ya….

Dulu saya nyari-nyari info di dunia maya, kok kayanya kurang memuaskan hasilnya. Rata-rata sarannya ke Uniqlo atau L*ksmi. Uniqlo masih kemahalan buat kantong saya, sementara L*ksmi lokasinya kurang bersahabat dan harganya juga tetep ga murah-murah amat.

Jadilah saya survey-survey sendiri, coba bandingin sana-sini. Setelah melalui trial dan error, kali ini saya mau share toko-toko dan brand yang menurut saya kualitasnya OK, harganya bersaing, dan belinya nggak ribet. Siapa tahu ada yang mau liburan di musim dingin tahun ini.

Disclaimer: saya nggak di-endorse oleh satupun toko atau brand yang disebut berikut ya. Saya cuma seorang happy customer yang ingin berbagi. Semoga berguna ya.

OL Shop Barang Second

Jaket winter yang model tebel-tebel itu secara umum terbagi dua: yang fillernya polyester dan yang fillernya bulu angsa (goose/duck down). Saran saya beli sekalian yg isinya bulu angsa karena jauh lebih hangat.

Masalahnya jaket bulu angsa tuh mahal banget. Ultra light down Uniqlo harganya start from satu juta-an. Ini udah termasuk yang murah.

Rahasia saya: beli second! Tapi jujur saya males banget ke Senen atau Pasar Baru nyari jaket second. Jadi saya cari online. Saya berhasil dapet jaket bulu angsa cakep-cakep seharga 200-300an ribu loh.

Saya udah trial dan error beli di beberapa online store (ada yang fillingnya udah tipis, bau apek, resleting rusak) sampai akhirnya mengerucutkan list saya jadi 2 online store di IG yaitu:

@kabutmanglayang_2nd

@ynf_secondbrand

Saya udah beberapa kali beli di kabutmanglayang. Di ynf baru sekali, tapi teman saya juga pernah beli di situ dan tidak kecewa. Kelebihan mereka adalah barang-barangnya udah dipilih yang kualitasnya masih OK, dan foto-fotonya jelas sampai ke detail-detailnya. Infonya juga tepat sesuai label. Selain itu, barang mereka selalu dipacking rapi, sebagian besar bahkan sudah dicuci, jadi datang dalam keadaan rapi, wangi, tinggal lempar ke koper.

Tips dari saya, karena ini barang 2nd tentunya barangnya tiap jenis cuma ada 1 aja, itu pun kalau size-nya cocok. Kalau udah ada plan mau pergi pas winter, rajin-rajinlah cek IG mereka dari jauh-jauh hari. Kalau pas ada yang model dan size-nya cocok, jangan kelamaan mikir, langsung deal.

Jacket Mas Ben dari ynf. Jacket saya dari kabutmanglayang.

OL Shop Barang FO

Selain beli second, bisa juga cari ke FO (factory outlet). Tapi pengalaman saya cari ke FO offline, cape nyarinya karena barangnya banyak tapi yang filling bulu angsa sedikit, sementara mbak-mbaknya kurang paham yang mana yang bulu angsa. Begitu ketemu, belum tentu ada ukurannya. Saya malah pernah beli jaket seharga 400an ribu di FO offline, kata mbaknya itu bulu angsa, saya manut aja, maklum dulu belum ngerti. Setelah cek labelnya, ternyata polyester. Sungguh ku merasa rugi.

Jadi rekomendasi saya, mending ke OL shop yang jual barang FO karena keterangannya dan stoknya bisa lebih jelas dilihat. Rekomendasi saya di IG @outerwearbranded.id.

Mereka juga punya akun yang khusus jual jaket winter anak @jaketmusimdinginbranded. Saya beli jaket anak-anak di sini. Kualitasnya OK punya.

Di kedua toko di atas, nggak semuanya filling bulu angsa ya, tapi lumayan banyak pilihan yang bulu angsa.

Jaket ketiga anak ini dari jaketmusimdinginbranded

Twighouse

Twighouse tokonya ada di Bandung, tapi ada online storenya juga di IG @twighouse. Kelebihan OL Shop yang ini adalah CS-nya yang OK banget. Superrrrrr friendly dan product knowledge-nya luar biasa. IG nya cukup update tapi koleksinya sendiri sebenernya lebih lengkap daripada yang di IG.

Saya biasanya langsung tanya aja “Saya mau ke Korea bulan Desember, kira-kira beanie, syal yang OK yang mana ya buat ukuran anak 3 tahun? Jangan yang mahal-mahal yaaa…”. Nanti mereka fotoin beberapa pilihan yang ada di toko. Mereka bisa jelasin lengkap, yang mana yang wool, yang mana yang acrylic. Kalo ke suhu sekian cukup pake yang ini, kalo ke suhu demikian, sebaiknya pake yang itu, dan seterusnya. Pokoknya mereka nggak saranin produk yang mahal-mahal kalo emang kita butuhnya nggak segitu.

Selain CS-nya yang OK, produk-produk Twighouse juga kualitasnya OK. Produk mereka banyak yang made in Japan dan made in Korea (OL shop perlengkapan winter lain biasanya ambil barang dari China – bukan berarti jelek sih, tapi ini yang bikin Twighouse beda sama OL shop lain).

Untuk longjohn, saya rekomen beli di sini, karena size-nya lengkap dari anak-anak sampai triple large, dan harganya termasuk paling murah kalo dibanding tempat lain. Kualitasnya juga OK. Sweater wool mereka juga cakep-cakep dan hangat banget. Khusus sweater wool harganya emang agak mahal tapi sebanding banget sama kualitasnya. Mantep deh.

Hampir semua perlengkapan esensial kami, seperti beanie, syal, sarung tangan, kaos kaki, belinya di sini.

Di sini juga jual heatpack brand Jepang dengan harga OK dan kualitas juara. Di Korea kami sempet dapet gift heatpack, hangatnya kalah jauh sama yang beli di Twighouse. FYI heatpack ini kalo di Korea dan Jepang banyak yang jual, tapi kalo di Eropa jarang ya. Jadi mendingan beli di Indonesia menurut saya.

Oiya, mereka juga sering jual jaket bulu angsa dengan harga miring. Promonya ini biasanya di IG story, jadi kalo emang lagi hunting perlengkapan musim dingin, rajin-rajin pantengin story mereka.

Wintercoat.id

Saya suka @wintercoat.id karena keterangan produknya jelas dan harganya terpampang nyata. Saya sebel aja sama OL shop yang harus di DM buat tanya harga, ngabisin waktu. Di sini saya beli masker dan set beanie-neck warmer. Kualitasnya OK dan harganya bersaing.

Nah kalo mau beli coat, jacket, atau perlengkapan lain yang lebih fashionable, di sini lumayan banyak pilihannya (dibanding Twighouse yang modelnya lebih basic). Tapi saya nggak beli karena sudah punya, jadi nggak tahu kualitasnya. Kelihatannya sih OK.

Nokha dan Hello Mici

Kalau ke suhu belasan, masih OK pakai sneakers biasa. Tapi karena ke Korea kemarin suhunya bisa sampai minus, saya pun akhirnya memutuskan buat beli boots untuk kami semua. Survey sana-sini akhirnya jauh ke Nokha, brand sepatu lokal. Brand ini udah banyak yang review positif, cocok dipakai di cuaca winter sampai yang bersalju sekalipun. Modelnya pun cakep, setipe sama yellow boots-nya T*mberland. Harganya? 300-400 ribuan saja, sering promo pula. Boots Mas Ben, saya, dan Raka belinya di sini.

Menurut kami, kualitasnya OK dan cukup nyaman dipakai dan nggak licin waktu jalan di salju. Tapi karena cuttingnya agak kecil di depan, sebaiknya beli yang nomornya agak besar. Sebagai ilustrasi, sneakers Adidas saya size 40 2/3, Nokha saya pakai size man nomor 41. Tapi jangan kuatir karena mereka melayani tukar size kok.

Sayangnya Nokha nggak support size Kirana (size Nokha yang kids paling kecil untuk insole 17,5 cm). Setelah nyari-nyari, saya ketemu boots yang setipe di Hello Mici, namanya worker boots. Harganya 200ribu-an saja dan sepertinya sangat nyaman dipakai, soalnya Kirana suka banget pake boots ini, malah dipake ke gereja dan sekolah juga. Modelnya mirip pula sama Nokha saya, jadi bisa matching-an.

OL shop luar negeri via Shopee

Untuk barang-barang yang tidak esensial, saya suka beli di Shopee dari seller luar negeri karena harganya murah buanget. Contohnya sarung tangan waterproof buat Raka dan Kirana. Jadi mereka masing-masing udah punya sarung tangan wool dari Twighouse. Tapi saya mau beli cadangan yang waterproof in case hilang, dan sekalian juga buat main di salju. Lalu saya juga beli masker anak-anak, ini karena di OL shop dalam negeri jarang ketemu.

Murah banget cuy. Sarung tangan ski di OL shop biasanya 100ribuan, beli dari seller luar negeri cukup 30ribu saja. Masker anak cukup belasan ribu saja. Ongkirnya free pula.

Negatifnya, ini bagaikan beli kucing dalam karung karena nggak tahu kualitasnya. Masker Raka baru dipakai 3 hari udah putus. Salah satu sarung tangan Kirana zonk, cuttingnya aneh jadi nggak bisa dipake. Tapi karena murah, ya sudah beli lagi. Totalnya tetap lebih murah daripada beli di sini.

Makanya untuk beli di seller luar negeri ini sebaiknya untuk barang-barang tidak esensial aja ya. Dan jangan lupa belinya jauh-jauh hari karena pengirimannya kadang bisa agak lama.

O iya di OL shop luar, saya juga beli legging kulit imitasi waterproof buat saya dan anak-anak. Harganya 75ribu-an saja untuk dewasa dan 30ribuan untuk anak-anak. Ini berguna banget pas main salju, kaki kita jadi nggak basah dan dingin walaupun kita sempet tidur-tiduran di atas salju. Maklum ya, manusia tropis ketemu salju kan norak. Haha.

Btw semua OL shop yang saya sebut ini random ya, nggak ada rekomendasi khusus.

Boots saya dari Nokha. Boots Kirana dari Hello Mici. Legging dari OL shop luar negeri, sweater wool saya dan kaos kaki wool Kirana dari Twighouse

Uniqlo

Akhirnya kesebut juga brand ini. Walaupun tadi untuk jaketnya, saya bilang mahal, ada beberapa produk Uniqlo yang menurut saya harganya masih OK dan kualitasnya sesuai harganya.

Yang pertama adalah longjohn heattech. Untuk urusan long john, sebenernya long john Twighouse lebih hangat dan murmer. Tapi menurut saya, kelebihannya heattech adalah tipisnya. Tipiiis banget jadi nggak bulky dan keliatan gendut kalau kita pakai berlapis-lapis. Terutama untuk celana ya, apalagi kalau luarnya kita mau pakai skinny jeans.

Long john Heattech Uniqlo ada 3 level: heattech (biasa), heattech extra warm, heattech ultra warm.Tapi kalau untuk hangatnya, saya rekomen minimal yang extra warm. Masalahnya extra warm ini beda harganya lumayan beda jauh daripada yang biasa. Jadi bisa juga pakai heattech yang biasa tapi dua lapis.

Saya punya tips biar bisa beli heattech dengan harga miring. Belilah di akhir season musim dingin (Sekitar bulan Januari atau Februari) karena biasanya udah end of season sale. Atau…. carilah di rak-rak bagian broken size yang udah di-sale semua (ini biasanya ada di pojokan, deket fitting room, rak yang isinya barang-barang ‘sisa’ yang size-nya udah nggak lengkap lagi). Kemarin itu saya dapet longjohn top extra warm anak seharga 69ribu, legging extra warm saya seharga 129ribu.

Selain long john, saya rekomen banget heattech fleece turtleneck. Bahannya enak, nggak terlalu tebal tapi hangat. Reguler price-nya biasanya 149ribu, tapi di rak broken size suka dijual 99ribu. Ini ada untuk wanita dan pria, dan warnanya cakep-cakep.

Lalu saya juga suka fleece jacket-nya. Harga normalnya 299ribu tapi sering promo. Fleece jacket ini cakep dipake, hangat banget, dan banyak kantongnya (ada kantong luar dan dalam). Jadi praktis banget, bisa nyimpen sarung tangan, handphone, dompet di situ. Pas ke Eropa saya sampai nggak perlu bawa tas lagi, semua dikantongin aja. Haha.

fleece jacket Uniqlo, syal Twighouse

….

Sepertinya semua yang saya sebutin di atas udah merangkum semua perlengkapan winter kami. Kalo temen-temen ada rekomendasi OL shop atau brand lain, boleh loh sharing-sharing.

Semoga info ini berguna ya. Sekian dan terima tiket.

4 thoughts on “Belanja Perlengkapan Musim Dingin Murah Meriah Anti Ribet

  1. Dulu aku juga pernah belanja di Twig House ci. Terus lagi mikir-mikir juga mau beli di Nokha karena ada boots pink gitu, haha. Tapi pergi winternya aja entah kapan lagi, semoga aja ada rejeki bisa winteran lagi. Btw di mangdu square juga banyak FO jual jaket winter. Anw, lihat di foto dikirain boots cc dan Kirana kembar, ternyata beda merek tapi cakep!

    • iyaaa aku juga naksir boots pink nya sebenernya. Tapi kayanya lebi everlasting yang kuning ini.
      iya aku tau tu FO di mangdu square, liat IG kamu, tapi berasa repot ke sana bawa 2 anak. haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.