Retreat Hura-Hura dan Review Ardyna Villa Bogor

Saya beberapa kali nyebut-nyebut soal Hura-Hura di blog ini. Kali ini saya mau sedikit cerita tentang grup tercinta ini.

Hura-Hura adalah grup temen-temen segereja. Terbentuknya diawali pas bareng-bareng jadi panitia Natal Pemuda tahun 2012. Sama sekali nggak disetting dan direncanakan cuma sepertinya kebetulan aja tiap kali spontan ajak jalan bareng, dia-dia lagi yang bisa (atau mungkin kami-kami ini emang rada pengangguran haha). Lama-lama terbentuklah grup ini.

Udah gitu, kita semua cocok kalau travelling dan ngumpul bareng. Mungkin karena sama-sama suka nyoba-nyoba kuliner dan responsible semua, travelling sama mereka menyenangkan karena semuanya bisa inisiatif ambil bagian. Nggak ada yang cuma maunya nyantai-nyantai tapi juga nggak tumpang tindih rebutan job desc.

Tapi yang terutama, dari awal saya simply bahagia karena diterima dengan tangan terbuka sama mereka. Waktu awal terbentuk, Hura-Hura terdiri dari 5 pria dan 5 wanita. Dua pasang di antaranya yang udah merid cuma Mas Ben dan saya serta Utin dan Dea. Gon-Gon-Melina masi pacaran. Yohan-Vira belum pacaran dan Matthew-Aike masih sama pacar masing-masing (tapi entah kenapa akhirnya merid semua nih, end up jadi 4 pasutri plus 1 pasutri-wannabe).

Waktu itu kondisinya saya lagi hamil, kita jalan ke Bandung. Pernah juga PP sehari ke Bogor. Mereka sabar loh ngikutin leletnya saya yang lagi hamil gede. Abis itu Raka lahir, jadi satu-satunya bocah di grup ini. Mereka juga tetep loh nggak keberatan ngajak saya jalan. Padahal waktu itu jalan agak jauh ke Lombok. Kan tahu sendiri ya kalau bawa anak semuanya jadi harus dipikirin, nggak sesimple kalau travelling tanpa anak. Malah kalau travelling sama mereka, saya seperti punya pasukan baby sitter, pada demen bantuin jagain Raka. Sampe saya dan Mas Ben bisa snorkeling bareng loh, Raka tidur di pelukan Yohan. Terharu akutu sama grup ini.

Nah setahun sekali, di akhir atau awal tahun biasanya kami usahain bisa ngumpul lengkap buat Natalan bareng. Kadang kami staycation yang deket-deket di Bogor atau Bandung.

Yang awalnya 10 orang, tahun ini anggota kami totalnya udah 15 orang: 10 dewasa dan 5 anak (Raka, Kirana, Ben, Axel, Alisha). Seneng banget kali ini semua bisa ngumpul lengkap buat staycation di Ardyna Villa, Bogor. Nanti saya review di bagian akhir post ya.

Sabtu, 11 Januari 2020 jam 8 pagi, kami ngumpul di gereja pakai kaos kembaran. Ilustrasi di kaosnya hasil karya Vira, kaosnya tentu bikin di Kastem Haus. Lalu berangkat ke rest area km 10 buat ngopi dulu di Starbucks. Lumayan lagi ada promo buy 1 free 1.

first stop: starbuck

Karena anak-anak saya yang hamba playground udah sakaw, next stop kami ke Klappertaart Huize supaya anak-anak bisa main sementara para ortu nongkrong sambil ngemil.

Klappertaart Huize- gantian ya bapak2 jaga anak, mamak2 ngobrol

Menjelang makan siang, kami pindah ke Kedai Soto Rahayu buat makan siang sekaligus nunggu jam check in villa. Resto ini juga cocok buat bawa anak. Walaupun nggak ada mainannya, ada area buat anak-anak main dan lari-larian. Anak-anak betah di sini.

Setelah itu kami mampir ke supermarket buat belanja, lalu langsung ke villa. Sore itu dihabiskan dengan berenang, lalu gojek pizza tungku dari Kedai Kita, lalu anak-anak main bola, lalu makan malam.

Serasa di beach club di Bali

Untuk makan malam, kami pesan paket liwetan di Warung Ngariung. Ekspektasi bisa liwetan lesehan rame-rame dialasi daun pisang. Pas dateng, loh kok nggak ada daun pisangnya. Entah mereka lupa atau memang sebenernya paket liwetannya nggak termasuk alas daun pisang, entahlah. Yang jelas, rasa makanannya juara dan porsinya ternyata lumayan besar.

Makanan melimpah

Setelah makan, kami main games bareng. Games-nya udah disiapkan oleh Aike dan Melina. Seru banget loh, beneran kaya ikut retreat. Abis cape main games, kami tukeran kado (sebelumnya Dea udah organize Secret Santa). Lalu tidur….

Tuker kado

Kami masuk kamar masing-masing. Saya sekamar dengan Kirana, Vira, Ben (anaknya Vira), Aike, dan Melina. Awalnya kami udah matiin lampu, udah di posisi tidur. Beberapa menit kemudian Vira bisik-bisik ke saya

“Ini nggak bisa ya anaknya suru tidur sendiri biar kita bisa ngobrol?”
“Mana bisa. Yang bisa mah kita tidurin dulu mereka. Abis itu baru kita ngobrol”
“yah yang ada gw ikut ketiduran”
“…. yaudah kalo gitu biarin aja anak-anak main, kita ngobrol. Biar nanti aja mereka tidurnya”
“OK”

Haha

Lampu kamar dinyalain lagi. Kirana dan Ben disuruh main bareng. Lalu kami berempat ngobrol. Belakangan Dea (yang tidur di kamar sebelah karena masih harus nyusuin Alisha) nimbrung. Menjelang jam 12, Kirana dan Ben yang udah ngantuk berat, tidur sendiri tanpa banyak drama. Kami lanjut ngobrol sampai jam setengah dua pagi.

Duh beneran berasa retreat di masa muda dulu ((lalu besoknya tepar berkepanjangan *sudahtua))

Besok paginya, kami sarapan dan santai-santai. Anak-anak sempet berenang lagi. Setelah beres-beres, kami check out jam 11 siang.

Las stop adalah makan siang di Kluwih. Wah recommended sih ini. Variasi menunya banyak, rasanya enak, interior-nya bagus dan luas, daaaan ada playground dan taman burung. Anak-anak betah, ortu-ortu juga tenang ngobrolnya.

Setelah itu, menjelang sore, kami kembali ke Jakarta, ikut kebaktian sore, lalu pulang ke rumah masing-masing. Dua hari yang teramat menyenangkan. Love you all, Hura-Hura!

Monggo ditonton video highlight dari suami saya tercintah. Jangan lupa click, like, and subscribe! ((nggak deee)) ((just kidding)) ((tapi kalo mau beneran boleh loh)) haha.

Review Ardyna Villa-Bogor

Sejak pertama saya post villa ini di IG story, langsung banyak yang tanya di mana lokasinya. Nggak heran sih, memang villa ini cakep banget.

Saya nemu villa ini random aja di AirBnb. Dari pertama liat udah jatuh cinta. Aslinya kapasitas villa ini untuk 8 orang, tapi saya tanya pemiliknya, dia menginjinkan kami semua (10 dewasa 5 anak) stay, tapi dia tidak bisa menyediakan extra bed. Jadi kami bawa kasur sendiri. Saya nggak banyak foto yang fokus di interior villa-nya, tapi bisa liat di IG mereka. Aslinya sesuai deh sama fotonya, no tipu-tipu.

View this post on Instagram

Amazing private pool just for you!

A post shared by ARDYNA – Family Villa (@ardyna_villa) on

Dari pertama masuk aja, udah berhasil bikin Raka excited karena buat masuk ke villa kita harus ikutin petunjuk dari host pakai kode-kode segala, macam mau treasure hunt. ‘Clue’-nya (instruction maksudnya) dikirim ke saya via WA menjelang jam check in. Efektif efisien.

Di bagian depan, ada ruang kecil full kaca. Sepertinya ini berfungsi sebagai musholla sekaligus ruang baca. Ada sofa bed dan AC di sini. Kemarin kami sempet main UNO card di sini.

Lalu ada taman/lapangan mini dengan rumput sintetis. Anak-anak seneng main di sini.

Ruang baca

Pojok instagrammable

Main bola ala-ala di lapangan rumput sintetis

 

Di sampingnya ada dapur dengan jendela besar yang bisa dibuka, langsung nyambung ke mini bar. Dapurnya lengkap. ada kompor, kulkas, microwave, rice cooker. Tidak ada dispenser tapi disediakan galon dengan pompa listrik. Ada dishwasher juga tapi tidak difungsikan, saya rasa terlalu makan listrik kali ya. Peralatan masak juga lengkap, nggak minimalis deh. Alat makan juga lengkap dan jumlahnya banyak. Bahkan ada alat makan anak-anak juga (dari plastik). Pokoknya cukup buat kami semua. Di dapur disediakan mie instant, kopi instant, dan beberapa macam snack, boleh dimakan.

Di sebelah dapur ada laundry room, lengkap dengan mesin cuci front load otomatis dan dryer!

Masuk ke dalam, ada kamar mandi, ruang keluarga dengan sofa dan lemari penuh buku (termasuk buku anak-anak, banyak banget), dan ruang makan dengan meja yang cukup besar.

Bukunya banyaaaaak.

Di bagian belakang, nah ini highlight-nya. Ada kolam renang pribadi! Walau kecil, cukup membuat kami bahagia banget, serasa lagi di Bali.

Naik ke atas, ada 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Kamarnya juga cantik, bersih, dan well maintained. Satu-satunya point negative saya sih karena water heater cuma ada di satu kamar mandi. Dua kamar mandi lainnya nggak ada. Tapi ini bukan problem besar sih, secara udara Bogor juga nggak dingin-dingin amat, jadi nggak terlalu masalah mandi pakai air dingin.

Nah, gebleknya kita, begitu udah check out lalu mau pulang, baru sadar ternyata di seberang rumah tuh ada lapangan tenis dan playground komplek! Beeeeuh kzl. Anak-anak sampai teriak-teriak minta main. Tahu gitu pagi-pagi bisa main ke sana kan ya.

Point penting: di sini nggak ada TV loh ya. Tapi buat kami kemarin, seneng banget nggak ada TV, rasanya jadi berkualitas banget waktu ngumpul-ngumpulnya.

Pokoknya nggak ada complain deh soal villa ini. Ini pengalaman AirBnB terbaik yang pernah saya cobain, baik di dalam maupun di luar negeri. Kami puas-sepuas-puasnya. Lain kali rasanya pengen nginep di sana lagi, kalo bisa sih minimal 2 hari ya, biar puas.

Setelah membaca semua review ini, apakah kalian kuatir harganya mahal? Oh tentu kalau pilihan saya tidak mungkin mahal. Kemarin kami menginap di malam minggu, dapat rate 1,9 juta. Kami 5 keluarga, jadi perorang cuma 380-an ribu. Dengan semua fasilitas itu, saya sih merasa sangat worth it ya.

….

Sekian review kali ini. Semoga berguna. Berikut foto transformasi kami sejak 2013

2013 – Baru 6 orang, saya lagi hamil Raka

2013- malam sebelum Raka lahir, mereka ini nemenin saya jalan-jalan di mall biar kontraksinya tambah cepet.

2014- ultah Raka – personel udah nambah 1 bocah

2015- Lombok

2016- Christmas Dinner – personelnya ketambahan 3 bocah lagi. Raka lagi ngambek nih, ga mau foto

Februari 2017 – Ibis Styles Bogor

2018- Grand Tjokro Bandung (tapi ini personelnya nggak lengkap)

2017 – Christmas Dinner

2018- Grand Tjokro Bandung (tapi ini personelnya nggak lengkap)

 

Januari 2019 – late christmas dinner

Januari 2020 – Ardyna Villa Bogor – nambah satu bocah lagi, total jadi 5 anak, moga-moga taun depan bisa nambah 2 atau 3 bocah lagi ya….. *wink wink

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.