First Day of P3 and K2

Senin kemarin adalah hari pertama sekolah di tahun ajaran baru, dan masih juga online learning. Hiks. Tapi berbeda dengan tahun lalu, di mana Raka masih suka complain karena nggak bisa ketemu teman-teman, dan Kirana masih sangat stress harus online learning sampai muntah semalam sebelumnya, tahun ini keduanya semangat memulai tahun ajaran baru. Malah pas di…

Membiasakan Anak Duduk di Car Seat

Udah lama pingin sharing ini, karena dulu ada beberapa orang yang tanya. Tapi dulu belum pede takut nge-jinx terus anak saya mutung nggak mau duduk di car seat lagi. Haha. Sekarang Raka udah hampir 8 tahun, Kirana hampir 5 tahun, dan keduanya masih taat dan setia duduk di car seat masing-masing. Jadi rasanya boleh lah…

Jaka Sembung

Percakapan K dan gurunya tadi pagi ketika jadwal WA video call: Ms. A (A): “Hai, Kirana!” (R nimbrung di belakang) “Hai, Kakak Raka!”K: (lapor ke gurunya) “Koko keringetan!” A: “Yes, Kirana?”K: “Koko keringetan!”A: “Oh iya… koko kelihatan kok. Has he finished his Zoom class?“K: “Koko keringetan!”A: “At ten? Yes koko finished his zoom class at…

Fokus pada Apa yang Kita Bisa

Hari ini, seperti biasa, selesai sesi Zoom sekolah, Kirana langsung mengerjakan worksheet yang ditugaskan. Salah satunya ada subject Mandarin. Tugas hari ini ‘hanya’ menulis huruf hanzi ‘yue’. Setelah selesai, Kirana minta mengerjakan part di bagian atasnya, padahal part ini belum disuruh kerjakan. Karena permintaannya positif, OK lah saya mau turutin. Tapi masalahnya, ini buku bener-bener…

First Day of Primary 2 and Kindergarten 1

Kemarin adalah hari pertama Raka di kelas 2 SD (P2)Hari ini adalah hari pertama Kirana di kelas TK A (K1) Seperti semua (atau sebagian besar?) anak-anak Indonesia dan seluruh dunia, tahun 2020 adalah tahun yang spesial. Karena pandemi COVID-19, sejak Maret lalu mereka sebenernya sudah belajar online. Tapi karena waktu itu masih darurat sifatnya, rasanya…

Tuhan di Mata Mereka

Kemarin saya bikin martabak manis dan berhasil bersarang. Saya cerita ke anak-anak bahwa sebelumnya saya buang satu loyang adonan karena bantet jelek banget. Malamnya, waktu ngobrol-ngobrol sebelum tidur, Kirana ngomong: “Nana marah sama Tuhan” Saya kaget, “loh, kenapa?” “Soalnya Tuhan bikin kue mami jelek” Saya lega ternyata itu penyebabnya. Lalu saya jelasin ya mami gagal…

Kirana dan Miss D

Berbeda dengan Raka yang pecicilan dan social butterfly….sejak bayi, Kirana udah keliatan lebih pemalu dan jaim. Waktu pertama kali masuk sekolah juga Kirana butuh penyesuaian sekitar seminggu, baru mau pisah dengan sukarela sama saya. Setelah masa adaptasi, Kirana kelihatan mulai suka sekolah. Suka banget malah sampai pernah mau kita ajak nginep, dia nggak mau karena…

Tentang Kirana – Tiga Tahun

Tentang Kirana Berat badan: Sekitar 13-13,5 kg Tinggi badan: Sekitar 87-88 cm Di postingan ultah tahun lalu, saya cukup bangga cerita dia bisa tidur sendiri. Tapi umur 2 tahun beberapa bulan, kami merasa udah nggak pantes anak ini tidur di crib. Jadi crib-nya dibongkar, ranjangnya ditaro di lantai. Sejak itu, jadi harus ditemenin dulu sampe…

First Days

First Day of Primary 15 Juli 2019 adalah hari pertama Raka masuk SD/Primary 1. Jujur saja… yang agak senewen itu Maminya. Senewen harus menyiapkan ini itu. Ampunilah kebiasaan buruk saya yang suka last minute. Kalau soal Rakanya sendiri sih saya nggak kuatir. Raka lumayan adaptif, apalagi ini sekolah yang sama, melanjutkan dari TK-nya dengan teman-teman…

Toilet Training Kirana

Kirana lulus toilet training di usia 2 tahun 2 bulan. Udah nggak pake pospak sama sekali sepanjang hari, termasuk saat tidur malam maupun pergi-pergi. Mami sorak-sorak bergembira! Kirana mulai toilet training di usia 2 tahun 1 bulan. Sebenarnya saya nggak berencana toilet training dia secepat ini. Saya rencananya sekitar 3 bulan lagi. Tapi waktu itu,…

Tentang Kirana – Dua Tahun

Nasib anak kedua, jarang ditulis di blog. Sebenernya ada beberapa draft, tapi tiap kali belum selesai, milestone-nya udah keburu nambah, akhirnya nggak jadi diselesaiin dan diposting. Hehe Tentang Kirana Berat badan 11 kg, tinggi badan 80 cm. Mungil tapi chubby.  Sejak 5,5 bulan udah tidur sendiri di kamar sendiri dengan minim drama. Bedtime ritual lalu…

Kirana’s Triple Celebration

Tiga tahun lalu, Raka rayain ultah juga tiga kali. Jadi Kirana tahun ini juga nggak mau kalah dooong. 1st Celebration: Smashing Cake (yang Gagal) When? Selasa, 1 Agustus 2017 (btw baru nyadar ultah pertama Raka dulu juga jatuhnya hari Selasa) Where? Our home Kebetulan sejak hari Minggu, sorenya setelah ikut balance bike competition, Raka sakit.…

Tentang Kirana – 1 tahun

Tentang Fisik Berat badan: 8,5 kg Tinggi badan: 72 cm Gigi: 8+ 1/2 + 1/2 (maksudnya 8 gigi udah full keluar. 2 gigi geraham baru nongol ujungnya aja. Hehe) Beratnya sempet turun drastis sampai 8,3 kg gara-gara alergi kumat, plus kena batuk pilek sampai total ampir sebulan lamanya. Untungnya setelah sembuh, langsung rakus, pas ulangtahun,…

Tentang Kirana – 11 Bulan

Tentang Fisik Berat badan: (masih) 8.7 kg Panjang badan: 72 cm Akurasi tidak terjamin karena ngukur sendiri. Tentang Development Semakin lancar (dan semakin suka) naik tangga Udah bisa turun dari bidang yang lebih tinggi (sofa, ranjang, trampolin, tangga, kasur) dengan benar (kaki duluan). Semakin jago makan sendiri. Tapi kalau pake sendok, banyakan yang jatoh daripada yang…

Tentang Kirana – 10 Bulan

Tentang Fisik  Berat badan: 8.7 kg Panjang badan: 70-71 cm Akurasi tidak terjamin karena ngukur sendiri.  Tentang Development Udah bisa naik tangga sampai lantai 2 walaupun masih perlu dipancing dan dimotivasi.  Akhirnyaaaaa bisa makan sendiri. Dalam arti bisa ambil makanan trus masukin ke mulut. Loh… emang tadinya nggak bisa? NGGAK BISA!!! Kirana jago makan tapi tadinya…

Tentang Kirana – 9 Bulan

Tentang Fisik Berat badan: 8,5 kg Panjang badan: 68 cm Kirana melangsing!!! Yah nggak heran wong makannya agak berkurang sementara anaknya makin ga bisa diem. Tapi biar langsing, tetep dong pahanya seksoy. Gigi udah 6 buah. Dua di atas, empat di bawah Tentang Development Umur-umur 9-10 bulan rasanya umur-umur paling nyenengin ya. Saya inget pas Raka…

Tentang Kirana – 8 Bulan

Tentang Fisik Berat badan: (kira-kira) 8,7 kg Tinggi badan: (kira-kira) 69 cm Semuanya dikira-kira karena bulan ini nggak ada jadwal vaksin, jadi ukur-ukur sendiri di rumah. Akurasi tidak dijamin. Tapi memang Kirana langsingan nih. Udah (hampir) ga nyimpen roti sobek di tangan. Tentang Development Udah bisa duduk sendiri (22/3/17) Udah bisa merangkak (31/3/17) Udah bisa merangkak…